Viral #KawalPutusanMK dan Isu Azizah Salsha, Fokus Warganet Terbagi Jadi Dua

Kamis 22 Agustus 2024, 09:53 WIB
Viral #KawalPutusanMK dan Isu Azizah Salsha, Fokus Warganet Terbagi Jadi Dua (Sumber : Ist)

Viral #KawalPutusanMK dan Isu Azizah Salsha, Fokus Warganet Terbagi Jadi Dua (Sumber : Ist)

SUKABUMIUPDATE.com - Tagar #KawalPutusanMK ramai dibicarakan warganet di media sosial Instagram hingga X. Banyak narasi menyebut tentang kekhawatiran rakyat terhadap konstitusi Negara Indonesia.

Tagar #KawalPutusanMK juga membuat siaran Siaran Peringatan Darurat Berlatar Biru Lambang Garuda atau Emergency Alert System (EAS) viral. Pasalnya, publik menyoroti bagaimana kelonggaran ambang batas pencalonan di Pilkada hanya untuk parpol non-parlemen. Hal ini karena adanya bahasan mengenai batas usia calon kepala daerah yang mengikuti putusan Mahkamah Agung (MA), bukan MK serta perubahan pada Pasal 40 usai adanya putusan MK.

Meski melek politik itu penting, faktanya era digital tak hanya memudahkan informasi tentang update konstitusi terkini. Faktanya, di waktu yang bersamaan isu perselingkuhan selebgram Azizah Salsha, istri pemain Timnas Pratama Arhan juga disorot publik.

Baca Juga: Profil Azizah Salsha, Istri Pratama Arhan yang Diduga Selingkuh dengan Salim Nauderer

Tersiar kabar bahwa Azizah Salsha selingkuh dengan mantan kekasih Rachel Vennya, Salim Nauderer. Meskipun kini isu miring tersebut sudah dibantah langsung oleh Putri Andre Rosiade itu. Azizah memberi klarifikasi melalui media sosial Instagrampribadinya, bahwa rumah tangga dirinya dengan sang suami, Pratama Arhan baik-baik saja.

Ya, saat ini publik tengah terbagi dua fokus yakni skandal perselingkuhan Azizah Salsha dan putusan MK yang berpotensi dianulir. Dua topik itu masuk jajaran trending di X hingga menuai amarah beberapa warganet. Namun banyak warganet berharap, publik khususnya generasi muda bisa lebih fokus terhadap putusan MK yang diinisiasi oleh tagar #KawalPutusanMK dibanding isu selebgram selingkuh.

"Gue tuh heran sama kita, generasi muda. Pas MK bikin putusan penting, malah sepi, nggak ada yang peduli. Tapi coba ada gosip seleb selingkuh, langsung rame dibahas! Apa kita emang lebih peduli sama yang bikin senyum getir daripada yang bikin nasib kita berubah?" tulis akun @/hallodms.

Namun, nyatanya, fokus publik masih tetap terbelah untuk dugaan perselingkuhan Azizah Salsha serta putusan MK yang berpotensi dianulir. Adapun berikut seputar dua topik yang tengah hangat di media sosial itu, sebagaimana merangkum via Suara.com:

Warganet Suarakan #KawalPutusanMK

Badan Legislatif (Baleg) DPR RI berencana melakukan Revisi UU Pilkada pada Rabu (21/8/2024) hari ini. Di sisi lain Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja mengeluarkan putusan soal persyaratan kontestasi tersebut.

Menurut pandangan Pengamat Hukum Tata Negara, Denny Indrayana, DPR berencana untuk menganulir putusan MK. Denny mengatakan jika hal tersebut benar dilakukan maka dianggap sebagai pengkhianatan konstitusi.

"Hari ini DPR ingin menganulir putusan MK yang kemarin. Upaya DPR menganulir putusan MK itu pembangkangan dan pengkhianatan konstitusi, karena putusan MK menurut UUD final and binding harus dilaksanakan tidak boleh dianulir oleh DPR dan Presiden sekali pun," ujar Denny, Rabu (21/8/2024) kemarin.

MK sebelumnya mengeluarkan dua putusan terkait UU Pilkada pada Selasa (20/8/2024). Dalam putusan 60 berisikan soal ambang batas parpol untuk mengusung calon yang awalnya berdasarkan perolehan kursi di DPRD. Kemudian, diubah menjadi berdasarkan daftar pemilih tetap di wilayah tersebut.

Contohnya, PDIP dapat mengusung calon di Jakarta karena batas minimal mengusung calon, yakni memiliki suara sebanyak 7,5 persen dari DPT.

Selanjutnya, ada putusan 70 soal batas minimal usia cakada yang harus berusia 30 tahun saat ditetapkan sebagai calon. Putusan ini disebut-sebut mempengaruhi pencalonan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Baca Juga: Azizah Salsha Istri Pratama Arhan Terseret Isu Selingkuh Salim Nauderer

Isu Perselingkuhan Azizah Salsha

Kabar soal skandal perselingkuhan Azizah Salsha pertama kali diungkap oleh Rachel Vennya. Rachel Vennya akhirnya membuka dugaan perselingkuhan sang mantan, Salim Nauderer melalui second account milikny.

Rachel Vennya juga mengunggah foto bersama Azizah dengan caption penyesalan dan lagu pengkhianatan yang membuat narasi publik tertuju pada istri Pratama Arhan.

“Terbadut 2024, oh gini rasanya teman tapi maut, pertama kali dalam hidup maaf jadi agak norak,” tulis Rachel Vennya, seperti dikutip via Suara.com, Kamis (22/8/2024).

Menurut Rachel Vennya melalui direct message Instagram miliknya, ia diberi tahu Pratama Arhan soal perselingkuhan Salim dengan Azizah. Ia mengaku dirinya ditelpon oleh Arhan untuk terkait isu perselingkuhan selebgram ternama itu.

“Haha aku tuh dikasih tau sama lakinya (Azizah). Si Arhan neleponin aku semalam,” beber Rachel dalam sebuah percakapan.

Tak cukup sampai disitu, netizen turut menghujat istri Pratama Arhan imbas dugaan lain yang muncul ke permukaan. Contohnya, narasi isu Azizah sering berhubungan intim dengan beberapa pria hingga hamil dan digugurkan. Hal ini sontak membuat nama Azizah Salsha dan Rachel Vennya trending di X.

Meski tengah ramai dibicarakan, di tengah hebohnya gosip perselingkuhan sang istri, Pratama Arhan justru menanggapi pemberitaan miring itu dengan cara berbeda. Pemain Timnas itu terlihat mengunggah foto pernikahannya dengan Azizah Salsha pada Rabu (21/8/2024) pagi.

Baca Juga: Viral Siaran Peringatan Darurat Berlatar Biru Lambang Garuda, Apa Itu EAS?

Hingga artikel ini ditayangkan, pihak Azizah Salsha dan Pratama Arhan sudah mengklarifikasi bahwa rumah tangga mereka baik-baik saja. Sementara itu, belum ada respon apapun dari Rachel Vennya dan Salim Nauderer terkait isu perselingkuhan yang menyeret nama pasangan Selebgram dan Timnas itu.

Sumber: Suara.com/Xandra Junia Indriasti

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).