Menjelang Persidangan, Kasus Sean 'Diddy' Combs Dialihkan ke Hakim Baru

Minggu 06 Oktober 2024, 16:00 WIB
Menjelang Persidangan, Kasus Sean 'Diddy' Combs Dialihkan ke Hakim Baru (Sumber : Istimewa)

Menjelang Persidangan, Kasus Sean 'Diddy' Combs Dialihkan ke Hakim Baru (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang persidangan yang melibatkan Sean ‘Diddy’ Combs, seorang hakim baru diumumkan untuk memimpin kasus dugaan perdagangan seks yang dilakukan oleh rapper pemilik Bad Boy Entertainment itu.

Seperti diketahui, Sean ‘Diddy’ Combs ditangkap oleh Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat atau FBI terkait dugaan perdagangan seks dan kekerasan seksual pada Senin, 16 September 2024 lalu.

Selain itu, ia juga digugat oleh sejumlah kasus seperti pemerasan, perdagangan seks, pelecehan seksual, narkoba, hingga penjualan rekaman seks secara ilegal. Rapper yang akrab disapa P Diddy atau Diddy ditahan sampai persidangan tiba.

Kasus Sean ‘Diddy’ Combs menjadi sorotan publik hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. Bahkan, muncul beberapa spekulasi keterlibatan Diddy, Beyonce dan Jay Z terhadap sejumlah kematian penyanyi ternama seperti Aaliyah hingga Michael Jackson.

Baca Juga: Kasusnya Menjadi Sorotan, Berikut 12 Gugatan yang Diajukan pada Sean Diddy Combs

Menghimpun dari Tempo.co, Hakim Distrik Amerika Serikat, Arun Subramanian, ditunjuk untuk menangani perkara tersebut pada Kamis, 4 Oktober 2024. Penunjukan ini muncul tanpa penjelasan resmi terkait pengunduran diri Hakim Andrew L. Carter, Jr., yang sebelumnya memimpin kasus tersebut.

Kabar ini dikonfirmasi oleh jurnalis hukum Meghann Cuniff, melalui sebuah cuitan di X, yang dikutip dari Tempo.co pada Minggu, (6/10/2024). "Hakim baru telah ditunjuk untuk kasus kriminal Sean ‘Diddy’ Combs. Hari ini, kasus tersebut dipindahkan ke Hakim Distrik Amerika Serikat, Arun Subramanian. Tidak ada penjelasan yang diberikan terkait pengunduran diri Hakim Andrew L. Carter Jr.,"

Spekulasi Pengunduran Diri Hakim Carter

Meghann juga mengutip cuitan reporter SDNY, Josh Russell, yang memberikan spekulasi alasan Hakim Carter mundur dari kasus ini. "Josh Russell melaporkan bahwa Hakim Carter sering mengundurkan diri dari kasus-kasus tertentu karena istrinya bekerja di Bank of New York dan sebelumnya di JP Morgan," tulis Meghann.

Faktor tersebut diduga bisa menjadi alasan pengunduran diri Carter, terutama jika terdakwa kriminal memiliki hubungan finansial dengan bank tersebut.

Baca Juga: Ada Mariah Carey hingga Beyonce, Daftar Artis Hollywood yang Diduga Ikut Pesta Sean 'Diddy' Combs

Pengajuan Pembebasan Bersyarat P Diddy

Marc Agnifilio kini dipercaya oleh P Diddy sebagai salah satu pengacara untuk membelanya dalam kasus ini. Dalam sidang pembebasan bersyarat pada 18 September lalu, Hakim Carter juga menawarkan opsi kepada pihak pembela untuk menetapkan tanggal sidang.

"Apa yang ingin Anda lakukan saat ini? Apakah Anda ingin menetapkan tanggal persidangan?,” ujar Hakim Carter. Namun ia berkata akan mengalihkan kepada hakim lain jika tak bisa menetukan tanggal sidang.

“Saya bisa menetapkannya, dan jika saya tidak bisa mengadilinya, saya akan mencari rekan yang bisa," ujar Hakim Carter. Agnifilio hanya menanggapi dengan singkat, "Saya mengerti."

Kini, di bawah Hakim Subramanian, P Diddy mungkin memiliki peluang untuk mengajukan permohonan jaminan untuk ketiga kalinya. Sebelumnya, dua permohonan jaminan Diddy ditolak oleh hakim berbeda, termasuk Carter sendiri, dengan alasan risiko intimidasi terhadap saksi.

Hakim Subramanian Juga Tangani Kasus DOJ Ticketmaster

Arun Subramanian adalah hakim yang saat ini juga menangani gugatan antimonopoli Departemen Kehakiman (DOJ) Amerika Serikat terhadap Ticketmaster. Kasus yang diajukan DOJ sejak Mei 2024 ini bertujuan untuk membubarkan perusahaan raksasa konser tersebut.

Meskipun kasus Ticketmaster diperkirakan baru akan masuk tahap persidangan pada 2026, Hakim Subramanian saat ini tetap disibukkan dengan proses pra-persidangan yang rumit.

