Cumlaude VS Desimal, Viral Pelamar CPNS IPK 3,7 Terkendala di Laman SSCASN

Rabu 28 Agustus 2024, 14:00 WIB
Tangkapan layar curhatan viral Pelamar CPNS IPK 3,7 yang Terkendala di Laman SSCASN

Tangkapan layar curhatan viral Pelamar CPNS IPK 3,7 yang Terkendala di Laman SSCASN

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di media sosial curhatan salah satu pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024. Pelamar CPNS 2024 itu diketahui memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK 3,7.

Pelamar CPNS 2024 itu pun mendadak jadi bulan-bulanan di X. Ia viral hingga trending di X setelah sebuah postingan membagikan curhatan frustasinya saat memasukkan IPK 3,7 di laman pendaftaran online SSCASN milik BKN.

Jajaran top trends di media sosial X pada Rabu (28/8/2024) dengan cuitan Jajaran top trends di media sosial X pada Rabu (28/8/2024) dengan cuitan "IPK 3,7" mencapai 8.442 post.

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com, kata kunci "IPK 3,7" masih bertahan di jajaran top trends di media sosial X pada Rabu (28/8/2024) dengan cuitan lebih dari 8.400 post.

Diketahui IPK 3,7 termasuk kategori Cumlaude atau Dengan Pujian dalam skala nilai. Sebab, angka IPK tersebut berada di rentang lebih dari 3,5.

Baca Juga: Gempa Bumi Tektonik M3,4 Guncang Tasikmalaya Jawa Barat

Curhatan CPNS IPK 3,7 itu dibagikan oleh akun X @/kegblgnunfaedh. Keterangan postingan curhatan sang CPNS ini menyebut tidak heran dengan kualitas buruk orang yang pekerja di lingkup pemerintahan.

"Pantesan instansi pemerintah kita aneh-aneh isinya wkwk," tulis akun ini dalam cuitannya, dikutip via suara.com, Rabu (28/8/2024).

Dalam curhatan CPNS viral ini, ia tampak kebingungan saat memasukkan nilai IPK 3,7 miliknya di pendaftaran online SSCASN. Pelamar CPNS 2024 itu mengaku sudah memasukkan angka 3,70. Namun yang terbaca, justru hanya 3,7 tanpa ada angka 0 di belakangnya. 

Merasa sudah frustasi, pelamar CPNS ini akhirnya meminta pertolongan dengan mengunggah masalahnya di akun Facebook. Ia meminta bantuan teman-teman Facebook untuk memberi solusi bagaimana memasukkan IPK 3,70 bukan IPK 3,7.

"Bagian IPK awalnya saya tulis 3,70. Pas tadi saya cek lagi ternyata berubah jadi 3,7. Udah saya ubah beberapa kali, tapi tetap jadi 3,7. Solusinya bagaimana?" tanya CPNS IPK 3,7 ini.

Baca Juga: Natural Beauty Tips: Ini 15 Make Up Hacks untuk Remaja Perempuan

Alih-alih mendapatkan solusi, CPNS tersebut langsung menjadi bulan-bulanan warganet. Ia dikritik habis-habisan karena tidak bisa memahami hal basic seperti pembulatan bilangan desimal.

Tak sedikit warganet yang mempertanyakan bagaimana sosok itu bisa lulus kuliah, bahkan mau mendaftar sebagai CPNS. Saking terheran-herannya, warganet sampai tak habis pikir bagaimana CPNS itu mendapatkan IPK 3,7.

Curhatan CPNS IPK 3,7 Viral dan Trending di X

Curhatan CPNS IPK 3,7 Viral dan Trending di XCurhatan CPNS IPK 3,7 Viral dan Trending di X

Hingga berita ini ditayangkan pada Rabu (28/8/2024), kata kunci IPK 3,7 masih masuk trending topic di X. 

"IPK 3,7 tapi gak tahu cara nulis desimal," komentar warganet.

"CPNS yang digadang-gadang menjadi agen perubahan seperti ini? IPK 3,7? How?" cecar warganet.

"Gak usah daftar CPNS percuma, beban negara. Kok bisa kek dia ini IPK 3,7?" tambah yang lain.

"Bukan cuma soal CPNS, tapi soal pendidikan juga. Gimana ceritanya orang yang logika matematikanya gak jalan gini bisa dapet IPK 3,7?" tanya warganet.

Baca Juga: Heboh Megathrust, Riset Ungkap 2 Wilayah di Palabuhanratu Ini Tidak Terdampak Tsunami

Warganet pun menyinggung tentang desimal mengingat IPK 3,7 tergolong Cumlaude, yang mana seharusnya paham soal penggunaan angka.

"IPK bisa nyampai 3.7 kok masih gak paham bilangan desimal gitu deh, jadi selama ini dapet nilainya gimana coba?" warganet menambahkan.

"Ini ngerjain tugas dan skripsi pakai joki kah? Bisa dapat IPK segitu tapi pemahamannya setara anak sekolah dasar," kritik warganet.

"Kayaknya masa-masa sekarang IPK di atas 3,5 itu sudah lumrah ya. Yang benar-benar jenius mungkin IPK udah 4. Soalnya dulu-dulu kalau mau tembus IPK 3,5 kok rasa-rasanya itu sesuatu yang sangat sulit, meski terkadang belajar sudah sangat serius," curhat warganet lainnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan19 September 2024, 11:00 WIB

10 Manfaat Day Cream untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini

Day cream dengan kandungan anti-aging dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, sehingga kulit tampak lebih halus dan muda.
Ilustrasi. Manfaat Daycream untuk Perawatan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Jawa Barat19 September 2024, 10:46 WIB

BPBD Jabar: 2 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa Bandung, 700-an Warga Mengungsi

Kabupaten Bandung mengalami dampak kerusakan terbanyak.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Life19 September 2024, 10:00 WIB

Semua Orang Mau, Tapi Ini Langkahnya! 7 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin.
Ilustrasi - Menjadi kaya di usia muda adalah impian banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi dari strategi keuangan yang tepat, mindset, dan disiplin. (Sumber : pixabay.com/@ArbazKhan)
Jawa Barat19 September 2024, 09:53 WIB

Update Gempa Bandung, Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Penetapan status tanggap darurat dilakukan untuk mempermudah pemberian bantuan.
Kondisi kerusakan bangunan pasca-gempa bumi Bandung dan Garut. | Foto: Istimewa
Inspirasi19 September 2024, 09:52 WIB

Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Sukabumi 2024 (Sumber : Ist)
Food & Travel19 September 2024, 09:29 WIB

Cerita Warga Cisaat Rela ke Parungkuda Buat Jogging di Tol Bocimi Sukabumi

Deni biasanya berangkat dari rumah sekira pukul 05.30 WIB.
Suasana olahraga dan jogging di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)