Fanny Soegi Bongkar Permasalahan dengan Soegi Bornean Soal Royalti Lagu Asmalibrasi

Senin 09 September 2024, 16:45 WIB
Fanny Soegi Bongkar Permasalahan dengan Soegi Bornean Soal Royalti Lagu Asmalibrasi (Sumber : Instagram/@fannysoegi)

Fanny Soegi Bongkar Permasalahan dengan Soegi Bornean Soal Royalti Lagu Asmalibrasi (Sumber : Instagram/@fannysoegi)

SUKABUMIUPDATE.com - Penyanyi lagu Asmalibrasi, Fanny Soegi secara mengejutkan membongkar berbagai permasalahan yang terjadi dengan mantan grup bandnya, yakni Soegi Bornean.

Salah satu masalah yang diungkap oleh penyanyi bernama asli Fanny Soegiarto yaitu tentang pencipta lagu Asmalibrasi yang tidak mendapatkan royalti sampai harus pinjam uang untuk membayar biaya sekolah anaknya.

Padahal royalti dari lagu Asmalibrasi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Apalagi hingga saat ini lagu tersebut masih sering diputar di beberapa tempat, salah satunya kafe. Melalui akun X pribadinya pada Minggu, 8 September 2024, Fanny menyampaikan kegeramannya akan hal tersebut.

Baca Juga: Mengenang Puput Novel: Penyanyi Cilik Era 80-an yang Dikenal Berbakat

Menghimpun dari Tempo.co, Fanny yang mengumumkan mundur dari Soegi Bornean pada 1 Maret 2024, sepertinya sudah lama memendam kemarahannya dan baru hari ini disampaikan kepada publik.

"Bayangin aja, lagu Asma ini yang kalian denger di mana-mana, penciptanya sampai minjem uang untuk bayar sekolah anaknya. Nominal dari royalti lagu ini nggak main-main, setengah Milyar lebih ada, tapi justru orang-orang yang nggak punya hak dapat paling banyak dan nggak transparan," tulis Fanny di Twitter/X yang dikutip dari Tempo.co, pada Senin (9/9/2024)

Fanny Soegi Singgung Sikap Band yang Serakah dan Diancam

Fanny merasa prihatin dengan pencipta lagu 'Asmalibrasi' yang diduga tidak mendapatkan hak atas karyanya. Sampai hari ini, video musik 'Asmalibrasi' yang dirilis pada 2019 itu telah disaksikan lebih 80 juta kali di YouTube Soegi Bornean dan masih terus bertambah. Seperti yang disampaikan Fanny, royalti dari lagu tersebut cukup tinggi, mengingat 'Asmalibrasi' sangat viral hingga membuat nama Soegi Bornean semakin dikenal banyak orang.

"Orang-orang yang nggak berhak bisa beli 2 mobil sekaligus, gitar mahal, foya-foya. Sedangkan pencipta lagu Asma masih ngontrak di Jogja, mana atapnya jebol lagi," tulis Fanny. "Bukan nominal yang ku garis bawahi, tapi nurani kalian. Band-band-an kok serakah, nggak keren blas."

Baca Juga: Artis Cilik Puput Novel Meninggal Dunia, Sempat Berjuang Lawan Kanker

Lebih lanjut, Fanny mengaku sempat mendapatkan ancaman ketika hendak membeberkan permasalahan ini ke publik. Namun, Fanny tidak peduli dengan tekanan tersebut dan memilih menyuarakan keadilan.

"Aku masih inget banget ketika aku mau bersuara tentang ini, ada cletukan 'Fanny lupa toh kalau di belakangku ini orang-orang penting?' Iya aku tau kalian jurnalis, meskipun aku sendirian, aku nggak takut, aku masih berpegang teguh rasa adil," tulis Fanny yang kini memilih bersolo karier.

Pencipta Lagu Asmalibrasi Berterima Kasih ke Fanny Soegi

Fanny memang tidak secara terang-terangan menyebut nama pecipta lagu 'Asmalibrasi' yang ia bela. Tetapi seperti yang sudah diketahui salah satu pencipta lagu 'Asmalibrasi' adalah Dhimas Tirta Franata atau Dimec Tirta. Dalam unggahannya, Dimec Tirta mengucapkan terima kasih dan memberikan semangat kepada Fanny.

"Doa terbaik untukmu onty, terima kasih terdalam dari Jeje, memo dan pepo - tumbuhlah tumbuh-," tulis Dimec Tirta di Instagram Story pada Ahad, 8 September 2024. Tulisan itu seolah diungkapkan oleh anak Dimec Tirta kepada Fanny yang ada di foto unggahan tersebut.

Baca Juga: Ruri Repvblik Mengalami Kecelakaan Tunggal, Sang Istri Bagikan Kondisi Saat Ini

Soegi Bornean merupakan grup musik indie pop atau musik folk yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah. Grup ini terbentuk pada April 2019 dengan tiga anggota, yaitu Fanny Soegi (vokalis), Aditya Ilyas (gitaris), dan Damar Komar (gitaris). Bagas Prasetyo menggantikan Damar Komar yang hengkang pada 2021. Kemudian, Fanny dan Bagas memutuskan keluar dari Soegi Bornean tahun ini.

