Ahli Bedah Andries de Wilde, Tuan Tanah Pencetus Nama "Sukabumi"

Jumat 20 September 2024, 14:00 WIB
Andries de Wilde adalah tuan tanah sekaligus ahli bedah yang dikenal sebagai Pencetus Nama Sukabumi. Foto: Instagram/sukabumiheritages

Andries de Wilde adalah tuan tanah sekaligus ahli bedah yang dikenal sebagai Pencetus Nama Sukabumi. Foto: Instagram/sukabumiheritages

SUKABUMIUPDATE.com - Andries Christoffel Johannes de Wilde adalah seorang administratur perkebunan yang pertama kali mencetuskan nama Soeka Boemi. Pengenalan nama Soeka Boemi ini tepatnya pada 13 Januari 1815 silam.

Pria yang dikenal dengan nama Andries de Wilde ini mencantumkan nomenklatur Soeka Boemi dalam dua suku kata. Hal itu berkaitan dengan tempat dirinya menginap yakni di Kampung Tji Colle yang saat ini daerah Cikole.

Melansir sukabumikota.go.id, Andries de Wilde mengirim surat kepada salah satu kerabatnya yang bernama Pieter Englhard. Pria berkebangsaan Belanda itu mengajukan permohonan kepada pemerintah terkait perubahan nama Tji Colle (nama sungai yang membelah Kota Sukabumi) dengan nama Soekaboemi pada 13 Januari 1815.

Sejak saat itu, nama Cikole kemudian resmi menjadi nama Soekaboemi berdasarkan usulan Andries de Wilde. Selang 12 hari, yakni pada 25 Januari 1813, Andries de Wilde diketahui membeli tanah di Sukabumi.

Luas tanah di Sukabumi yang dibeli Andries de Wilde mencapai 58 ribu ringgit Spanyol pada masa itu, dengan luas sekitar lima per dua belas bagian di seluruh tanah yang ada di wilayah tersebut.

Baca Juga: Obat Dari Kotoran Manusia, Mungkinkah? Ilmuwan: Feses Itu Praktis

Lantas, siapa Andries de Wilde yang dikenal sebagai Pencetus Nama Sukabumi? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Mengenal Andries de Wilde Pencetus Nama Sukabumi

Andries Christoffel Johannes de Wilde adalah seorang adalah seorang administratur perkebunan yang pertama kali mencetuskan nama Soeka Boemi. Foto: Instagram/sejarahbandungAndries Christoffel Johannes de Wilde adalah seorang adalah seorang administratur perkebunan yang pertama kali mencetuskan nama Soeka Boemi. Foto: Instagram/sejarahbandung

Selain dikenal sebagai Pencetus Nama Sukabumi, Andries de Wilde juga merupakan sosok tuan tanah sekaligus ahli bedah pada masa kolonial Belanda.

Tuan tanah dengan nama lengkap Andries Christoffel Johannes de Wilde itu adalah pria berkebangsaan Belanda yang lahir pada 21 November 1781 dan meninggal dunia pada 27 April 1865, di usianya yang ke-83 tahun.

Andries de Wilde adalah seorang ahli bedah pasukan artileri Belanda sekaligus tuan tanah pertama di daerah priangan. Pencetus Nama Sukabumi itu diangkat menjadi Pembantu Gubernur Jendral Herman Wilem Daendels.

Sejarah amat dekat dengan salah seorang sahabat Andries De Wilde, yakni Liutenant Gouverneur Thomas Stamford Raffles (Gubernur Inggris untuk Indonesia).

Semasa hidupnya, Andries de Wilde pernah diangkat menjadi seorang Assistant to the Resident at Bandong (Residen Bandung) pada Agustus 1812. Namun, ia tak menjabat lama karena adanya selisih paham dengan Residen Macquoid.

Raffles, pada saat itu, mengangkat Andries de Wilde kembali sebagai pengawas penanaman kopi (Koffie OPZIENER) di daerah Tarogong-Garut.

Baca Juga: Kota Mochi Tampan Abis! Sukabumi Ganteng vs Cantik Ternyata Beda Tipis

Andries de Wilde disebut tuan tanah karena selain menjadi pemilik 5/12 tanah di Sukabumi, ia juga berhasil memperoleh tanah Ujungberung di tahun yang sama usai bekerjasama dengan Raffles, McQuoid, dan Engelhard.

Tanah milik Andries de Wilde berbatasan dengan Lereng Gunung Gede Pangrangodi di sebelah utara, Sungai Cimandiri di sebelah selatan. Sementara di arah barat berbatasan langsung dengan Keresidenan Jakarta dan Banten serta Sungai Cikupa di sebelah Timur.

