Rekomendasi Oleh-Oleh Kota Sukabumi, Bawa Pulang Kenangan Manis dan Unik!

Rabu 26 Juni 2024, 07:00 WIB
Berbagai oleh-oleh khas sukabumi (Sumber: istimewa)

Berbagai oleh-oleh khas sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelajahi indahnya Kota Sukabumi tidak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh yang khas. Temukan destinasi wisata lokal yang menyajikan pengalaman belanja unik dan memuaskan, sekaligus mendukung ekonomi lokal dengan pilihan oleh-oleh berkualitas tinggi.

Sukabumi terkenal dengan kuliner khasnya, terutama Mochi, makanan khas yang tidak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang mengunjungi kota ini. Bagi para wisatawan yang mengunjungi Sukabumi, mencari oleh-oleh yang otentik dan bermakna dapat menjadi pengalaman yang memuaskan.

Bagi sebagian wisatawan yang belum tahu tempat-tempat terbaik untuk mendapatkan oleh-oleh di kota ini, berikut beberapa rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi:

Mochi lampion

Pusat oleh-oleh Sukabumi yang sudah dikenal banyak wisatawan karena mochi yang sangat enak ini selalu dipenuhi orang saat akhir pekan dan musim libur. Tidak hanya menyediakan mochi, namun banyak makanan khas lainnya yang bisa anda bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Alamat : Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari No.1, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43114. Buka setiap hari pukul 07.00 sd 21.00 WIB

Mochi Ahmad Yani

Mochi A.Yani oleh-oleh sukabumi dengan isian kacang hingga saat ini masih disukai banyak orang. Selain rasanya enak, merk ini juga salah satu produsen mochi tertua di Kota Sukabumi. Mochi ini dibandrol dengan harga Rp. 20.000 an/kotaknya.

Alamat: A. Yani ini terletak di JL. No. 170 A, Jl. A. Yani, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43165. Buka setiap hari kecuali Rabu. Pukul 09.00 - 16.00 WIB

Mochi 39

Buat kamu penggemar mochi dengan rasa yang autentik. Toko mochi ini terdiri sejak tahun 1964 dengan bangunan khas zaman dulu. Mochi ini memiliki rasa original dan istimewa yang dapat dinikmati bersama dengan keluar atau teman.

Alamat : Jl. Otto Iskandardinata No.39, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole. Buka setiap hari Pukul 09.00 WIB sd 20.00 WIB

Mochi BTS

Mochi yang disajikan dalam ukuran yang lebih besar daripada biasanya dengan berbagai varian rasa. Di jual dengan harga mulai dari Rp. 20.000 an cocok untuk kamu yang mau coba mochi yang berbeda.

Alamat : Jl. R.A. Kosasih No.338, Cibeureum Hilir, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43164. Buka setiap hari pukul 09.00 - 20.00 WIB

Bika Ambon Sunda Rasa

Selain mochi, oleh-oleh bika ambon sunda rasa ini juga disukai banyak wisatawan karena rasanya yang khas dan enak. Tentunya juga menyediakan banyak makanan khas lainnya yang dapat dibawa untuk dijadikan oleh-oleh.

Alamat: Jl. Siliwangi No.68, Kebon Jati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43113. Buka Senin - Minggu (07.30 - 20.30 WIB)

Kue jahe Animo

Kue jahe legendaris sejak tahun 1959. Menjadi salah satu pelopor ku jahe di Kota Sukabumi dengan rasanya yang enak dan khas. Oleh-oleh ini juga bisa jadi pilihan kalau kamu bosen atau bingung membeli makanan khas selain mochi.

Alamat: Jl. Siliwangi Gg. Mansur No.7, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43112. Buka setiap hari pukul 07.00 sd 19.30 WIB

Selain makanan, Sukabumi juga memiliki kekayaan budaya lainnya, salah satunya adalah batik, yang menjadi bagian penting dari warisan seni dan keindahan lokal yang patut dijelajahi oleh para pengunjung. Berikut rekomendasi tempat batik yang bisa dikunjungi:

Batik Kenari

Di toko ini, Anda bisa menemukan berbagai macam pakaian batik seperti kemeja, pakaian wanita, mukena, dan berbagai produk lainnya. Toko ini buka setiap hari dari jam 08.00 WIB - 17.00 WIB

Alamat: Jl. Kenari II Kelurahan No.4, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43114.

