Heboh Agus Salim, Korban Penyiraman Air Keras Gunakan Donasi Pengobatan untuk Bayar Hutang

Senin 21 Oktober 2024, 16:30 WIB
Agus Salim, Korban Penyiraman Air Keras Diduga Menyelewengkan Dana Donasi Rp.1,5 Milliar (Sumber : Youtube | Denny Sumargo)

Agus Salim, Korban Penyiraman Air Keras Diduga Menyelewengkan Dana Donasi Rp.1,5 Milliar (Sumber : Youtube | Denny Sumargo)

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Agus Salim sedang ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial, terutama X. Karena disebut menyelewengkan uang donasi untuk pengobatannya.

Agus Salim yang merupakan seorang manajer kafe menjadi korban penyiraman air keras oleh karyawannya setelah mengalami perselisihan. Serangan tersebut pun membuat Agus kehilangan penglihatannya dan hampir seluruh tubuhnya terbakar.

Kisah Agus pun sempat menjadi viral beberapa waktu lalu hingga mengundang simpati publik, termasuk Novi Pratiwi yang merupakan seorang Youtuber ingin membantu memberikan donasi untuk mengembalikan penglihatan Agus.

Melalui yayasan milik Novi Pratiwi, terkumpullah donasi dari masyarakat untuk membantu pengobatan Agus Salim dengan jumlah cukup besar. Berdasarkan pengakuan istri Agus jumlah donasi yang didapatkan sekitar Rp. 1,5 miliar.

Baca Juga: Erina Gudono Makan Omakase Harga Jutaan dari Chef Pribadi di Rumah Sakit

Mengetahui jumlahnya fantastis mendapatkan perhatian publik dan berharap dana tersebut dapat digunakan untuk operasi agar Agus Salim dalam melihat lagi seperti sebelumnya dan menjalani kehidupan normal.

Namun, seiring berjalannya waktu, muncul kabar kalau dana donasi yang dikumpulkan ternyata tidak digunakan untuk pengobatan Agus Salim, tetapi diduga digunakan untuk melunasi hutang keluarga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Novi Pratiwi yang dipertemukan langsung oleh Agus Salim dan keluarganya di podcast Denny Sumargo. Novi menjelaskan bahwa keluarga Agus awalnya tidak jujur soal nominal donasi yang terkumpul.

"Waktu itu saya lagi usahain untuk mencari bantuan dari yang lain-lain, ke staf ahli kemensos atau YouTuber lain supaya pengobatan mas Agus bisa dikasih yang terbaik," katanya, dikutip sukabumiupdate.com pada Senin (21/10/2024).

Novi Pratiwi menanyakan jumlah donasi yang telah terkumpul pada Wulan, yang merupakan saudaranya Agus Salim. Wulan menjawab bahwa yang dana yang sudah dikumpulkan ada Rp. 500 juta.

"Baru saya ingat di sana. Oh iya uang donasi emang kekumpulnya berapa? Saya tanyakan ke Wulan, sodara mas Agus katanya 500 juta," sambungnya.

Baca Juga: Ketahuan Bohong, Kimberly Ryder Diminta Buat Surat Perjanjian Oleh Edward Akbar

Karena saat itu, Novi tidak tahu hanya bersyukur karena mengetahui bahwa nominal dana yang sudah terkumpul sudah cukup banyak. Namun, ia memberitahu bahwa donasi yang semula menggunakan nama pribadi ternyata tidak boleh secara hukum.

Sehingga ia bilang ke pihak keluarga Agus Salim, kalau yayasan milik Novi Pratiwi ingin membantu untuk mengawasi penggunaan dana donasi untuk Agus Salim dengan meminta mutasi rekening.

Bahkan, Novi pun mengaku tidak akan menerima sepeserpun uang donasi dari masyarakat untuk Agus. Ia hanya ingin mengawasi sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada masyarakat Indonesia yang sudah menyumbang.

Ternyata, dari pengakuan Elmi Nurmala yang merupakan istri Agus Salim baru diketahui bahwa uang donasi yang telah dikumpulkan mencapai Rp. 1,5 miliar. Hal tersebut mengejutkan Novi karena sebelumnya pihak keluarga Agus bilang dana yang didapatkan adalah Rp. 500 juta.

Novi Pratiwi secara baik-baik meminta Agus Salim untuk memberikan rekening mutasi sebagai pengawasan dana donasi yang terkumpul. Akan tetapi, pihak Agus menolak memberikannya.

Hal tersebut memicu pertanyaan Novi Pratiwi dan publik mengenai transparansi dalam penggunaan dana donasi yang dari awal ditujukan untuk membantu Agus Salim agar bisa dioperasi supaya dapat melihat secara normal kembali.

Baca Juga: Jadi Hari Patah Hati Sedunia, Pevita Pearce Umumkan Menikah dengan Kekasihnya

Dalam podcast Denny Sumargo, Agus Salim beserta keluarganya menyatakan bahwa uang donasi yang dikumpulkan memang digunakan untuk melunasi hutang-hutang keluarga. Bahkan, Wulan mengetahui hal tersebut tetapi tidak diberitahukan kepada Novi Pratiwi.