Hanya tersisa Aditya Ilyas sebagai satu-satunya personel asli Soegi Bornean. Pada April 2024, grup band tersebut menyambut dua anggota baru untuk menggantikan yang terdahulu. Mereka adalah Sadhvika Vraspati (vokalis) dan Sunyi Ruri (gitaris).

Fanny Soegi kini telah beralih menjadi solois. Hubungan Fanny dengan mantan anggota Soegi Bornean lainnya juga baik-baik saja. Ia sekarang aktif manggung diiringi oleh Bagas dan Damar. Mereka tetap tampil dengan formasi band, namun di bawah nama Fanny Soegi.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan17 September 2024, 10:30 WIB

7 Tips Make Up yang Bisa Mempertahankan Contour Wajah, No 6 Sering Diabaikan

Sering Diabaikan, Setting spray bisa membantu mengunci semua lapisan makeup, termasuk contour, dan mencegah makeup bergeser atau luntur.
Ilustrasi. Make Up | Setelah mengaplikasikan contour krim, gunakan powder contour untuk mengunci dan mempertahankan bentuk. (Sumber : pixabay.com/@Ichigo121212)
Keuangan17 September 2024, 10:23 WIB

Analis Bilang Tahun Depan Bangun Rumah Sendiri Kena Pajak 2 Kali

Membangun rumah dikenai pajak oleh pemerintah sudah diatur sejak 1994.
(Foto Ilustrasi) Analis menyoroti PPN atas KMS memungkinkan terutang PPN saat membeli material. | Foto: Istimewa
Life17 September 2024, 10:00 WIB

Stres yang Berkepanjangan, 10 Ciri Orang yang Rentan Terkena Kesehatan Mental

Orang yang rentan mengalami masalah kesehatan mental biasanya menunjukkan beberapa ciri atau faktor risiko yang berkaitan dengan kondisi emosional, sosial, dan fisik.
Ilustrasi. Orang yang rentan mengalami masalah kesehatan mental biasanya menunjukkan beberapa ciri atau faktor risiko yang berkaitan dengan kondisi emosional, sosial, dan fisik. | Foto: Unplash
Sukabumi Memilih17 September 2024, 09:52 WIB

Kader Partai Dukung Iyos-Zainul di Pilkada Sukabumi, Golkar Curiga Ada Pihak yang Memecah

Kader Golkar Palabuhanratu menyatakan dukungan mereka secara terbuka.
Tangkapan layar video deklarasi dukungan kader Partai Golkar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, untuk Iyos Somantri-Zainul. | Foto: Istimewa
Arena17 September 2024, 09:37 WIB

Update 17/9: Top 5 Klasemen Sementara PON XXI Aceh Sumut 2024

Hingga Selasa (17/9/2024), Kontingen Jawa Barat telah mengumpulkan total 341 medali dalam ajang kompetisi olahraga PON XXI Aceh Sumut.
Klasemen Sementara, Urutan 5 Besar Perolehan Medali PON XXI Aceh Sumut 2024 (Sumber : Ist) (Sumber : Ist)
Sehat17 September 2024, 09:00 WIB

Bisa Bikin Wajah Glowing? 7 Buah yang Bagus untuk Kulit Wajah

Beberapa buah yang bagus untuk kulit wajah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung kesehatan kulit.
Ilustrasi - Beberapa buah yang bagus untuk kulit wajah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung kesehatan kulit. (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock)
Science17 September 2024, 08:57 WIB

BRIN: Situs Gunung Padang Diduga Pernah Dipakai untuk Pengamatan Astronomi

Informasi musim hujan ini bisa diperoleh dari tanda-tanda di langit.
Situs megalitikum Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat. | Foto: disparbud.jabarprov.go.id
Inspirasi17 September 2024, 08:30 WIB

Info Magang Lulusan SMA di Perusahaan Makanan Wilayah Jakarta

Info Magang Lulusan SMA di Perusahaan Makanan Wilayah Jakarta, dibuka untuk posisi Administration Support Staff.
Ilustrasi. Info Magang Admin Lulusan SMA di Perusahaan Makanan Wilayah Jakarta (Sumber : Freepik/@jcomp)
Kecantikan17 September 2024, 08:00 WIB

9 Manfaat Highlighter untuk Make Up, Bantu Wajah Terlihat Glowing Alami!

Glowing! Highlighter memiliki peran penting dalam makeup wajah, karena mampu memberikan efek tertentu yang meningkatkan penampilan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Highlighter untuk Makeup (Sumber : Freepik/@freepik)
Life17 September 2024, 07:00 WIB

13 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Harga Diri Meningkat

Dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baik ini, kita bisa secara bertahap meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri, yang berdampak positif pada kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Harga Diri Meningkat (Sumber : Pixabay/Rodrigo Salomón Cañas)