Kisah Perjuangan Remaja Jampangkulon Sukabumi Raih Beasiswa di Kampus Terbaik China

Rabu 17 Juli 2024, 06:45 WIB
Sosok Muhammad Azmi Ardabilly Sahroni, pelajar asal Jampangkulon Sukabumi yang berhasil raih beasiswa di salah satu kampus terbaik di China. (Sumber : Istimewa)

Sosok Muhammad Azmi Ardabilly Sahroni, pelajar asal Jampangkulon Sukabumi yang berhasil raih beasiswa di salah satu kampus terbaik di China. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China, peribahasa tersebut sepertinya segera diwujudkan oleh Muhammad Azmi Ardabilly Sahroni. Remaja asal Kampung Pasircabe RT 008 /009 Desa Nagraksari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi ini berhasil meraih beasiswa penuh di Beijing Institute of Technology (BIT), salah satu kampus terbaik bidang teknologi di negeri tirai bambu.

Azmi yang baru saja jadi alumni SMAN 1 Jampangkulon (Smanjak) tersebut menceritakan perjalanannya hingga dapat mewujudkan cita-citanya bisa menuntut ilmu di luar negeri. Anak bungsu dari pasangan Sahroni dan Lilis Diana ini bahkan saat duduk di bangku SMP sudah menjadi pemburu beasiswa sekolah di negara lain.

"Dari dulu juga aku udah cita-cita buat lanjut SMA di luar negeri sebelum masuk Smanjak. Udah pernah coba daftar beasiswa SMA di Korea Science Academy High School Busan tapi gagal, nah waktu kelas 10 awal masuk SMA aku coba lagi daftar program bina Antarbudaya pertukaran pelajar SMA ke luar negeri, ke Jepang sama USA program ASIA KAKEHASHI dan KL-YES, tapi sampe tahap wawancara, gagal lagi," kata Azmi kepada sukabumiupdate.com, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga: Tangis Histeris Pedagang Tahu di Sukabumi Jadi Korban Hipnotis, Uang Rp3 Juta Raib

Dari kegagalannya itu, Azmi kemudian belajar intropeksi bahwa hal itu akibat dari kurangnya persiapan. Ia kemudian memutuskan bersekolah di SMAN 1 Jampangkulon.

"Ditambah saat itu zaman Pandemi Covid-19. Nah dari sini, mulai buat belajar intropeksi, waktu daftar beasiswa SMA kurangnya dimana," ungkapnya.

Di salah satu SMA bergengsi di selatan Sukabumi tersebut, Azmi tumbuh sebagai siswa kelas MIPA yang dikenal berprestasi dan aktif sebagai pengurus MPK (Majelis Perwakilan Kelas), organisasi sekolah yang bertugas mengawasi kinerja OSIS.

Semenjak kelas 10, Azmi mengaku sudah menargetkan untuk lanjut kuliah ke luar negeri. "Nah pas kelas 12 aku coba lagi daftar kuliah di Beijing Institute of Technology (BIT) hingga National university of Singapore (NUS) terus ikut program Ministry of Education (MoE) Taiwan Scholarship dan Chinese Government Scholarship (CGS)," tuturnya.

Perjuangan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri tentu bukan hal yang mudah. Salah satu tantangan terbesar yang Azmi rasakan adalah manajemen waktu dan tenaga. Mengingat proses persiapan ia lakukan sambil menjalani kewajiban akademik sebagai pelajar SMA tingkat akhir.

"Hampir tiap hari sibuk banget, ngurusin dokumen daftar kaya test TOEFL, tes kesehatan (medical check up), bikin personal statement, bikin essai study plan, belum wawancara dari kampus sama ujian tulis bahasa inggris, matematika, fisika yang semua pake bahasa inggris," ujarnya.

"Mana kebetulan waktu itu lagi sibuk-sibuknya kelas 12, ujian, pokoknya siang malem kejar kejaran tugas sekolah sama tugas bikin essai beasiswa sampe masuk RS gara-gara bikin essay buat 6 kampus," tambahnya.

Baca Juga: Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA Resmi Dihapus Kemendikbudristek, Ini Alasannya

Kegigihan Azmi pun membuahkan hasil. Setelah mengikuti beberapa rangkaian seleksi, ia berhasil mengalahkan ribuan pendaftar dari berbagai negara usai mendapatkan admission letter sebagai mahasiswa S-1 Beijing Institute of Technology (BIT) dengan beasiswa penuh yang diumumkan pada April 2024 kemarin.

"Paling duluan announcement keterima beasiswa (program) Beijing Municipal Government Scholarship di Beijing Institute of Technology jurusan Computer Science and Technology. Langsung diambil, alhamdulillah, soalnya aku juga tahu kalau BIT kampus nomor 1 computer science di China," ungkapnya.

"Pernah tahu juga dari artikel waktu Olimpiade Beijing 2022, banyak dari anak BIT yang kepilih jadi bagian tim IT olimpiade tersebut. Terus banyak juga anak-anak di China yang jadiin BIT incaran buat ngelanjutin kuliah mereka. Sama dari ranking BIT unggul banget di ranking universitas dunia, makanya saya ambil karena ini kesempatan emas," sambungnya.

Menurut Azmi, tantangan hidup dalam mengenyam pendidikan di China akan ia mulai pada 1 September 2024 mendatang. "Soalnya semuanya udah beres berkas berkasnya, tinggal nunggu berangkat," ujarnya.

Ia kemudian tak lupa mengucapkan terimakasih kepada kedua orangtua, keluarga dan para dewan guru di SMAN 1 Jampangkulon yang telah membantunya hingga ia sampai di titik ini.

“Aku juga mau ngucapin terimakasih banyak buat orang tua, keluarga dan guru aku di SMA yang udah menjadi support system aku, terkhususnya buat dewan guru dari tim BK Ibu Widi yang udah bantu aku waktu konsul masalah perkuliahan, terimakasih banyak ibu,” tandasnya.

Keberhasilan Azmi mendapatkan beasiswa penuh di salah satu kampus terbaik di China ini kemudian mendapat apresiasi dari pihak SMAN 1 Jampangkulon.

"Tentunya kami para guru SMAN 1 Jampangkulon, sangat bangga mempunyai anak didik yaitu Muhammad Azmi Ardabilly Sahroni yang lolos di perguruan tinggi luar negeri yang sesuai dengan cita-citanya dan meraih beasiswa penuh disalah satu kampus terbaik bidang teknologi di negara China (Beijing Institute of Technology) yang merupakan top 10 kampus di China dalam bidang teknologi," ujar staf kesiswaan sekaligus pembina Osis SMAN 1 Jampangkulon Gusniawan Sastrawiguna.

Yang semakin membanggakan, lanjut dia, Azmi juga ternyata tak hanya diterima di perguruan tinggi luar negeri, tapi juga dari dalam negeri. Bahkan dua sekaligus, yaitu S-1 Informatika President University dan S-1 Teknik Informatika Universitas Pelita Harapan (UPH).

"Kami mengenal ananda Azmi selain berprestasi dia juga dikenal siswa aktif di OSIS yaitu sebagai Wakil Ketua MPK periode 2022-2023. Mudah-mudah jejak beliau diikuti oleh adik-adiknya di masa mendatang," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)