Selain tuan tanah, Andries de Wilde diketahui adalah seorang ahli bedah. Sebagai dokter bedah, Andries de Wilde bahkan pernah mengadakan ekspedisi atau tour vaksinasi cacar ke daerah Priangan pada 1807.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science20 September 2024, 16:30 WIB

Peneliti AI Ungkap Tahun 2050 Manusia dan Robot Akan Menikah

Pada tahun 2050, kata peneliti, robot dan manusia akan dapat menikah secara sah di Amerika Serikat.
Ilustrasi. Robot yang serupa manusia (Sumber : Pixabay/Mohammad Usman)
Jawa Barat20 September 2024, 16:13 WIB

Ada Dana Tunggu Rp 500 Ribu per Keluarga, Pemulihan Gempa Bandung-Garut Dimulai

Suharyanto memastikan data rumah rusak harus tervalidasi.
Petugas saat memeriksa rumah rusak di Garut yang terdampak gempa bumi. | Foto: Instagram/BPBD Jabar
Sukabumi20 September 2024, 16:13 WIB

Sopir Angkot Terluka Diduga Dikeroyok Pengamen di Cicurug Sukabumi

Berikut keterangan korban terkait kasus pengeroyokan sopir angkot diduga oleh pengamen di Cicurug Sukabumi.
Kondisi sopir angkot di Cicurug Sukabumi yang mengalami luka. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment20 September 2024, 16:00 WIB

Terpikat Pesona Lansia, Wanita Cantik Ini Jatuh Cinta dan Menikah dengan Pria Usia 80 Tahun

Wanita muda asal Tiongkok ini jatuh cinta dan rela menikah dengan pria usia 80 tahun.
Wanita muda asal Tiongkok ini jatuh cinta dan rela menikah dengan pria usia 80 tahun. (Sumber : Sohu.com).
Life20 September 2024, 15:30 WIB

Sebut Jampang Palabuhanratu, Jasinga yang Melegenda dengan Ajaran Sanghyang Sunda

Berkaitan dengan Sukabumi meski tak terpaut langsung, tujuh Ajaran Sanghyang Sunda ini salah satunya adalah Sungsang Hilir yakni Jampang Palabuhanratu).
Ilustrasi. Sejarah menyebutkan nama Jasinga berasal dari kata Gajah Lumejang Singa Bapang, dua dari tujuh Ajaran Sanghyang Sunda yang juga ditetapkan sebagai suatu tempat komunitas Sunda. Foto: Instagram/@jasinga
Inspirasi20 September 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Cook dan Barista di Salah Satu Cafe di Kota Sukabumi, Minimal SMA Sederajat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cook dan Barista di Salah Satu Cafe di Kota Sukabumi, Minimal SMA Sederajat. (Sumber : pexels.com/Quang Nguyen Vinh)
Sukabumi20 September 2024, 14:52 WIB

Enam Anggota Geng Motor Ditangkap, Buntut Serangan Brutal di Pasar Cibadak Sukabumi

Enam terduga pelaku yang ditangkap merupakan warga Kecamatan Parungkuda.
Anggota geng motor yang terlibat penyerangan di parkiran Pasar Semi Modern Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis dini hari, 19 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 September 2024, 14:45 WIB

UMMI Siap Cetak Generasi Unggul di Desa Lewat Beasiswa Bupati Sukabumi

Cetak generasi unggul di setiap desa, UMMI resmi melaunching program beasiswa Bupati Sukabumi 2024.
Rektor UMMI Sukabumi Reny Sukmawani bersama Bupati Marwan Hamami saat launching beasiswa bupati program generasi unggul untuk desa 2024. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Entertainment20 September 2024, 14:45 WIB

Nino RAN Menikah dengan Dhabitannisa Auni, Netizen: Singkat Padat Baju Adat

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari Nio RAN yang telah menikah dengan kekasihnya bernama Dhabitannisa Auni atau Ica, pada Jumat, 20 September 2024.
Nino RAN Menikah dengan Dhabitannisa Auni, Netizen: Singkat Padat Baju Adat (Sumber : Instagram/@thebridestory)
Musik20 September 2024, 14:30 WIB

Berikut Daftar Lagu yang Bakal Dibawakan Doyoung NCT di Konser Besok

Doyoung NCT akan menyapa penggemar secara langsung melalui konser solo pertamanya bertajuk 2024 DOYOUNG CONCERT [Dear Youth,] in Jakarta, pada Sabtu, 21 September 2024, di ICE BSD Hall 1, Tangerang.
Berikut Daftar Lagu yang Bakal Dibawakan Doyoung NCT di Konser Besok (Sumber : Instagram/@smtown)