YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati

Rabu 25 September 2024, 09:53 WIB
YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati | Foto : YouTube/@Indosiar

YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati | Foto : YouTube/@Indosiar

SUKABUMIUPDATE.com - Yudha Arfandi atau YA, terdakwa kasus kematian Dante, anak dari artis dalam negeri Tamara Tyasmara dituntut hukuman mati. Tuntutan dalam kasus Dante itu dibacakan oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Senin, 23 September 2024.

Tuntutan dalam kasus Dante dibacakan oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Senin, 23 September 2024 | Foto : YouTube/@IndosiarTuntutan dalam kasus Dante dibacakan oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Senin, 23 September 2024 | Foto : YouTube/@Indosiar

YA sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kematian Raden Andante Khalif Pramudityo di kolam renang Tirtamas Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu, 28 Februari 2024. Dari rekonstruksi Polda Metro Jaya

JPU menuntut hukuman mati karena kejahatan YA terhadap alm. Dante dianggap "tidak manusiawi." Selain itu, YA juga dinilai tidak menunjukkan penyesalan atau pengakuan atas perbuatannya, seperti dikutip dari Tempo.co.

JPU turut mengungkap bahwa YA kerap memberikan keterangan berbelit-belit selama persidangan. Tindakannya juga disebut telah menyebabkan penderitaan mendalam bagi keluarga korban.

Baca Juga: Pelajar di Sukabumi Bacok Polisi yang Bubarkan Tawuran, 11 Pelaku Diringkus 2 DPO

Tersangka Kasus Kematian Dante Dijerat Pasal Berlapis

YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara di Persidangan | Foto : YouTube/@IndosiarYA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara di Persidangan | Foto : YouTube/@Indosiar

Tim Polda Metro Jaya sebelumnya telah menetapkan Yudha Arfandi, alias YA, sebagai tersangka dalam kematian Raden Andante Khalif Pramudityo, atau lebih dikenal sebagai Dante (6). Korban merupakan anak dari aktris FTV Tamara Tyasmara.

YA didakwa dengan pasal kekerasan terhadap anak, pembunuhan berencana, dan kelalaian yang menyebabkan kematian.

"Tersangka YA dijerat dengan pasal 76C Jo Pasal 80 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 340 KUHP dan atau Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 359 KUHP, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Jakarta, Jumat, 9 Februari 2024 lalu.

Ade Ary mengatakan, kepolisian menetapkan pasal berlapis setelah gelar perkara oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 8 Februari 2024. YA dihadapkan pada ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup, atau pidana penjara maksimal dua puluh tahun.

Baca Juga: Viral Suporter Persib vs Persija Ricuh, Ini 5 Catatan Perdamaian Viking - The Jak

Rekonstruksi Kematian Dante

Rekonstruksi terkait kematian Raden Andante Khalif Pramudityo, atau Dante, anak dari aktris Tamara Tyasmara, digelar pada Rabu siang, 28 Februari 2024.

Rekonstruksi yang digelar oleh Penyidik Jatanras Polda Metro Jaya itu dilakukan di dua lokasi, yaitu Polda Metro Jaya dan kolam renang Palem Tirta Mas, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Ketika YA menenggelamkan Dante sebanyak 12 kali di kolam renang, Wira mengatakan setidaknya ada 69 adegan rekonstruksi.

“Jadi total adegan yang kami laksanakan sebanyak 115,” kata Wira di Kolam Renang Tirta Mas, Jakarta Timur, dikutip via Tempo, Rabu (25/9/2024).

Berdasarkan hasil rekonstruksi, tersangka Yudha Arfandi sempat melihat ke kanan dan kiri sebelum menenggelamkan Dante. YA juga terlihat memindahkan posisinya dari tepi kolam menuju bagian tengah bersama Dante serta tampak menengok ke kanan dan kiri.

Menurut adegan rekonstruksi, setelah Dante kehilangan kesadaran, tersangka YA menekan dada korban dengan kedua tangannya.

Sartono, salah seorang saksi, kemudian datang untuk memberikan bantuan. Saksi menggendong korban sendirian ke mobil, dan membawa Dante ke rumah sakit, diikuti oleh YA dan saksi lainnya.

