Bebas Obesitas, 8 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan!

Senin 01 Juli 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi. Makanan tertentu dapat membantu menurunkan berat badan (Sumber : Pexels/NicolaBarts)

Ilustrasi. Makanan tertentu dapat membantu menurunkan berat badan (Sumber : Pexels/NicolaBarts)

SUKABUMIUPDATE.com - Penurunan berat badan yang sehat dan berkelanjutan melibatkan perubahan pola makan, peningkatan aktivitas fisik, dan perubahan gaya hidup.

Melansir WebMD, penurunan berat badan melibatkan konsep matematika. Artinya, untuk terbebas dari obesitas, maka harus makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar.

"Makanan tertentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan," kata ahli diet terdaftar Heather Mangieri, RD, dikutip dari WebMD, Senin (1/7/2024).

Karena, kata ahli diet, sejumlah makanan bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama dan membantu menahan keinginan makan. Beberapa makanan enak berikut bahkan bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Sisi Gelap Makan Sehat Konsep Clean Eeating, Benarkah Picu Gangguan Emosional?

Yuk simak sederet makanan enak yang ternyata bisa membantu menurunkan berat badan!

Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

1. Kacang

Murah, mengenyangkan, dan serbaguna, kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik. Kacang-kacangan juga kaya serat dan lambat dicerna.

Karena bisa membuat kenyang lebih lama, yang dapat mencegah makan lebih banyak, maka kacang termasuk salah satu makanan enak untuk menurunkan berat badan!

Untuk camilan yang lezat saat bepergian, bawalah segenggam kecil kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang kenari, atau kacang pecan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang makan kacang-kacangan, mereka secara otomatis makan lebih sedikit di waktu makan berikutnya.

Baca Juga: Food Bar Sehat Bebas Gluten, Intip Resep Oatmeal Coklat Hitam Ramah Asam Urat

2. Sup

Contoh makanan enak untuk menurunkan berat badan berikutnya adalah sup.

Mulailah makan dengan semangkuk sup agar nafsu makan lebih sedikit. Tidak masalah apakah supnya kental atau dihaluskan, asalkan berbahan dasar kaldu.

Konsumsi semangkuk sup dengan jumlah 100 hingga 150 kalori per porsi. Namun hindari penggunaan krim dan mentega untuk mencegah penambahan kalori.

3. Cokelat Hitam

Ingin menikmati sedikit coklat di sela waktu makan? Pilih satu atau dua kotak kecil coklat hitam daripada secangkir susu.

Dalam sebuah penelitian, pecinta coklat yang diberi coklat hitam makan pizza 15% lebih sedikit beberapa jam kemudian dibandingkan mereka yang makan coklat susu.

Artinya, makanan enak ini bisa menahan rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Sulit Diatur! Ternyata Ini 7 Sikap Anak yang Tidak Bisa Dikontrol Orang Tua

4. Sayuran yang dihaluskan

Anda dapat menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam diet sehat turun BB, menikmati makanan "cheating", dan mengurangi kalori yang dikonsumsi, semuanya pada saat yang bersamaan.

Ketika para peneliti Penn State menambahkan kembang kol dan zukini yang dihaluskan ke makaroni dan keju, orang-orang tampaknya menyukai hidangan tersebut. Namun, mereka mengonsumsi 200 hingga 350 kalori lebih sedikit. Sayuran sehat tersebut menambahkan kalori rendah ke dalam hidangan lezat sehingga membantu menurunkan berat badan.

5. Sarapan tinggi serat

Sarapan kaya protein dapat membantu menahan keinginan ngemil sepanjang hari.

Dalam sebuah penelitian terhadap sekelompok wanita muda yang mengalami obesitas, mereka yang memulai hari dengan 35 gram protein (mungkin jauh lebih banyak dari yang dimakan), langsung merasa lebih kenyang. Para wanita tersebut menyantap sarapan berkalori 350 yang meliputi telur dan sepotong sosis sapi.

Efek dari sarapan berprotein tinggi tersebut bertahan hingga malam hari, ketika para wanita tersebut mengonsumsi lebih sedikit makanan berlemak dan manis dibandingkan dengan wanita yang menyantap sereal untuk sarapan.

Telur dan sosis bukan satu-satunya pilihan makanan enak untuk menurunkan berat badan. Mengingat lemak jenuh dari dua makanan tersebut, mungkin Anda perlu menggantinya.

Yogurt Yunani dengan beri dan kacang adalah salah satu pilihan terbaik untuk makanan penurun berat badan. Pilih yogurt yang tidak mengandung banyak gula tambahan ya!

Baca Juga: 10 Dukungan Emosional yang Bisa Orang Tua Berikan Agar Anak Sukses di Masa Depan

6. Apel (Dengan Kulitnya)

Lewatkan jus apel dan saus apel dan pilihlah apel renyah dengan kulitnya. Buah utuh menumpulkan nafsu makan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh jus buah dan saus.

Salah satu alasannya adalah buah mentah memiliki lebih banyak serat. Selain itu, mengunyah mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah makan sesuatu yang banyak. Kebiasaan makan ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

7. Yogurt

Yoghurt tradisional, dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian di Harvard mengamati lebih dari 120.000 orang selama satu dekade atau lebih. Yogurt, dari semua makanan yang dilacak, paling erat kaitannya dengan penurunan berat badan.

Meskipun tidak membuktikan bahwa yogurt menyebabkan penurunan berat badan, tetapi yogurt menonjol di antara makanan lainnya.

8. Jeruk bali

Ya, jeruk bali benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan, terutama jika memiliki risiko terkena diabetes.

Para peneliti di Scripps Clinic di San Diego menemukan bahwa ketika orang yang mengalami obesitas makan setengah jeruk bali sebelum makan, berat badan mereka turun rata-rata 3 ½ pon selama 12 minggu. Meminum jus jeruk bali juga memberikan hasil yang sama untuk menurunkan berat badan.

Meski begitu, jus jeruk bali tidak memiliki khasiat "pembakar lemak", namun makan jeruk bali mungkin hanya membantu orang merasa kenyang lebih lama.

Hati-hati! Anda tidak boleh mengonsumsi jeruk bali atau jus jeruk bali jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, jadi periksalah label pada semua resep, atau tanyakan pada apoteker atau dokter pribadi ya.

Baca Juga: Pelecehan Emosional! 8 Ciri Orang yang Melakukan Gaslighting, Apa Kamu Korbannya?

Seperti diketahui, obesitas adalah kondisi medis yang ditandai oleh kelebihan lemak tubuh yang dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Kondisi obesitas biasanya diukur dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT), yang menghitung berat badan seseorang dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan mereka dalam meter (kg/m²). IMT 25-29,9 dianggap kelebihan berat badan, sementara IMT 30 atau lebih dianggap obesitas.

Sumber: webmd.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science03 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Juli 2024, Langit Sukabumi Potensi Berawan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).