8 Film Indonesia Tema Perjuangan yang Cocok Ditonton di Hari Pahlawan Nasional

Jumat 10 November 2023, 13:00 WIB
Fil Soekarno - Ada beberapa film bertema perjuangan yang cocok di tonton di hari pahlawan nasional. (Sumber : imdb.com).

Fil Soekarno - Ada beberapa film bertema perjuangan yang cocok di tonton di hari pahlawan nasional. (Sumber : imdb.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap tanggal 10 November di Indonesia. Hari ini diperingati untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran melawan penjajah Belanda.

Pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran besar antara rakyat Indonesia melawan tentara Belanda di Surabaya. Pertempuran ini dikenal sebagai "Pertempuran 10 November" atau "Hari Pahlawan". Dalam pertempuran ini, rakyat Indonesia berhasil memukul mundur tentara Belanda.

Pertempuran 10 November adalah salah satu pertempuran penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pertempuran ini menjadi simbol semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan.

Baca Juga: 50 Link Twibbon Hari Pahlawan Nasional 2023, Cocok Untuk Dibagikan di Media Sosial

Dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional, berbagai kegiatan biasanya dilakukan, salah satunya dengan menonton film bertema pahlawan atau perjuangan. Dengan menonton film tema perjuangan para pahlawan bangsa, akan menumbuhkan sikap nasionalisme dalam diri.

Berikut adalah beberapa film-film yang bisa ditonton untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional:

1. Soegija (2012)

Sinopsis film Soegija: Film pahlawan Indonesia pertama dalam daftar ini mengisahkan sepenggal kehidupan seorang Uskup danaba bernama Albertus Soegijapranata SJ. Disutradari oleh Garin Nugroho, film ini mengandung pesan yang sangat relevan bagi kehidupan di masa kini. Film ini mengangkat isu intoleransi yang sudah sejak lama menjadi persoalan besar di negara Indonesia.

Baca Juga: 12 Ciri Hubungan yang Tidak Bahagia Meskipun Saling Mencintai, Mengalaminya?

2. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Sinopsis film Soekarno: Indonesia Merdeka; Film yang mengusung genre drama ini merupakan sebuah rekaan sutradara Hanung Bramantyo terhadap tokoh Soekarno. Film ini berlatar pada masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Aktor kenamaan Indonesia seperti Ario Bayu mengambil peran sebagai tokoh Soekarno, sedangkan Lukman Sardi memerankan tokoh Moh. Hatta. Selain itu, Anda juga dapat menikmati peran Maudy Koesnaedi dan Tika Bravanti di dalam film ini.

3. Sang Kiai (2013)

Sinopsis film Sang Kiai: Film kolosal produksi Rapi Film ini mengangkat kisah hidup KH Hasyim Asy’ari, seorang ulama karismatik yang merupakan salah satu tokoh kunci kemerdekaan Indonesia. Film yang sarat dengan unsur komedi ini disutradari oleh Rako Prijanto dan dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan tanah air seperti Christine Hakim, Ikranagara, dan Agus Kuncoro.

Baca Juga: 11 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Ketahui Langkahnya

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Sinopsis film Guru Bangsa: Tjokroaminoto; Film tentang pahlawan Indonesia selanjutnya ialah Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Film ini mengisahkan perjuangan tokoh HOS Tjokroaminoto dalam menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera. Film yang berlatar pada masa penjajahan ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan diperankan oleh Reza Rahardian.

5. Jenderal Sudirman (2015)

Sinopsis film Jenderal Sudirman: Disutradari oleh Viva Westi, film ini berkisah tentang perjuangan Jenderal Sudirman saat menghadapi serangan Agresi Militer ke II Belanda. Di film ini juga terdapat beberapa tokoh besar lainnya seperti Soekarno, Moh. Hatta, Tjokropranolo, dan Tan Malaka yang berperan membantu perjuangan sang tokoh utama.

6. Kartini (2017)

Sinopsis film Kartini: Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan perjalanan hidup tokoh Kartini yang merupakan pejuang emensipasi wanita Indonesia. Di film ini, diceritakan pula perjuangan Kartini dalam mendirikan sekolah dan lapangan pekerjaan untuk masyarakat di daerahnya. Sosok Kartini dalam film ini diperankan oleh aktris Aktris Dian Sastrowardoyo.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Stres dengan Kebiasaan Sederhana, Hidup Jadi Bahagia!

7. Wage (2017)

Sinopsis film Wage: Film tentang pahlawan Indonesia terakhir dalam ulasan ini adalah Wage. Film ini menceritakan tentang kehidupan tokoh Wage Rudofl Soepratman yang merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sutradara. Melalui film ini, Sutradara John De Rantau mencoba untuk menunjukkan sisi baru WR Soepratman yang belum diketahui banyak orang.

8. Bumi Manusia (2019)

Film Bumi Manusia diadaptasi dari novel berjudul karya dari novelis Pramoedya Ananta Toer. Film ini mengisahkan tentang dua anak muda-mudi yang terjebak cinta di tengah-tengah penjajahan kolonial Belanda abad ke-20. Film ini seru untuk ditonton karena sangat memperlihatkan secara gamblang bagaimana kondisi masyarakat Indonesia di zaman penjajahan pada waktu itu.

Sumber: Suara.com (Theresia Simbolon)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)