SUMBER: TEMPO.CO | SUKMA KANTHI NURANI | ADVIST KHOIRUNIKMAH

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel25 September 2024, 13:00 WIB

HTM Cuma Rp5 Ribu, Curug Munding Lebak Banten Destinasi Wisata Liburan Murah Meriah

Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan.
Curug Munding, yang terletak di Lebak, Banten, merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi pecinta alam dan wisata petualangan. (Sumber : Facebook/@msaroni11/2@Wow Banten).
Food & Travel25 September 2024, 12:30 WIB

Patilasan Prabu Siliwangi, Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

Selain populer sebagai piramida tertua di dunia yang mengalahkan Piramida Giza di Mesir, Gunung Padang identik dengan Patilasan Prabu Siliwangi di zaman prasejarah.
Disebut Piramida Tertua Di Dunia, Ini Patilasan Prabu Siliwangi di Gunung Padang Cianjur. Foto: YouTube/ESGE Enterntainment
Bola25 September 2024, 12:00 WIB

Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter, Bakal Kena Sanksi?

PT LIB berencana hari ini Rabu (25/09/2024) akan memanggil Manajemen dan Panpel Persib terkait kerusuhan suporter.
Ilustrasi - Manajemen dan Panpel Persib Dipanggil LIB Imbas Kerusuhan Suporter Pukuli Steward. | (Sumber : persib.co.id)
Nasional25 September 2024, 11:58 WIB

Tito Sebut Banyak Tenaga Honorer Pemda Titipan Timses, Anggaran Daerah Jadi Bengkak

Pemda perlu memotong model rekrutmen pegawai semacam ini.
(Foto Ilustrasi) Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyebut banyak pegawai honorer di daerah yang merupakan titipan timses. | Foto: Shutterstock
Entertainment25 September 2024, 11:30 WIB

Permohonan Cerai Andre Taulany kepada Rien Wartia Trigina Ditolak, Ini Alasannya

Majelis hakim pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten, menolak permohonan talak cerai dari komedian Andre Taulany kepada istrinya, Rien Wartia Trigina atau Erin.
Majelis hakim pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten, menolak permohonan talak cerai dari komedian Andre Taulany kepada istrinya, Rien Wartia Trigina atau Erin (Sumber : Instagram/@erintaulany)
Sukabumi Memilih25 September 2024, 10:30 WIB

Simak Ancamannya, Mendagri Wanti-wanti Kades yang Tak Netral di Pilkada 2024

Tito telah mengimbau berkali-kali agar kades tetap netral selama Pilkada 2024.
(Foto Ilustrasi) Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengatakan temuan pelanggaran kades yang tidak netral selama Pilkada 2024 dapat dilaporkan ke Bawaslu. | Foto: Istimewa
Food & Travel25 September 2024, 10:08 WIB

Melihat Batuan Unik di Balik Aliran Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi

Lokasi Curug Cimarinjung tidak terlalu jauh dari Pantai Palangpang.
Kondisi Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Fashion25 September 2024, 10:00 WIB

5 Tips Padu Padan Sepatu Boots Wanita Agar Terlihat Modis dan Stylish

Dengan pemilihan yang tepat, boots bisa menjadi statement fashion item yang versatile untuk berbagai acara.
Ilustrasi - Dengan pemilihan yang tepat, boots bisa menjadi statement fashion item yang versatile untuk berbagai acara. (Sumber : Freepik.com/@bristekjegor).
Entertainment25 September 2024, 09:53 WIB

YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati

Yudha Arfandi alias YA dituntut Hukuman Mati, dalam kasus kematian Raden Andante Khalif Pramudityo, atau lebih dikenal sebagai Dante (6), anak dari aktris FTV Tamara Tyasmara.
YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati | Foto : YouTube/@Indosiar
Nasional25 September 2024, 09:05 WIB

79 Anggota DPR 2024-2029 Terafiliasi Dinasti Politik, Jawa Barat Terbanyak

Rata-rata para caleg terpilih ini terhubung melalui relasi orang tua dengan anak.
Suasana Rapat Paripurna DPR RI. | Foto: YouTube TV Parlemen