Ada Gita KDI hingga Bobby Maulana, Berikut Artis yang Maju Pilkada 2024

Minggu 08 September 2024, 18:00 WIB
Ada Gita KDI hingga Bobby Maulana, Berikut Artis yang Maju Pilkada 2024 (Sumber : Istimewa)

Ada Gita KDI hingga Bobby Maulana, Berikut Artis yang Maju Pilkada 2024 (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah artis dan publik figur lainnya turut ikut serta meramaikan pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024, yang akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024 nanti.

Beberapa di antara mereka ada yang mencalonkan diri sebagai Calon Bupati, Calon Wakil Bupati, Calon Walikota, Calon Wakil Walikota, Calon Gubernur, hingga menjadi Calon Wakil Gubernur, yang diusung dari berbagai partai.

Bahkan, mereka telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah bersama pasangannya masing-masing, ketika pendaftaran dibuka. Padahal para deretan artis ini memiliki popularitas di Indonesia, tapi memutuskan untuk terjun ke dunia politik sebagai calon kepala daerah.

Baca Juga: Jadi Pengganti Thoriqoh, Nisya Ahmad Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPRD Jawa Barat

Lalu, siapa sajakah artis yang maju ke Pilkada 2024? Berikut daftarnya yang dikutip dari Tempo.co.

1. Bobby Maulana

Artis sekaligus presenter Bobby Maulana resmi mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Wali Kota Sukabumi, bersama Ayep Zaki yang menjadi Calon Wali Kota Sukabumi. Pasangan calon yang disebut AYEUNA ini diusung oleh lima partai yakni Nasdem, Pan, PDIP, PPP dan Hanura.

Pasangan Ayep Zaki dan Bobby Maulana menjadi paslon pertama yang mendeklarasikan diri maju ke pemilihan Wali Kota Sukabumi. Ayep dan Bobby telah mendaftar ke KPU, pada Kamis, 29 Agustus 2024 lalu.

Ayep Zaki dan Bobby Maulana juga telah selesai melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD R Syamsudin SH, Sukabumi, dan keduanya dinyatakan layak lanjut ke tahap berikutnya bersama dua bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi lainnya.

2. Rano Karno

Pemain film Si Doel Anak Sekolahan, Rano Karno resmi mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur Jakarta. Dia mendampingi Pramono Anung yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pasangan itu pun telah mendaftarkan diri ke KPU Jakarta pada Rabu, 28 Agustus 2024.

3. Ronal Surapradja

Komedian sekaligus penyiar, Ronal Surapradja diusung PDIP sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Dia diduetkan bersama mantan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata. Adapun pasangan Jeje-Ronal mendaftar ke KPU Jawa Barat di menit-menit akhir pendaftaran calon kepala daerah, yakni Kamis malam, 29 Agustus 2024 pukul 23.30 WIB.

4. Gilang Dirga

Presenter Gilang Dirgahari atau yang lebih dikenal sebagai Gilang Dirga mendampingi Didik Agus Triwiyono dalam Pemilihan Bupati atau Pilbup Kabupaten Bandung Barat 2024. Dia mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga: Satu di Jabar, Daftar 41 Wilayah yang Punya Calon Tunggal di Pilkada 2024

5. Kris Dayanti

Diva Indonesia ini telah melenggang di banyak panggung. Kini, Kris Dayanti atau KD akan maju di Pilkada 2024 sebagai kader dari PDI Perjuangan. KD mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Kepala Daerah Kota Batu, Jawa Timur. Menurut Koordinator Relawan KD, Yani Andoko, keputusannya mewakili mengambil formulir pendaftaran lantaran yakin terhadap kemampuan dan komitmen KD membawa perubahan positif berdasarkan permintaan masyarakat Kota Batu.

“Kami percaya bahwa Kris Dayanti adalah sosok yang memiliki visi dan dedikasi untuk memajukan Kota Batu ke arah yang lebih baik. Melalui kepemimpinan Kris Dayanti, kami yakin Kota Batu akan semakin maju dan berkembang,” kata Yani.

6. Vicky Shu

Model dan penyanyi Vicky Veranita Yudhasoka Shu atau yang akrab disapa Vicky Shu turut meramaikan Pilkada 2024. Dia memastikan diri maju sebagai Calon Wakil Bupati Cilacap, mendampingi Awaluddin Muuri. Pasangan ini diusung oleh Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Garuda.

