Ingvar Kamprad Sang Pendiri IKEA, Kisah Inspiratif dari Penjual Korek Api Hingga Raja Furniture

Sabtu 14 September 2024, 16:37 WIB
IKEA adalah merek furnitur yang sangat populer dan banyak dikenal orang. (Sumber : ikea.com).

IKEA adalah merek furnitur yang sangat populer dan banyak dikenal orang. (Sumber : ikea.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Pernahkah Anda membeli produk IKEA? Banyak orang mengenal IKEA sebagai toko furniture yang menawarkan produk-produk berkualitas dengan desain minimalis dan harga yang terjangkau. Namun, tidak banyak yang mengetahui sosok di balik kesuksesan IKEA, yaitu Ingvar Kamprad.

Ingvar Kamprad adalah sosok di balik kesuksesan IKEA. Beliau adalah pendiri IKEA yang memiliki visi untuk menciptakan furniture berkualitas tinggi namun dengan harga yang terjangkau.

Lalu bagaimanakah kisah inspiratifnya, yuk simak selengkapnya.

Mengutip laman britannica, Ingvar Kamprad lahir 30 Maret 1926, di provinsi Småland, Swedia dan meninggal pada 27 Januari 2018, di Småland. Ia adalah seorang pengusaha sukses dari Swedia yang mendirikan IKEA pada tahun 1943, toko furniture terbesar di dunia pada awal abad ke-21.

Kamprad adalah seorang pengusaha berbakat yang menjual kotak korek api kepada para tetangganya dengan berkeliling menggunakan sepeda. Ia membeli kotak korek api dalam jumlah besar dengan harga yang sangat murah dari Stockholm, dan menjualnya kembali dengan harga rendah tetapi tetap meraup untung besar.

Dari korek api, ia kemudian mengembangkan usahanya dengan menjual barang-barang kecil seperti menjual dompet, bingkai foto, hiasan pohon Natal, pulpen hingga pensil.

Kamprad yang saat itu berusia 17 tahun, lalu mendirikan IKEA sebagai bisnis impor langsung yang menggunakan pesanan lewat pos. Ingvar Kamprad mendirikan IKEA pada tahun 1943 dengan bantuan ayahnya.

Nama IKEA sendiri diambil dari inisial Kamprad ( I ngvar K amprad), dan nama pertanian tempat ia dibesarkan ( E lmtaryd), serta nama desa asalnya ( A gunnaryd).

Pada tahun 1948 Kamprad mulai menjual furniture murah, dan barang barang baru yang terbukti sangat populer. Setelah mendapat tanggapan positif, ia segera memutuskan untuk menghentikan semua produk lainnya dan fokus pada furnitur berharga murah.

Sehingga pada tahun 1951, IKEA fokus menjual furniture perabotan rumah saja. Kamprad lalu mendapatkan bahan-bahan furniture dari desainer lokal, yang membantu mengembangkan sistem produk siap rakit yang dapat diambil dengan mudah di toko atau diangkut dengan truk.

Dirinya kemudian mengalami kesulitan karena pemasok lokal mulai memboikot bisnisnya. Hal inilah yang memaksa Kamprad harus melakukan produksi dan mendesainnya secara sendiri dan menyempurnakan model bisnisnya.

Ingvar Kamprad saat memamerkan produk furniturenya. | ikea.comIngvar Kamprad saat memamerkan produk furniturenya. | ikea.com.

IKEA lalu membuka ruang pameran pertamanya di tahun 1953, dengan cara pelanggan dapat melihat-lihat sebelum membeli produknya. Itulah yang kemudian menjadi ciri khas berbelanja di IKEA

IKEA membuka toko pertamanya di luar Swedia pada tahun 1963, di Norwegia. Toko internasional keduanya dibuka pada tahun 1969 di Denmark. Namun, upayanya untuk merambah pasar Jepang gagal pada tahun 1986.

Pada tahun 1985 IKEA memasuki pasar AS dan telah membuka 26 toko di tahun 1996. IKEA sejak saat itu telah berekspansi ke seluruh dunia dan terus menjadi kekuatan utama dalam perabotan rumah tangga.

Pada tanggal 15 Oktober 2014, IKEA membuka gerai pertamanya di Indonesia, tepatnya di kawasan Alam Sutera. Hak untuk mengelola bisnis IKEA di Indonesia diberikan kepada PT Hero Supermarket Tbk melalui perjanjian lisensi.

Ingvar Kamprad Sang Pendiri IKEA. | ikea.comIngvar Kamprad Sang Pendiri IKEA. | ikea.com.

Hingga kematiannya pada tanggal 27 Januari 2018 di usia ke 91 tahun, Ingvar Kamprad dianggap sebagai salah satu pengusaha hebat di abad ke-20. Ia sukses menciptakan model bisnis inovatif berdasarkan furniture perakitan.

Saat masih hidup, namanya sering muncul dalam daftar orang terkaya di dunia, tetapi ia tetap rendah hati dan tidak pernah menunjukkan aura seorang taipan. Ia juga mengendarai mobil Volvo dan berpakaian yang sederhana.

Etos kerja, kesederhanaan, dan gaya membumi tetap menjadi inti identitas perusahaan IKEA hingga saat ini. Hingga tahun 2023, IKEA merupakan merek multinasional yang memiliki 460 toko dan 231.000 karyawan di seluruh dunia.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MarkPlus. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).