14 Profil Singkat Menteri dan Wakil Menteri Perempuan di Kabinet Merah-Putih Prabowo

Selasa 22 Oktober 2024, 14:00 WIB
Sejumlah menteri dan wakil menteri menghiasi dalam kabinet merah putih pemerintahan Prabowo. (Sumber : Sekretariat Negara).

Sejumlah menteri dan wakil menteri menghiasi dalam kabinet merah putih pemerintahan Prabowo. (Sumber : Sekretariat Negara).

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan para menteri dan wakil menteri (wamen) yang akan bertugas dalam kabinet pemerintahannya di Istana Kepresidenan Jakarta pada Minggu malam, 20 Oktober 2024.

Dalam kesempatan itu, Prabowo yang ditemani oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka memperkenalkan satu per satu para menteri kepada publik. Seluruh menteri dan wakil menteri tampak kompak mengenakan batik berwarna cokelat sebagai seragam mereka.

Kabinet ini terdiri dari 48 menteri, 5 kepala lembaga, serta 56 wakil menteri dan pejabat lembaga lainnya yang akan membantu Prabowo menjalankan pemerintahan. Pelantikan resmi dilakukan pada Senin, 21 Oktober 2024 di Istana Negara, Jakarta.

Dari total 109 pejabat yang ditunjuk, termasuk menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga, terdapat 14 perempuan yang dikenal sebagai "Srikandi" dalam Kabinet Merah Putih.

1. Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan)

Sri Mulyani Indrawati lahir di Tanjung Karang, Lampung, pada 26 Agustus 1962. Dia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada tahun 1986, kemudian melanjutkan studinya di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat, dan meraih gelar Master of Science di bidang Ekonomi Kebijakan pada 1990, serta gelar Ph.D. di bidang Ekonomi pada 1992.

Pada 21 Oktober 2004, dia pertama kali ditunjuk sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Saat ini, Sri Mulyani kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Merah Putih di bawah pemerintahan Prabowo Subianto, setelah sebelumnya memegang posisi yang sama selama dua periode pemerintahan Joko Widodo.

2. Veronica Tan (Wakil Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Veronica Tan lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 4 Desember 1977, sebagai anak sulung dari tiga bersaudara. Berasal dari keluarga keturunan Tionghoa, Veronica pindah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikan.

Pada 6 September 1997, dia menikah dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), namun pernikahan mereka berakhir pada awal 2018. Kini, Veronica menjabat sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di era pemerintahan Prabowo.

3. Rini Widyantini (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Rini Widyantini sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), menjadikannya perempuan pertama yang memimpin reformasi birokrasi di Indonesia.

Rini lahir di Bandung pada 29 Mei 1965 dan memulai kariernya sebagai ASN sejak 1990. Sebelum menjabat sebagai Menteri, Rini pernah menjadi Sekretaris Kementerian PANRB sejak 2022.

4. Meutya Hafid (Menteri Komunikasi dan Digital)

Presiden Prabowo mengumumkan Meutya Hafid sebagai Menteri Komunikasi dan Digital pada 20 Oktober 2024. Sebelumnya, Meutya yang dikenal sebagai mantan jurnalis, menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR.

Karier jurnalisme Meutya mencakup peliputan di berbagai daerah konflik seperti Darurat Militer Aceh, tsunami Aceh, Pemilu Irak, dan konflik Thailand Selatan, yang membuatnya diakui dalam dunia media.

5. Arifatul Choiri Fauzi (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Arifatul Choiri Fauzi ditunjuk sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Kabinet Merah Putih. Dia juga dikenal sebagai Sekretaris Umum Muslimat NU dan pernah menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

6. Widiyanti Putri Wardhana (Menteri Pariwisata)

Widiyanti Putri Wardhana, yang namanya belum banyak dikenal publik, diangkat sebagai Menteri Pariwisata oleh Presiden Prabowo. Ia berasal dari dunia bisnis, dengan fokus pada sektor energi dan agrobisnis. Widiyanti adalah putri dari Wiwoho Basuki Tjokronegoro dan istri dari Wishnu Wardhana.

7. Ni Luh Puspa (Wakil Menteri Pariwisata)

Ni Luh Puspa, tokoh asal Bali yang sebelumnya dikenal sebagai presenter TV, kini menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata di bawah pemerintahan Prabowo Subianto. Latar belakangnya yang kuat di media menarik perhatian publik saat dia ditunjuk dalam posisi tersebut.

8. Ribka Haluk (Wakil Menteri dalam Negeri)

Ribka Haluk, lahir pada 10 Januari 1970, adalah seorang birokrat yang pernah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah. Kini, dia ditunjuk sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri mendampingi Tito Karnavian, setelah sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri.

9. Stella Christie (Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Sains dan Teknologi)

Stella Christie, seorang ilmuwan kognitif asal Medan, terpilih sebagai Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi dalam Kabinet Merah Putih. Stella merupakan lulusan Harvard University dengan gelar magna cum laude dan Ph.D. dari Northwestern University di bidang psikologi kognitif.

10. Christina Aryani (Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran)

Christina Aryani, politisi perempuan dari Partai Golkar, ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perlindungan Pekerja Migran. Christina adalah anggota DPR yang aktif di Komisi I dan dikenal sebagai salah satu politisi perempuan berprestasi di Partai Golkar.

11. Diana Kusumastuti (Wakil Menteri Pekerjaan Umum)

Diana Kusumastuti, lulusan Sarjana Arsitektur dari Universitas Diponegoro dan Magister Teknik dari ITB, kini menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum era pemerintahan Prabowo. Sebelumnya, Diana adalah Direktur Jenderal Cipta Karya di Kementerian PUPR.

12. Ratu Isyana Bagoes Oka (Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga)

Ratu Isyana Bagoes Oka ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Isyana, yang memulai karier sebagai jurnalis, pernah meliput peristiwa besar seperti Tsunami Aceh dan Bom Bali II sebelum bergabung dengan PSI dan menjadi caleg pada Pemilu 2019.

13. Irene Umar (Wakil Menteri Ekonomi Kreatif)

Irene Umar, yang dikenal berasal dari kalangan profesional dan bukan dari partai politik, ditunjuk sebagai Wakil Menteri Ekonomi Kreatif. Irene memiliki latar belakang sebagai bankir, dengan pengalaman di Standard Chartered Bank selama hampir tujuh tahun.

14. Dyah Roro Esti Widya Putri (Wakil Menteri Perdagangan)

Dyah Roro Esti Widya Putri, politisi dari Partai Golkar, kini menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan. Lahir pada 25 Mei 1993 di Jakarta, Dyah dikenal sebagai putri dari Satya Widya Yudha dan Diah Ambarsari.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Inspirasi

Demokrasi Sejuk Prabowo

Selasa 22 Oktober 2024, 02:28 WIB
Demokrasi Sejuk Prabowo
Berita Terkini
Food & Travel22 Oktober 2024, 16:00 WIB

Situ Patenggang, Wisata Alam yang Dibalut Kisah Legenda Cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang

Dibalik kisah legendanya, Situ Patenggang adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota.
Dibalik kisah legendanya, Situ Patenggang adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kota. (Sumber : Wonderful Indonesia/kemenparekraf.go.id.).
Entertainment22 Oktober 2024, 15:57 WIB

Raffi Ahmad Resmi Dilantik Menjadi Utusan Khusus Presiden 2024-2029

Aktor sekaligus pengusaha, Raffi Ahmad resmi dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden dalam Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (22/10/2024).
Raffi Ahmad Resmi Dilantik Menjadi Utusan Khusus Presiden 2024-2029 (Sumber : Instagram/@marlenehariman)
Inspirasi22 Oktober 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Posisi Sebagai Security dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Posisi Sebagai Security dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya! (Sumber : Freepik.com)
Nasional22 Oktober 2024, 14:53 WIB

Daftar Kementerian di Bawah 7 Menko KMP, Kemenkeu Langsung di Bawah Presiden Prabowo

Berikut daftar kementerian di bawah koordinasi tujuh Menko Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.
Menteri Kabinet Merah Putih bersama Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming. (Sumber Foto: Dok. Kemensetneg RI)
Produk22 Oktober 2024, 14:47 WIB

2 Ribu Paket Sembako Subsidi Dijual di Warudoyong Sukabumi, Harganya Rp 72.000

Pasar murah ini mendapat antusias dari warga.
Pasar murah di kantor Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Selasa (22/10/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik22 Oktober 2024, 14:30 WIB

Fakta Menarik Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars yang Viral

Lagu APT yang dinyanyikan oleh Rose BLACKPINK dan Bruno Mars berhasil menarik perhatian pendengar musik Internasional maupun Indonesia. Bahkan, menjadi trend baru yang digandrungi pengguna media sosial.
Fakta Menarik Lagu APT Rose BLACKPINK dan Bruno Mars yang Viral (Sumber : Instagram/@rose_are_rosie)
Nasional22 Oktober 2024, 14:00 WIB

Mendikdasmen Abdul Mu'ti Bakal Kaji Ulang Kurikulum Merdeka, PPDB Zonasi dan UN

Mendikdasmen Abdul Muti akan mengkaji ulang Kurikulum Merdeka Belajar, PPDB dengan jalur zonasi dan Ujian Nasional (UN).
Mendikdasmen Abdul Mu'ti. (Sumber Foto: Dok. PP Muhammadiyah)
Figur22 Oktober 2024, 14:00 WIB

14 Profil Singkat Menteri dan Wakil Menteri Perempuan di Kabinet Merah-Putih Prabowo

Sejumlah menteri dan wakil menteri menghiasi dalam kabinet merah putih pemerintahan Prabowo.
Sejumlah menteri dan wakil menteri menghiasi dalam kabinet merah putih pemerintahan Prabowo. (Sumber : Sekretariat Negara).
Inspirasi22 Oktober 2024, 13:43 WIB

Petani di Purabaya Sukabumi Budi Daya Tanaman Nilam untuk Bahan Baku Minyak Atsiri

Budi daya ini menjadi potensi untuk meningkatkan kesejahteraan petani.
Tanaman Nilam di Kampung Cikontrang, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Oktober 2024, 13:32 WIB

Beredar Video Pelajar SMK di Sukabumi Demo, Protes Dana Sumbangan Pembangunan?

Jaga medsos Sukabumi, heboh dengan aksi demo ratusan pelajar salah satu SMK di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Mereka memprotes kebijakan DSP atau dana sumbangan pembangunan yang dianggap memberatkan orang tua mereka.
Pelajar salah satu SMK Negeri di Kabupaten Sukabumi unjuk rasa protes dana sumbangan pembangunan (Sumber: video viral)