Baca Juga: Sean 'Diddy' Combs Hadapi Gugatan ke-11 Terkait Jual Rekaman Kekerasan Seksual

Sidang lanjutan P Diddy dijadwalkan berlangsung pekan depan, Rabu, 9 Oktober 2024. Namun pengacara Diddy, Anthony Ricco, belum mengkonfirmasi apakah mereka akan mencoba mengajukan permohonan jaminan lagi. Hingga saat ini, Diddy ditahan di Pusat Penahanan Metropolitan Brooklyn, New York, untuk menunggu proses hukum lebih lanjut.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment06 Oktober 2024, 18:00 WIB

Member ada Dipinggir, Foto Nagita Slavina bersama 2NE1 Menuai Kritikan

Nagita Slavina tengah mendapat kritikan dari penggemar 2NE1 yang disebut Blackjack begitu mengunggah foto dirinya bersama keempat member girl grup YG Entertainment usai konser.
Member ada Dipinggir, Foto Nagita Slavina bersama 2NE1 Menuai Kritikan (Sumber : Instagram/@xolovelyayana)
Science06 Oktober 2024, 17:25 WIB

Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak? Ini Jawabannya

Berikut penjelasan teknis dari PT KAI terkait alasan mengapa kereta api tidak bisa berhenti mendadak.
PT KAI jelaskan alasan mengapa kereta api tidak bisa berhenti mendadak. (Sumber Foto: Ilustrasi/PT KAI)
Musik06 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andiri, Kisah Pilu Pasangan Kekasih yang Harus Berpisah

Sukses dengan lagu Kupu-Kupu, Tiara Andiri kembali merilis single terbaru berjudul Bukan Untukku yang dirilis pada Jumat, 4 September 2024.
Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andiri, Kisah Pilu Pasangan Kekasih yang Harus Berpisah (Sumber : Youtube | Tiara Andini)
Sukabumi06 Oktober 2024, 16:47 WIB

Diduga Lecehkan 6 Santriwati, Pengurus Yayasan di Curugkembar Sukabumi Dipolisikan

Modus pelecehan seksual 6 santriwati di Curugkembar Sukabumi ini dengan dalih membersihkan badan korban dari gangguan siluman.
(Foto Ilustrasi) Enam santriwati di Curugkembar Sukabumi diduga jadi korban pelecehan seksual oknum pengurus yayasan Ponpes. | Foto: Pixabay
Entertainment06 Oktober 2024, 16:00 WIB

Menjelang Persidangan, Kasus Sean 'Diddy' Combs Dialihkan ke Hakim Baru

Menjelang persidangan yang melibatkan Sean ‘Diddy’ Combs, seorang hakim baru diumumkan untuk memimpin kasus dugaan perdagangan seks yang dilakukan oleh rapper pemilik Bad Boy Entertainment itu.
Menjelang Persidangan, Kasus Sean 'Diddy' Combs Dialihkan ke Hakim Baru (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:45 WIB

Jalan Sehat di Nagrak Sukabumi, Cagub Jeje Pastikan Isu Kesehatan & Pendidikan Jadi Perhatian

Jeje Wiradinata menyebut bahwa kedua isu akan jadi perhatian serius dengan pemerintah Sukabumi jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat.
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata saat mengikuti jalan sehat di Lapangan Sepak Bola Sangkuriang Jelegong, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (6/10/2024). (Sumber Foto: SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:26 WIB

Mulai di Karamat! Merangkul Sukabumi Bagi Susu hingga Internet Gratis, Juga Kenalkan Program Fahmi-Dida

Merangkul Warga edisi Karamat dilaksanakan di wilayah RW 04.
Kegiatan Merangkul Warga di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Sabtu, 5 Oktober 2024. | Foto: Tim Fahmi-Dida
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:04 WIB

Dukung Pemekaran Sukabumi Utara Demi Kesejahteraan Rakyat, Cagub Jeje: Terbukti di Pangandaran

Kampanye di Nagrak, Cagub Jabar nomor urut 2 Jeje Wiradinata dukung pemekaran Sukabumi Utara, siap jadi pengampu jika resmi dimekarkan.
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata saat berkampanye di Lapangan Sepak Bola Sangkuriang Jelegong, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (6/10/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment06 Oktober 2024, 15:00 WIB

Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen

Nama Gus Zizan saat ini tengah menjadi sorotan netizen usai ia memposting foto dirinya yang menikah dengan influencer, Kamila Asy Syifa di instagram pada Jumat, 4 Oktober 2024.
Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen (Sumber : Instagram/@zannnsrn)
Nasional06 Oktober 2024, 14:07 WIB

Alasan Pemindahan ASN ke IKN Kembali Ditunda: Jokowi Minta Semua Perkantoran dan Hunian Siap

Menteri Basuki beberkan alasan pemindahan ASN ke IKN pada September ditunda lagi. Presiden Jokowi minta semua perkantoran dan hunian siap.
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan terkait perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), kepada media usai meresmikan Flyover Djuanda, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat (06/09/2024). (Sumber Foto : Setkab.go.id)