10 Wisata Kuningan yang Hits, Keindahannya Gak Ada Lawan

Kamis 21 Desember 2023, 14:15 WIB
Berikut ini destinasi wisata Kuningan yang harus dikunjungi saat berwisata ke Kota Kuda tersebut bersama keluarga. (Sumber : Istimewa)

Berikut ini destinasi wisata Kuningan yang harus dikunjungi saat berwisata ke Kota Kuda tersebut bersama keluarga. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kuningan merupakan sebuah Kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat dan sekaligus sebagai salah satu pintu gerbang masuk Jawa Barat dari sebelah timur.

Daerah ini dianugerahi pemandangan alam mengagumkan, tak mengherankan mengingat geografisnya yang berada di kaki salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat Gunung Ciremai.

Hal tersebut menjadikan daerah yang dijuluki Kota Kuda itu memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah dan cocok dijadikan tempat melepas penat saat musim libur tiba.

Nah, jika kamu berkunjung ke Kuningan, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi seperti dikutip dari channel YouTube Republik Wisata.

Baca Juga: Kolam Renang Menghadap Laut, Villa di Sukabumi Ini Viewnya Mewah Banget

1. Telaga Cicerem

Telaga Biru Cicerem merupakan sebuah danau dengan air yang sangat jernih hingga nampak biru kehijauan sebening kaca. Pemandangan tersebut membuat siapapun akan terpana melihatnya.

Bahkan kita dapat melihat ikan-ikan yang hidup di dalamnya serta batuan yang ada di dasarnya tampak begitu jelas dan nyata. Selain pemandangan indah, di danau ini juga kerap dijadikan spot berfoto yang unik dan sangat cantik, salah satunya ayunan di tepi danau yang di bawahnya terdapat banyak ikan berwarna warni.

Danau ini berlokasi di desa kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Objek wisata ini dibuka dari jam 07.00 hingga jam 17.00.

2. Telaga Nilem

Telaga ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai tepatnya berada di desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dinamakan Telaga Nilem karena konon katanya dihuni oleh ribuan ikan nilem. Airnya yang sangat jernih dikelilingi hutan rimbun semakin menambah suasana asli dan alami.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor: Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket 2023

Terdapat dua kolam dengan kedalamannya sekitar satu sampai empat meter. Di sini kita juga bisa berenang ataupun menyelam dengan bebas untuk menikmati kesegaran air dan pemandangan dalam air.

3. Sukageuri View

Sukageuri View adalah objek wisata Kuningan yang memiliki daya tarik keindahan di ketinggian yang dilengkapi dengan spot foto menarik. Di sekitar kawasan wisata ini kita bisa menemukan cafe yang bernama wajah kopi.

Tak hanya menawarkan menu makanan dan minuman hangat tapi cafe ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona. Di sini juga tersedia area perkemahan dan bisa membawa tenda sendiri atau menyewa dari pengelola. Sukageuri View berlokasi di Jalan Palutungan, Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Kuliner di Bogor, Kafe yang Cozy dan Instagramable

4. Pondok Cai Pinus Palutungan

Destinasi wisata Kuningan ini merupakan sebuah kafe atau restoran yang dilengkapi dengan berbagai spot foto kekinian. Pondok Cai Pinus Palutungan berlokasi di desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Daya tarik utama dari tempat ini tidak lain adalah adanya beragam spot menarik yang bisa dijadikan sebagai spot selfie dan tentunya Instagraable.

5. Curug Bangkong

Curug Bangkong merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15-20 meter dengan lebar tiga meter.

Baca Juga: Awas Gagal Diet! Ini 20 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi

Di bagian bawah air terjun terdapat kolam alami dan kolam buatan yang cukup luas. Selain berenang di kolam buatan yang sudah tersedia, wisata seru lain yang bisa dilakukan yaitu papalidan yang berarti hanyut.

6. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan merupakan objek wisata taman dengan sejumlah bunga langka dan aneka warna yang indah. Destinasi wisata ini berada di kaki gunung Ciremai tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Destinasi wisata Kuningan ni disebut sebagai Kebun Raya terunik di Indonesia karena adanya bebatuan tematik sekaligus menjadi Kebun Raya terbesar dan terluas di Indonesia yang dibangun di atas lahan seluas 156 hektar.

Baca Juga: Hanya Untuk yang Bernyali! Hotel di Purwakarta Ini Tergantung di Tebing Bukit

7. Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan adalah salah satu wisata alam air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan berasal dari mata air Gunung Ciremai

Destinasi wisata ini berlokasi di dalam kawasan bumi perkemahan Palutungan atau tepatnya berada di desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Beningnya air asli pegunungan mengalir deras dan tertampung dalam sebuah kolam alami yang tidak terlalu dalam hanya sekitar 50 cm.

8. Cibulan

Cibulan adalah salah satu tempat rekreasi yang menawarkan wisata alam dan legenda. Objek wisata ini berada di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan. Di objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang masing-masing kolam memiliki kedalaman sekitar satu sampai dua meter.

Yang unik disini pengunjung bisa merasakan sensasi berenang bersama Ikan Dewa yang merupakan ikan endemik yang disakralkan oleh masyarakat Kuningan. Bahkan, konon katanya Ikan Dewa sendiri diyakini sebagai titisan dari Raja Pajajaran yaitu Prabu Siliwangi.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata Purwakarta Paling Hits yang Bikin Betah, Yuk Agendakan!

9. The Mountain Recreation Park

The Mountain Recreation Park merupakan taman rekreasi yang tidak hanya terdapat waterpark, tapi juga aneka wahana yang bisa dimainkan. Taman rekreasi ini berada di perumahan pesona alam Kuningan, tepatnya di Jalan Raya Cirendang, Cigugur, Kuningan.

Destinasi isata Kuningan ini juga bisa dijadikan untuk tempat outbound dan berkemah. Jadi tempat ini cocok sekali dijadikan lokasi berlibur bersama keluarga.

10. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai adalah kawasan konservasi di Jawa Barat. Kawasan ini meliputi Kabupaten Kuningan, Majalengka hingga Cirebon. Luasnya lebih dari 14.000 hektar termasuk Gunung Ciremai di dalamnya.

Baca Juga: HTM Cuma Rp 30 Ribu, Wisata di Cianjur Ini Punya Mini Zoo dan Sky Bridge

Sebagai kawasan yang dilindungi, Taman Nasional Gunung Ciremai memiliki kondisi alam yang sangat terjaga, hutannya masih menjadi habitat bagi ratusan jenis flora dan fauna liar serta di sekitar gunungnya pun terdapat berbagai spot wisata alam yang sangat menarik.

Gunung Ciremai tak lepas dari incaran para pecinta alam dan pendaki gunung sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, gunung ini menawarkan banyak tantangan setidaknya terdapat empat jalur resmi yang terbuka untuk pendakian keempatnya yaitu Linggarjati, Linggasana, Palutungan dan Apuy.

Itulah destinasi wisata Kuningan yang harus dikunjungi saat berwisata ke Kota Kuda tersebut bersama keluarga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)