SUKABUMIUPDATE.com - Berada di wilayah administratif Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Gunung Salak oleh masyarakat Sukabumi dianggap pelindung di sisi barat, selain Gunung Gede Pangrango di bagian utara. Dalam beberapa keterangan, gunung dengan puncak setinggi 2.211 meter di atas permukaan laut tersebut dikaitkan dengan Salaka Nagara yang artinya kerajaan perak. Ini ditengarai sebagai pemerintahan awal masyarakat Sunda.
Pengamat sejarah Sukabumi Irman Firmansyah mengatakan kata Salaka yang berkembang di tanah Sunda pada awalnya berasal dari bahasa Sanskerta. Salaka Nagara ini juga dianggap sebagai negeri argyre/perak yang dimaksud Claudius Ptolemaeus (ahli geografi). Ptolemaeus dalam bukunya "Geographia" mencatat Argyre sebagai kerajaan kuno tertua di Nusantara yang berdiri sejak 130 Masehi. Kata argyre berarti perak karena produk andalannya adalah perak.
Dalam bahasa Sunda, perak juga diistilahkan dengan Salaka. Soendaneesch-Hollandsch woordenboek 1884 menyebutkan Salaka dalam bahasa Sunda berarti perak, zilver, zilveren. Salaka memang berasal dari bahasa Sanskerta. Namun, pola pelafalan bahasa Sanskerta yang menyebar ke tanah Sunda mengalami sedikit perubahan terutama pada vokal di belakang seperti Tarum menjadi Taruma. Kerajaan Tarumanagara kemungkinan berasal dari kata Tarum (pohon yang bisa menjadi pewarna pakaian). Juga kemudian muncul toponimi Citarum.
"Pelafalan ini juga umum seperti nama Arjuna di Sunda. Ternyata di India dibaca Tarum tanpa vokal a di belakang. Salaka Nagara sebagai kerajaan juga ditengarai berasal dari kata Salak yang kemudian menambah huruf vokal di belakang menjadi Salaka," kata Irman yang juga penulis buku "Soekaboemi the Untold Story" kepada sukabumiupdate.com pada Rabu, 7 Juni 2023.
Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi
Salaka dalam arti perak (selain juga emas) merupakan komoditas unggulan awal wilayah Jawa, sebelum ramainya rempah-rempah. Irman mengungkapkan, bisa jadi, saat itu rempah-rempah belum menjadi komoditas utama sehingga perdagangan dengan Tiongkok tercatat berupa emas, salaka, dan gading. Tetapi, setelah jalur sutra ditutup, rempah-rempah menjadi dagangan utama yang menarik minat para kolonialis.
Kerajaan Salaka Nagara sendiri menjadi kontroversi karena termuat dalam Wangsakerta (naskah Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara dalam 26 jilid yang konon ditulis pada sekitar 1677 dan 1698). Di luar kontroversi tersebut, patut digali mengenai peradaban perak terkait keahlian pakar pembuat/pengolah logam pada masa itu.
Jika dikaitkan dengan prasasti Sanghyang Tapak yang betahun 1030 masehi dengan tarikh tertulis 952 saka, maka runutan ke belakang untuk tahun 1 saka adalah sekitar 78 masehi. Sementara sebagian berpendapat kerajaan Salaka Nagara berdiri pada 150 masehi.
Tidak terlalu jauh dari peradaban penanggalan yang muncul pada 22 tahun sebelum kerajaan berdiri dan menguasai peradaban perak di teluk lada Pandeglang. Konon pula, kata Pandeglang berasal dari kata Panday (ahli/pakar pembuat) dan Geulang (perhiasaan/aksesoris/perkakas) artinya ahli/pakar pembuat gelang.
Versi lain menyebutkan pula satu bagian kaki Gunung Salak terlihat keperak-perakan begitu terkena sinar matahari, maka kerajaan ini disebut Salaka Nagara. Oleh karena itu, kuat dugaan Gunung Salak yang dimaksud bukanlah berasal dari buah salak, tetapi dari salak bermakna perak alias gunung perak. Lebih jauh lagi buah salak, yang jika kita lihat dari kejauhan terkena cahaya berkilat layaknya perak. Bisa jadi dulu dianggap sebagai buah perak.
Baca Juga: Slagen Voor Het Examen dan Tradisi Eropa, Membaca Sejarah Samen di Sukabumi
"Namun muncul juga pendapat bahwa Salaka berasal dari kata Saloka. Sa artinya Esa atau tunggal, Loka artinya tempat, sehingga dianggap sebagai Tempat Sanghyang Tunggal. Apalagi terkait Gunung Halimun dan Lebak Cawene yang disakralkan. Pendapat ini terutama merujuk kepada Gunung Salak yang dianggap sakral, selain Gunung Gede sebagai tempat Sanghyang Tunggal. Banyaknya tempat sakral di tanah Sunda di mana Sanghyang Tunggal juga memunculkan istilah Parahyangan. Pendapat ini agak berbeda dengan istilah Prayangan yang mengkaitkan istilah ini dengan menyerahnya Sumedang kepada Mataram," ujar Irman.
Di balik kontroversi itu, Gunung Salak memang menyimpan kesakralan dan misteri yang tiada henti. Hingga Andries de Wilde harus bernegosiasi terlebih dulu dengan juru kunci sebelum mendaki puncaknya karena ada larangan bagi orang Eropa untuk menaikinya. Cerita ini tertulis dalam buku "De Preanger Regentschappen Op Java Gelegen" yang dirilis Andries de Wilde pada 1829. Bahkan ketika pasukan milisi Belanda yang bergerilya melawan Jepang tahun 1942 di sekitar halimun salak, akhirnya tidak tahan dan menyerah.
Kesakralan itu terasa hingga kini dengan mitos-mitos mengenai kecelakaan pendaki maupun pesawat di sekitar Gunung Salak yang kini memiliki tiga jalur pendakian resmi: Pintu Cidahu, Pasir Reungit, dan Cimalati.