Libur Sekolah Mau Kemana? Travel Tipis-tipis, 16 Destinasi Wisata di Kota Sukabumi

Selasa 25 Juni 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi travel bocah. Masa liburan sekolah sebentar lagi tiba. Mau liburan kemana? (Sumber: freepik)

Ilustrasi travel bocah. Masa liburan sekolah sebentar lagi tiba. Mau liburan kemana? (Sumber: freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang musim libur sekolah siap-siap traveling yuk! Pada mau kemana nih? Untuk yang mau travel tipis-tipis, ini 16 spot wisata di Kota Sukabumi Jawa Barat.

Belasan spot wisata ini ada yang berbayar ada yang gratis. Baik yang berupa wahana permainan, pun juga area publik yang tentunya nyaman untuk kegiatan apapun.

Berikut daftar, lokasi serta jam operasional serta tarif masuk (bagi yang memberlakukan HTM);

1. Pemandian Air Panas Cikundul

Wisata pemandian air panas di Kota Sukabumi yang sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan saat akhir pekan dan libur sekolah. Pemandian air panas Cikundul berlokasi di Jalan Proklamasi No. 242, Desa Lembursitu, Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

2. Santa Sea Waterpark

Wisata air yang memiliki kolam renang air hangat di wahana Japanese Hot Spring, wahana-wahana yang menarik dan tema tematik di setiap wahana kolamnya. Kolam ini cocok untuk bermain bersama keluarga karena menawarkan berbagai aktivitas seru. Buka setiap hari yaitu Senin-Jumat (10.00-17.00 WIB) dan Sabtu-Minggu (09.00-17.00 WIB). Tempat ini berlokasi di Jalan Lio Santa, Gedong Panjang.Harga tiket mulai dari Rp. 50.000 an.

3. Grand Cikareo Adventure

Wisata Kota Sukabumi yang menyediakan rafting,tubing,kampung peradaban,penginapan glamping,Hobbit,fun game,paintball dan sport center. Cocok untuk menjadi pilihan wisata keluarga yang memacu adrenalin, pengalaman liburan Anda akan menjadi tak terlupakan bagi semua anggota keluarga. Berlokasi Di jalan cemerlang kel. sukakarya kec. warudoyong, Sukabumi 43135

4. Museum Prabu Siliwangi

Museum Prabu Siliwangi didirikan oleh Prof. Dr. KH. Rd. Muhammad Fajar Laksana, SE., CQM., MM., Ph.D pada tahun 2010 menjadi salah satu tempat bersejarah di Kota Sukabumi yang bisa menjadi pilihan wisata di musim libur. Berlokasi di Komplek Pesantren Dzikir Al-Fath Jl. Merbabu Perum Gading Kencana Asri Blok G Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Gunung Puyuh, Sukabumi 43121. Buka Setiap Hari Pukul 08.00 WIB sd 16.00 WIB kecuali Rabu dan Minggu tutup pukul 20.00 WIB.

5. Museum Pegadaian

Museum bersejarah di Kota Sukabumi yang memberikan pengetahuan mengenai sejarah dan sistem kerja Pegadaian di masa lalu. Museum ini diresmikan pada 1 April 2010 oleh Chandra Purnama sebagai Direktur Utama Pegadaian. Berlokasi di Jl. Pelabuhan II no.119, Tipar, Citamiang, Kota Sukabumi.

6. Kolam Renang Pilar Mas

Destinasi wisata air yang bisa dikunjungi bersama keluarga dan teman yang memiliki fasilitas kolam renang, Mini Zoo, Gazebo, Panggung dan sound system, istana balon dan Perahu. Buka setiap hari Kecuali Jumat, Pukul 08.00 - 17.00 WIB. Harga Tiket masuk weekday Rp 15.000, Weekend Rp.20.000, Berlokasi di Jl. Baros, Jembatan Merah, Kota Sukabumi

7. Aku cantik Villa

Destinasi wisata yang memiliki banyak spot foto cocok untuk berlibur bersama keluarga dan teman, khususnya untuk kamu yang menyukai foto-foto. Tempat wisata ini memiliki banyak objek wisata mulai dari camping ground, kolam renang, coffeeshop hingga villa. Bahkan, tempat ini seringkali menjadi tempat konser musik di Sukabumi. Berlokasi di Jalan Raya Sawah Bera, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

8. Pusat Kaligrafi Lemka

Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka merupakan pesantren pertama di Indonesia yang mengelola pendidikan dan pelatihan di bidang seni kaligrafi secara khusus. Berlokasi di ln. Bhineka Karya No. 53, Rt. O3/06, Kelurahan. Karamat, Kecamatan. Gunung Puyuh, Kota. Sukabumi, Jawa Barat

9. Rumah Budaya Sukuraga

Wisata Kota Sukabumi yang memiliki nilai sejarah pertama kali wayang sukuraga dibuat dan dimainkan bapak Effendi Sukuraga menyediakan berbagai kegiatan seperti merangkau dan mewarnai wayang, membuatku batik motif, Menyaksikan Pertunjukan Wayang Sukuraga dan juga terdapat Pameran karya seni rupa Sukuraga. Berlokasi di Jl. Sukakarya Warudoyong, Sukabumi.

10. Vihara Widhi Sakti

Tempat ibadah masyarakat Tionghoa yang sering dikunjungi oleh masyarakat yang berlokasi di Jl. Pejagalan No. 20, Nyomplong, Warudoyong, Kota Sukabumi. Tempat ini cocok untuk mengisi waktu libur dengan teman dan keluarga.