Pantauan terbaru Sukabumiupdate.com pada Senin (21/10/2024), Agus Salim yang tidak terima disebut menyelewengkan dana donasi melaporkan Novi Pratiwi ke polisi dan ditemani oleh pengacara Farhat Abbas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi21 Oktober 2024, 18:44 WIB

Dari Aktivis ke Jajaway, Jejak Bung Jalil Abdillah di Parlemen Sukabumi

Jalil Abdillah, S.IP, adalah anggota DPRD Kabupaten Sukabumi. Pria kelahiran Cianjur 14 September 1979 itu setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Cianjur, kemudian pendidikan menengah di Kota Sukabumi.
Jalil Abdillah, S.IP, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Demokrat | Foto : Dok. Sukabumi Update
Life21 Oktober 2024, 18:00 WIB

Bacalah 3 Doa Ini Agar Kamu Terlindung dari Orang Zalim, Yuk Amalkan

Orang yang zalim adalah individu yang melakukan tindakan ketidakadilan, kekejaman, atau penyalahgunaan kekuasaan terhadap orang lain.
Ilustrasi . Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri (Sumber : Freepik).
Sukabumi21 Oktober 2024, 17:16 WIB

Kurir di Sukabumi Jadi Korban Pencurian, Motor dan Sekarung Paket Raib

Berikut kronologi motor dan sekarung paket dicuri saat kurir mengantarkan paket ke konsumen di Sukaraja Sukabumi, Minggu (20/10/2024).
Polisi menunjukan lokasi Asep memarkirkan sepeda motor beserta sekarung paket barang yang hilang dicuri di Sukaraja Sukabumi, Minggu (20/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Musik21 Oktober 2024, 17:00 WIB

Ciptaan Liam Payne, Ini Lirik Terjemahan Lagu Story of My Life One Direction

Singel Story of My Life mengisahkan perjuangan mengejar seorang gadis yang berpura-pura "susah didekati". Namun kini, banyak penggemar yang mengaitkan lagu ini dengan potongan video Liam Payne semasa hidupnya.
Official Video Story of My Life One Direction, Lagu yang Diciptakan Mendiang Liam Payne. YouTube/@OneDirection
Figur21 Oktober 2024, 16:53 WIB

Fajar Riza Ul Haq, Pria Kelahiran Sukabumi yang Jadi Wakil Menteri Dikdasmen di Kabinet Presiden Prabowo

Fajar Riza Ul Haq, Pria kelahiran Sukabumi yang jadi calon Wakil Menteri di Kabinet Prabowo.
Fajar Riza Ul Haq, Pria kelahiran Sukabumi yang jadi calon Wakil Menteri di Kabinet Prabowo. (Sumber : Screenshot YouTube/Sekretariat Presiden).
Sukabumi21 Oktober 2024, 16:42 WIB

Tawuran di Lapang Merdeka Sukabumi, Pelajar Bersajam Diamankan

Tawuran bersajam antarpelajar SMK pecah di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Satu pelajar berhasil diamankan.
Satu pelajar saat diamankan oleh Petugas Satpol-PP Kota Sukabumi berikut senjata tajam, Senin (21/10/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Entertainment21 Oktober 2024, 16:30 WIB

Heboh Agus Salim, Korban Penyiraman Air Keras Gunakan Donasi Pengobatan untuk Bayar Hutang

Nama Agus Salim sedang ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial, terutama X. Karena diduga telah menyelewengkan uang donasi untuk pengobatannya.
Agus Salim, Korban Penyiraman Air Keras Diduga Menyelewengkan Dana Donasi Rp.1,5 Milliar (Sumber : Youtube | Denny Sumargo)
Entertainment21 Oktober 2024, 16:30 WIB

Kate Cassidy Merasa Sedang Bermimpi Ditinggal Oleh Liam Payne Untuk Selamanya

Kabar meninggalnya Liam Payne sangat mengejutkan banyak orang, termasuk Kate Cassidy yang merupakan kekasih dari mantan anggota grup One Direction itu.
Kate Cassidy Merasa Sedang Bermimpi Ditinggal Oleh Liam Payne Untuk Selamanya (Sumber : Instagram/@katecass)
Food & Travel21 Oktober 2024, 16:15 WIB

Yamin Bicara Pengembangan Potensi Kopi di Desa Wisata Gunung Endut Sukabumi

Yamin menilai potensi di Desa Gunung Endut sangat baik, apalagi ketika ada kerja sama dengan pihak desa tentang tata cara pengelolaan yang baik.
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat A Yamin saat sosialisasi Perda Wisata kepada warga Desa Gunung Endut Kalapanunggal Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Oktober 2024, 16:00 WIB

Mulai Dijual Hari Ini, Berikut Harga Tiket Fan Meeting Lisa BLACKPINK di Jakarta

Lisa BLACKPINK akan menggelar fan meeting pertamanya di Indonesia pada Jumat, 15 November 2024 mendatang di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta.
Mulai Dijual Hari Ini, Berikut Harga Tiket Fan Meeting Lisa BLACKPINK di Jakarta | Sumber: Instagram /@lalalisa_m