7. Ali Syakieb

Aktor Ali Syakieb akan mendampingi Dadang Supriatna dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Bandung Barat. Pasangan Dadang-Ali ini diusung oleh PKB, NasDem, Gerindra, Demokrat, dan PDIP. Mereka juga telah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Bandung Barat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

8. Sahrul Gunawan

Aktor yang dikenal karena perannya dalam film Jin dan Jun ini akan kembali maju dalam Pilbup Bandung. Sebelumnya, Sahrul pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung, mendampingi Dadang Supriatna. Kini, dia mencalonkan diri sebagai Calon Bupati bersama wakilnya, Gun Gun Gunawan. Pasangan Sahrul-Gun Gun ini diusung oleh Partai Golkar, PKS, PPP, Hanura, Partai Ummat, dan Partai Garuda.

Baca Juga: Tiga Bapaslon Lolos Tes Kesehatan, Dinyatakan Layak Ikut Pilkada Kota Sukabumi 2024

9. Lucky Hakim

Figur publik yang juga merupakan kader Partai NasDem ini mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Indramayu bersama Syaefudin. Namun, pasangan ini diusung oleh Partai Golkar dan PKS. Mereka pun telah melakukan pendaftaran ke KPU Indramayu pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Sebelumnya, Lucky Hakim adalah mantan Wakil Bupati Indramayu, mendampingi Nina Agustina Da’i Bachtiar. Keduanya dilantik pada Februari 2021. Namun pada 2023, Lucky memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

10. Jeje Govinda

Ritchie Ismail atau Jeje Govinda mencalonkan diri sebagai calon Bupati Bandung Barat dalam Pilkada mendatang. Langkah politinyanya ini tidak lepas dari dukungan keluarga, terutama dari Raffi Ahmad, kakak ipar Jeje yang juga merupakan publik figur terkenal di Indonesia. Jeje adalah suami dari adik Raffi Ahmad, Syahnaz Sadiqah.

Sebelumnya, Jeje pernah mencoba peruntungannya sebagai calon legislatif DPR RI pada Pemilu 2024, tetapi dia gagal melenggang ke Senayan. Kali ini, Jeje maju sebagai calon bupati bersama Asep Ismail. Dia diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra.

11. Hengky Kurniawan

Pilbup Bandung Barat akan dihiasi oleh wajah-wajah artis Indonesia. Selain Gilang Dirga, Ali Syakieb, dan

Jeje Govinda, Hengky Kurniawan juga turut mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Kabupaten Bandung Barat. Didampingi oleh Ade Sudrajat, Hengky diusung oleh lima partai politik. mulai dari PDIP, NasDem, PPP, Perindo, hingga Partai Buruh.

Kontestasi ini merupakan kali kedua yang diikuti Hengky Kurniawan. Pada Pilkada 2018, Hengky berhasil memenangkan Pilbup Bandung Barat sebagai Wakil Bupati Aa Umbara. Kemudian dia naik jabatan sebagai Bupati Bandung Barat setelah Aa Umbara ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi Bansos Covid-19.

12. Gita KDI

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina atau Gita KDI sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat. Gita KDI adalah artis Indonesia jebolan kontes dangdut yang dihelat stasiun televisi swasta.

Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda mengatakan pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur tersebut adalah kader partainya. “Malam ini kami DPW PKB Jawa Barat mengantarkan kader-kader kami untuk berjuang, dua-duanya beliau Pak Acep masih sebagai anggota DPR dan Teh Gita sempat di DPR periode 2009-2014 dari PKB,” ucap Syaiful saat mendaftarkan Acep-Gita Ke KPU Jawa Barat, Kamis 29 Agustus.

Baca Juga: Cak Lontong Jadi Ketua, Daftar Artis yang Masuk Timses Pramono Anung-Rano Karno

13. Ramzi

Artis selanjutnya yang maju dalam Pilkada 2024 adalah Ramzi. Dia mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Bupati Cianjur, mendampingi Mohammad Wahyu. Kabar pencalonan diri Ramzi ini cukup mengejutkan publik. Presenter kenamaan Tanah Air tersebut tidak pernah mengumumkan akan maju dalam Pilkada 2024.

Sumber: Tempo.co | HAURA HAMIDAH | RACHEL FARAHDIBA REGAR | AHMAD FIKRI | ADINDA JASMINE PRASETYO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science17 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 17 September 2024, Langit Potensi Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 17 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 17 September 2024. | Foto: Pixabay
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)