Curug Cierang: Surga Tersembunyi di Cisolok Sukabumi Akan Kembali Dibuka

Kamis 27 Juni 2024, 15:03 WIB
Curug Cierang, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

Curug Cierang, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Cierang, salah satu objek wisata alam tersembunyi di wilayah Cisolok, Kabupaten Sukabumi, kini akan kembali bersiap menyambut pengunjung. Curug Cierang terletak di Kampung Cierang Desa Wangunsari, menawarkan keindahan alam yang sangat memesona.

Tidak kalah dengan objek wisata alam air terjun atau curug yang ada di kabupaten Sukabumi. Curug Cierang bak surga tersembunyi dibalik himpitan tebing dari Gunung Cierang dan Gunung Beser yang rimbun, matahari mengintip di celah bebatuan dan daun-daun dengan udara yang sejuk. 

Curug Cierang memiliki ketinggian sekitar 25 meter, airnya yang bersih dan jernih menjadikan Curug Cierang sebagai destinasi yang menarik.

Untuk mencapai Curug Cierang, pengunjung dapat menggunakan sepeda motor dan menempuh jarak sekitar 1 kilometer dari Geyser Cipanas Cisolok atau sekitar 600 meter dari permukiman warga.

Camat Cisolok Jenal Abidin mengatakan bahwa setelah dilakukan penataan di Geyser Cisolok, pihaknya akan melakukan pengembangan Curug Cierang.

Baca Juga: Segarnya Curug Cierang, Wisata Alam Hidden Gem di Cisolok Sukabumi

Hal itu dilakukan, kata Jenal, untuk mengenalkan keindahan Curug Cierang kepada lebih banyak wisatawan, yang sebelumnya belum banyak mengetahui keberadaannya.

"Setelah kita melakukan penataan, merapihkan destinasi Geyser Cisolok, selanjutnya dalam waktu dekat minggu ini, kita bersama pak Danramil dan pak Kapolsek akan mengembangkan destinasi wisata alam, yaitu Curug Cierang yang mana loksinya masih di sekitar area gasyer cipanas jaraknya kurang lebih 1 kilometer," ujarnya, Kamis (27/6/24).

Dengan dilakukan pengembangan objek wiata alam Curug Cierang ini diharapkan bisa menambah daya tarik wisatawan yang bersinggah di wilayah Cisolok, khususnya di Geyser Cisolok.

"Curug Cierang menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa dengan jatuhan airnya yang unik dan pemandangan alam yang memesona. Dinding batu di sekitar curug juga memperindah panorama, terutama ketika sinar matahari pagi dan sore menembus dedaunan, menciptakan suasana yang unik di sekitar Curug Cierang," ungkapnya.

Jenal menjelaskan pengembangan destinasi Curug Cierang juga tidak ada lain yakni untuk mengembangkan kesejahtraan masyarakat sekitar salah satunya pelaku UMKM yang ada dan para pelaku seni budaya.

"Harapan saya dengan adanya pengembangan destinasi Curug Cierang untuk kesejahtraan masyarakat sekitar dan insyaallah para pelaku UMKM yang bisa memberikan layanan wisata kuriner khas Cisolok. Tidak hanya itu para pelaku seni budaya juga bisa memberikan atraksi pada saat kunjungan wisatawan," tandasnya.

Baca Juga: Wajah Geyser Cisolok Tak Lagi Kumuh, Upaya Dispar Sukabumi Tingkatkan Pengunjung

Pada setahun lalu, Curug Cierang sempat akan dikembangkan oleh Bumdes Wangunsari. Saat itu Ketua Bumdes Bina Harapan Desa Wangunsari Asep Pahrudin mengatakan, pada tanggal 18 Juni 2023 pihaknya bersama warga sekitar bergotong-royong membuka akses jalan menuju Curug Cierang.

Oleh karenanya, menurut Asep, saat ini Curug Cierang belum bisa dibuka untuk umum dikarenakan medan menuju curug masih curam.

"Sebenernya potensi alam itu belum bisa dimaksimalkan oleh pemerintahan desa, saya sebagai ketua Bumdes baru melihat potensinya yang sangat bagus untuk memberdayakan masyarakat dalam perekonomiannya," ujar Asep kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (24/6/2023).

"Sebetulnya dulu itu sempat banyak bule (wisatawan asing) yang datang ke Curug Cierang sebelum Covid19," sambungnya.