11. Lapangan Merdeka Sukabumi

Tempat yang selalu dikunjungi masyarakat Sukabumi dengan memfasilitasi berbagai aktivitas bermain dan olahraga. Lapang merdeka juga memiliki cerita sejarah perjuangan rakyat Indonesia pada tahun 1951 dan sempat dikunjungi oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan (Jalan Veteran), Sukabumi.

12. Alun- Alun dan Masjid Agung

Tempat yang bisa dikunjungi karena letaknya strategis di pusat Kota Sukabumi. Bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong dengan teman ataupun keluarga tanpa biaya yang tinggi. Berlokasi di Jl. Alun-Alun Utara, Gunung Parang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.

13. Pedestrian Dago

Tempat di Kota Sukabumi yang sering dikunjungi masyarakat sebagai ruang publik yang kini dipercantik oleh pemerintah dengan konsep pedestrian. Berlokasi di Ir Juanda di Kota Sukabumi.

14. Museum Tionghoa

Museum Tionghoa sebagai tempat bersejarah di Kota Sukabumi yang menawarkan spot-spot menarik bagi pengunjung. Berlokasi di Kompleks Danalaga Square, Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

15. Taman rekreasi Olahraga Kenari

Taman rekreasi olahraga kenari ini menjadi salah satu tempat yang dikunjungi masyarakat untuk olahraga berenang karena harganya yang terjangkau. Berlokasi di Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

16. Museum Kipahare

Tempat bersejarah di Kota Sukabumi yang mengoleksi berbagai benda peninggalan sejarah mulai dari peradaban zaman batu, kerajaan, hingga kolonial. Bisa menjadi salah satu pilihan tempat edukasi dan entertainment. Berlokasi di Komplek Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi, Sudajaya Hilir, Kec. Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43162.

16 spot wisata ini versi pemerintah daerah. Daftarnya dipajang oleh dinas terkait di lokasi-lokasi publik seperti lapang merdeka Kota Sukabumi

Penulis: Salwa

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih05 Juli 2024, 19:13 WIB

Panwaslu Surade Sukabumi Laksanakan Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Panwaslu Surade Sukabumi juga membeberkan strategi pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024.
Panwaslu Surade, PKD, dan Staf kesekretariatan dalam sesi foto bersama usai Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Strategi Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dalam Waktu Sebulan

Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat.
Ilustrasi - Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi05 Juli 2024, 18:49 WIB

Tiang Listrik Ambruk Diduga Gegara Proyek Galian, Warga Geruduk UPTD PJJWP II Sukabumi

Aksi demo yang diwarnai pengrusakan gerbang Kantor UPTD PJJWP II ini buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi.
Puluhan warga yang mengatasnamakan Gerakan Prima Sukabumi demo Kantor UPTD PJJWP II buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Jawa Barat05 Juli 2024, 18:05 WIB

Caringin Bogor! Kronologi Kebakaran Pesantren yang Sempat Disebut di Sukabumi

Kebakaran terjadi saat santri akan melaksanakan salat magrib berjemaah di masjid.
Tangkapan layar kebakaran pondok pesantren di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. | Foto: X/@Sutbudiharto62
Life05 Juli 2024, 18:00 WIB

Tahun Baru Islam 2024: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang Dapat Diamalkan

Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.
Ilustrasi. Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. (Sumber : Freepik)
Keuangan05 Juli 2024, 17:59 WIB

Solusi Qurban! Tahara Idul Adha: Produk Tabungan Hari Raya Terbaru Perumda BPR Sukabumi

Setelah sukses dengan Tahara Idul Fitri yang mendapat banyak minat dari masyarakat, kini Perumda BPR Sukabumi meluncurkan program baru, yaitu Tahara Idul Adha.
Pelayanan Nasabah di Kantor Perumda BPR Sukabumi cabang Cibadak. (Sumber: SU/Ibnu)
Food & Travel05 Juli 2024, 17:42 WIB

Tiba-tiba Hujan! Daftar Tempat Hiburan dan Liburan di Kota Sukabumi Biar Nggak Kehujanan

wisata di alam terbuka kurang cocok untuk yang malas hujan-hujanan apalagi termasuk kaum waterproof.
Ilustrasi kehujanan. Daftar tempat hiburan saat liburan di Kota Sukabumi yang aman dari hujan (Sumber: pinterest @wayfaring)
Life05 Juli 2024, 17:30 WIB

9 Trik Ampuh Menghadapi Pasangan yang Cuek Saat Membalas Chat

Ingatlah bahwa kunci utama dalam menghadapi pasangan yang cuek adalah dengan komunikasi yang terbuka, pengertian, kesabaran, dan usaha dari kedua belah pihak.
Ilustrasi - Dengan menerapkan trik-trik ini menjadi solusi kamu dalam menghadapi pasangan yang cuek saat balas chat. (Sumber : pexels.com/@Ivan Samkov).
Sukabumi05 Juli 2024, 17:26 WIB

Luka di Kepala, Pengakuan Korban Keributan di Selakaso Sukabumi

Berikut pengakuan sopir Honda Civic yang mengaku jadi korban pengeroyokan dalam kasus keributan di Jalan Pembangunan Selakaso Cibeureum Sukabumi.
Fredi, korban sekaligus pengendara mobil Honda Civic menceritakan soal kronologi keributan di Selakaso Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi05 Juli 2024, 17:20 WIB

Hampir Rampung, Disperkim Minta Warga Jaga Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi

Pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi mendekati 100 persen.
Tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi yang dibangun di kawasan Alun-alun Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi