3 Putra Terbaik Sukabumi yang Menjadi Sosok Inspiratif dengan Prestasinya

Senin 21 Oktober 2024, 20:26 WIB
Putra terbaik Sukabumi ini menjadi sosok-sosok inspiratif yang telah mengharumkan tanah kelahirannya. (Sumber : Berbagai sumber.).

Putra terbaik Sukabumi ini menjadi sosok-sosok inspiratif yang telah mengharumkan tanah kelahirannya. (Sumber : Berbagai sumber.).

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi, dengan keindahan alamnya yang memukau, tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tetapi juga kaya akan sumber daya manusia. Di balik pegunungan dan sawah hijau, lahir sosok-sosok inspiratif yang telah mengharumkan nama Sukabumi di berbagai bidang.

Mereka telah membuktikan bahwa orang Sukabumi tidak hanya unggul dalam bidang tertentu, tetapi memiliki beragam talenta yang luar biasa. Mulai dari ilmuwan, seniman, atlet, hingga pengusaha, memberikan kontribusi yang positif.

Kisah sukses mereka menjadi inspirasi bagi generasi muda Sukabumi untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Nah, berikut ini terdapat 3 putra terbaik Sukabumi yang menjadi sosok inspiratif yang membanggakan tanah kelahirannya.

1. Shadiq Akasya

Shadiq Akasya, Dirut Bio Farma | Foto : IstShadiq Akasya, Dirut Bio Farma | Foto : Ist.

Shadiq Akasya, salah satu putra terbaik Sukabumi, telah meraih prestasi gemilang dengan menjadi Direktur Utama PT Bio Farma. Kepercayaan yang diberikan kepadanya merupakan bukti nyata bahwa putra daerah mampu bersaing di level nasional.

Shadiq Akasya lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada bulan Maret 1968. Pria yang biasa disebut Shadiq itu merupakan alumni SMA Negeri Cibadak Sukabumi 1986. Meraih gelar sarjana Manajemen dari Universitas Pancasila Jakarta pada 1991. Kemudian, melanjutkan pendidikan ke tingkat pascasarjana Manajemen Agribisnis di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan lulus pada 2002.

Menteri BUMN, Erick Thohir, menunjuk Shadiq Akasya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bio Farma yang baru. Shadiq menggantikan posisi Honesti Basyir melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin, 5 Juni 2023.

Melansir biofarma.co.id, Shadiq Akasya sebelum menduduki kursi Dewan Direksi Bio Farma, Shadiq pernah menjabat Kepala Regional PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI pada April 2010 hingga Juli 2015.

Selanjutnya, ia mendapat promosi jabatan menjadi Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan (HLB) BNI (2015-2018). Posisi terakhirnya di BNI sebagai Dirut PT BNI Life Insurance untuk periode 2018 hingga 2023.

Pria berusia 55 tahun tersebut terbilang aktif membagikan kegiatannya melalui akun Instagram pribadi @shadiqakasya. Beberapa kali ia mengunggah momen yang berhubungan dengan pekerjaannya di BNI Life Insurance.

2. Prof Heri Hermansyah

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU | Foto : Capture video yutube UIProf. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU | Foto : Capture video yutube UI.

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, putra asli Sukabumi, telah mengharumkan nama daerahnya dengan terpilih sebagai Rektor Universitas Indonesia. Prestasi gemilang ini tentunya menjadi kebanggaan dan pelecut motivasi bagi generasi muda Sukabumi.

Heri Hermansyah lahir di Sukabumi pada 18 Januari 1976, anak dari pasangan H. Emuh (68 tahun) dan Hj. Amah (63 tahun). Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara.

Heri dibesarkan dari keluarga sederhana di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Ayahnya merupakan seorang pedagang di Pasar Pelita Kota Sukabumi, sementara sang ibu berprofesi sebagai perias pengantin dan membuka usaha salon .

Heri kecil mulanya tinggal di Gang Mesjid RT RW 07 Kelurahan Kebonjati, kemudian pindah ke Gang Limus RT 5 RW 8 di kelurahan yang sama. Meski kini, orang tua profesor Heri sudah menetap di Kelurahan Subangjaya.

Kini Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU resmi terpilih menjadi rektor Universitas Indonesia (UI) untuk periode 2024-2029, yang pelantikannya dijadwalkan pada 4 Desember 2024 mendatang.

3. Fajar Riza Ul Haq

Fajar Riza Ul Haq, Pria kelahiran Sukabumi yang jadi calon Wakil Menteri di Kabinet Prabowo.Fajar Riza Ul Haq, Pria kelahiran Sukabumi yang jadi calon Wakil Menteri di Kabinet Prabowo. | Screenshot YouTube/Sekretariat Presiden.

Fajar Riza Ul Haq adalah salah satu putra terbaik asal Sukabumi yang baru saja dipilih oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

Minggu malam, 20 Oktober 2024, di Istana Merdeka, Jakarta, Presiden Prabowo Subianto turut mengumumkan sejumlah wakil menteri yang akan membantu jajaran menterinya dalam pemerintahan kedepannya.

Fajar Riza Ul Haq namanya muncul sebagai salah satu pejabat dalam kabinet baru Pemerintahan Presiden Prabowo. Ia diberi tanggung jawab sebagai Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

Fajar Riza Ul Haq lahir pada 1 Februari 1979 di Sukabumi. Selain dikenal sebagai penulis dan intelektual, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sukoharjo pada tahun 2000-2001.

Menurut laman PGRI Kabupaten Bandung, Fajar Riza Ulhaq sebelumnya adalah Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada era Muhadjir Effendy serta Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara di masa Pratikno. Ia juga memimpin Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis PP Muhammadiyah.

Dengan latar belakang akademik dan pengalaman yang luas di bidang pendidikan, diharapkan Fajar Riza Ul Haq dapat memberikan kontribusi signifikan sebagai Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi22 Oktober 2024, 02:28 WIB

Demokrasi Sejuk Prabowo

Sebuah pidato pertama hampir satu jam dari Presiden Prabowo Subianto di Gedung MPR/DPR, membuka babak baru bagi demokrasi Indonesia. Prabowo, yang akhirnya bisa meraih kursi RI-1 setelah bertahun-tahun kalah
Kerumuman Rakyat | Foto : Pixabay
Nasional22 Oktober 2024, 02:20 WIB

Tamu Asing Pertama Gibran Terima Kunjungan Wapres Cina, Ini yang Dibahas

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menerima tamu asing pertamanya, Wapres Cina Han Zheng di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024
Gibran menerima kunjungan wakil presiden China | Foto : Istimewa
Sukabumi Memilih22 Oktober 2024, 01:48 WIB

TRENDI, Program Unggulan Asep Japar-Andreas untuk Santri Sukabumi

Pasangan calon Bupati Sukabumi, Asep Japar dan Andreas, turut menyambut peringatan Hari Santri Nasional yang saat ini bertepatan dengan momentum Pilkada.
Asep Japar dan Andreas resmi daftar Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. | Foto: SU/Ibnu
Sukabumi22 Oktober 2024, 00:26 WIB

Viral Aksi Konvoi Geng Motor Bersajam di Depan Kampus IPB Sukabumi, Ini Kata Polisi

Viral di media perpesanan whatsapp sebuah video yang memperlihatkan aksi konvoi sekelompok geng motor bersajam melintasi Jalan Sarasa, tepatnya di depan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Sukabumi
Capture video konvoi geng motor di depan kampus IPB Sukabumi | Foto : Istimewa
Inspirasi21 Oktober 2024, 21:27 WIB

Cerita Alvi Guru Honorer Sukabumi, Kini Pindah Mengabdi Demi Penuhi Jam Mengajar

Alvi Noviardi (57 tahun), seorang guru honorer asal Kampung Bantar Muncang, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, membuat keputusan besar dengan pindah
Sosok Alvi guru honorer Sukabumi saat ditemui di kediamannya. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi21 Oktober 2024, 20:57 WIB

Kadisdik Sukabumi Ucapkan Selamat atas Pelantikan Fajar Riza Ul Haq sebagai Wakil Menteri

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menyampaikan ucapan selamat dan bangga atas tugas yang diamanahkan kepada Fajar Riza Ul Haq. Pria kelahiran Sukabumi itu dipilih Presiden Prabowo Subianto menjadi Wamen Pendidikan
Keluarga Besar Disdik Kabupaten Sukabumi ucapkan selamat atas pelantikan Fajar Riza Ul Haq sebagai Wamen Pendidikan RI 2024-2029 | Foto : Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi21 Oktober 2024, 20:56 WIB

Pesan Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya di HSN 2024: Santri Motor Penggerak Perubahan

Menurut Loka Tresnajaya, HSN 2024 merupakan momen yang tepat untuk mengenang peran penting santri dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Loka Tresnajaya. (Sumber Foto: Istimewa)
Figur21 Oktober 2024, 20:26 WIB

3 Putra Terbaik Sukabumi yang Menjadi Sosok Inspiratif dengan Prestasinya

Putra terbaik Sukabumi ini menjadi sosok-sosok inspiratif yang telah mengharumkan tanah kelahirannya.
Putra terbaik Sukabumi ini menjadi sosok-sosok inspiratif yang telah mengharumkan tanah kelahirannya. (Sumber : Berbagai sumber.).
Sukabumi21 Oktober 2024, 20:00 WIB

Heboh Penemuan Potongan Kaki Manusia di Gunungpuyuh Sukabumi, Begini Faktanya

Berikut fakta dari peristiwa penemuan potongan kaki manusia yang gegerkan warga perumahan di Gunungpuyuh Sukabumi.
Halaman rumah kosong tempat penemuan potongan kaki manusia di Perumahan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. (Sumber Foto: Istimewa)
Film21 Oktober 2024, 20:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Dongjae: The Good or The Bastard yang Diperankan Lee Jun Hyuk

Dongjae: The Good or The Bastard merupakan drama korea terbaru bergenre thriller, misteri, dan hukum yang telah tayang di tvN pada Kamis, 10 Oktober 2024.
Sinopsis Drama Korea Dongjae: The Good or The Bastard yang Diperankan Lee Jun Hyuk (Sumber : Instagram/@tvn_drama)