Saat itu, Asep juga menjelaskan bahwa Curug Cierang akan menjadi desa wisata yang ada di Desa Wangunsari, sehingga pihaknya bersama pemerintahan desa akan mengelola tempat tersebut.

"Sehingga nanti kalau misal pengunjung membawa mobil atau motor bisa di simpan ditempat parkir yang sudah di sediakan, kalau misalnya tidak berani bawa motor, dikarenakan menanjak kiri kanan agak curam, sehingga kami menyediakan petugas yang udah biasa melintasi medan tersebut," jelasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science30 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Juni 2024, Cek Dulu Yuk Langit Sebelum Keluar Rumah

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : pexels.com/Gabriela Palai)
Sukabumi29 Juni 2024, 23:28 WIB

Warga Dengar Ledakan, Tiang Listrik Ambruk di Cemerlang Sempat Bikin Padam Sukabumi

Ketika peristiwa terjadi, terdengar suara ledakan dibarengi cahaya seperti kilat.
Tiang listrik yang ambruk di Jalan Cemerlang, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu malam (29/6/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi29 Juni 2024, 23:04 WIB

Longsor Masih Tutup Jalan di Jampangtengah Sukabumi, Ruko Ikut Tertimbun

Longsor ini sepanjang 2 hingga 8 meter, lebar 2 sampai 4 meter, dan tinggi 3 meter.
Ruko yang tertimbun longsor di Kampung Nagrog, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangengah, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/6/2024) . | Foto: Istimewa
Life29 Juni 2024, 22:30 WIB

Memberi Tanpa Mengharap, 5 Ciri Wanita yang Benar-Benar Tulus Menurut Psikologi

Wanita yang benar-benar tulus akan menunjukkan sikap dan perilaku ini dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi - Wanita yang benar-benar tulus dapat dikenali dari ciri-cirinya. (Sumber : Pexels.com/@Mental Health America)
Sehat29 Juni 2024, 22:15 WIB

Jalan Kaki dan Jogging, Mana yang Lebih Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

Jalan kaki dan jogging sama-sama merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan, namun memiliki perbedaan dalam intensitas, durasi, dan manfaat yang bisa didapatkan.
Ilustrasi - Jogging dan jalan kaki untuk menurunkan berat badan. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi29 Juni 2024, 22:13 WIB

Niat ke Australia Namun Ditangkap, Daftar Negara 28 WNA yang Bersandar di Sukabumi

Dua nakhoda WNI dan 28 WNA ini ditahan sebelas hari di kapal patroli Australia.
Para WNA di Mapolsek Tegalbuleud. Mereka diduga imigran gelap yang kapalnya bersandar di Pantai Keusik Urug, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/6/2024). | Foto: Istimewa
Sehat29 Juni 2024, 22:00 WIB

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Jalan Kaki? Ini Jam Efektif Agar Berat Badan Turun

Jalan kaki adalah olahraga sederhana dan mudah dilakukan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.
Ilustrasi - Inilah waktu yang tepat dan efektif untuk jalan kaki agar berat badan turun. (Sumber : Freepik.com).
Life29 Juni 2024, 21:45 WIB

5 Tanda Klasik Gaslighting yang Diabaikan Kebanyakan Orang Menurut Psikologi, Buruan Cek!

Ada tanda-tanda klasik seseorang melakukan gaslighting yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Pelajari sikapnya.
Ilustrasi - Tanda seseorang melakukan gaslighting. (Sumber : Pexels.com/@AndreaPiacquadio).
Life29 Juni 2024, 21:30 WIB

Jangan Terkecoh! Ini 5 Ungkapan Halus Pria yang Pura-pura Tulus

Pria yang pura-pura tulus akan menggunakan ungkapan halus untuk memanipulasi wanita, pelajari kalimatnya.
Ilustrasi - Pria pura-pura tulus dapat dikenali dari ciri-cirinya. (Sumber : Pexels.com/@ErenLi).
Sehat29 Juni 2024, 21:15 WIB

6 Manfaat dan Tips Puasa Intermiten Bagi Kesehatan, Turunkan Risiko Diabetes!

Puasa intermiten memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.
Ilustrasi - Ketahui 6 tips dan manfaat dari puasa intermiten secara rutin bagi kesehatan. (Sumber : Freepik.com).