Batik Geulis

Selain batik kenari, ada juga batik geulis. Batik Geulis didesain khusus untuk perempuan dengan fokus pada busana muslim dan hijab. Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai kain batik berkualitas.

Alamat:i Jl. Titiran, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43121. Buka setiap hari dari jam 08.00 WIB - 17.30 WIB.

Batik Lokatmala

Batik lokatmala yang ada sejak tahun 1975 oleh Fonna Melania yang biasa disebut Batik Sukabumi Masagi ini menjadi salah satu ciri khas dari Kota Sukabumi karena motifnya yang unik dan menarik. Batik ini bisa dijadikan untuk kenang-kenangan wisatawan yang berkunjung ke Kota Sukabumi.

Alamat: Jl. Kenari, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43114

Baca Juga: Libur Sekolah Mau Kemana? Travel Tipis-tipis, 16 Destinasi Wisata di Kota Sukabumi

Saat memilih oleh-oleh, pastikan untuk memperhatikan keaslian dan kualitas produk. Dengan mengunjungi tempat-tempat rekomendasi di atas, Anda tidak hanya akan membawa pulang kenangan manis dari perjalanan Anda, tetapi juga mendukung pengrajin lokal dan ekonomi lokal. Jadi, jangan lupa untuk membagikan pengalaman Anda kepada teman dan keluarga agar mereka juga dapat menikmati kelezatan oleh-oleh khas Sukabumi ini.

Penulis: Salwa

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 23:45 WIB

Pagar Tembok Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang di Cikembar Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, Sudarmat menjelaskan bahwa selain menutup jalan, pohon besar tersebut juga menghantam tembok Armed 13 hingga mengalami kerusakan berat.
Pagar tembok rusak berat tertimpa pohon tumbang di Cikembar Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel28 September 2024, 22:31 WIB

Cerita Pantai Amanda Ratu, Wisata Pantai Rasa Tanah Lot Bali di Ciracap Sukabumi

Pantai Amanda Ratu berada di kawasan perkebunan kelapa Citespong, yang dikelola PT. Asabaland. Di areal tersebut terdapat objek wisata dengan julukan sebagai pantai Sukabumi rasa tanah lot, Bali.
Pantai Amanda Ratu, Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi28 September 2024, 21:03 WIB

Idap Ganguan Jiwa, Tarsum Pria Ciamis Mutilasi Istri Jalani Rehabilitasi di Sukabumi

Tarsum (51 tahun), pria asal Ciamis yang sempat menggegerkan publik karena membunuh dan memutilasi istrinya, Yanti (44 tahun), kini menjalani rehabilitasi di Sentra Phala Martha, Sukabumi.
Sentra Phala Marta Sukabumi tempat rehabilitasi sosial | Foto : Ibnu Sanubari
Film28 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya

Sumala adalah film bergenre horor yang telah tayang diseluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 26 September 2024 dan akan menghadirkan nuansa mencekam kepada penonton.
Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya (Sumber : Instagram/@lunamaya)
Sukabumi28 September 2024, 20:38 WIB

Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Kadinsos Sukabumi Bicara Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menghadiri peringatan Hari Bakti Karang Taruna ke-64, bertempat di Lapang Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (28/9/24).
Kepala Dinsos Wawan Gondawan Saputra  dan Ketua Karang Taruna Asep Aripin dalam cara Hari Bakti ke-64 tingkat Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik28 September 2024, 20:00 WIB

Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia

Grup musik Maliq & D’essentials akan menggelar tur bertajuk Can Machines Fall In Love? Album Tour di beberapa kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia (Sumber : Instagram/@maliqmusic)
Film28 September 2024, 19:00 WIB

Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu

September ini banyak sekali drama korea maupun variety show dari Korea Selatan yang menarik dan siap tayang di berbagai platform streaming, salah satunya adalah Viu.
Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu (Sumber : Instagram/@tving.official)
Nasional28 September 2024, 18:48 WIB

Silaturahmi Kebangsaan Tokoh dan Aktivis di Jakarta Dibubarkan Kelompok Tak Dikenal

Sebuah diskusi dengan tema "Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional" di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (28/9/2024), dibubarkan oleh sekelompok orang.
Diskusi tokoh dan aktivis di Jakarta dibubarkan oleh sekelompok orang tak dikenal | Foto : @msaid_didu
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)