Sonny Septian Alami Penyempitan Pembuluh Darah, Fairuz: Harus Istirahat Enam Bulan

Minggu 04 Agustus 2024, 14:30 WIB
Sonny Septian Alami Penyempitan Pembuluh Darah, Fairuz: Harus Istirahat Enam Bulan (Sumber : Instagram/@fairuzarafiq)

Sonny Septian Alami Penyempitan Pembuluh Darah, Fairuz: Harus Istirahat Enam Bulan (Sumber : Instagram/@fairuzarafiq)

SUKABUMIUPDATE.com - Aktor dan presenter, Sonny Septian tengah dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, karena didiagnosis mengalami penyempitan pembuluh darah di otak dan leher.

Kabar tersebut dibagikan oleh sang istri Fairuz A Rafiq melalui akun instagram pribadinya @/fairuzarafiq, yang memperlihatkan momen Sonny bersama putranya, King Faaz, yang terlihat menjaga suaminya di ruang ICU sambil bershalawat.

Sebelum dibawa ke rumah sakit, Sonny Septian merasakan gejala aneh seperti sering pusing, tapi ia anggap biasa saja. Ketika dibawa ke rumah sakit, sang presenter itu harus menjalani operasi yang dilaksanakan pada Jumat minggu lalu.

Baca Juga: Semakin Ramai, Berikut Konser dan Fanmeeting Artis Korea Selatan di Bulan Agustus

Mengutip dari Tempo.co, Ia mengaku pasrah dengan sakit yang dideritanya meski diakuinya rasa sakit itu tak tertahankan. “Sakit sekali ya Allah ini,” tulis presenter Islam Itu Indah dalam unggahan di akun Instagramnya, pada Jumat, 2 Agustus 2024, yang dikutip SukabumiUpdate.com dari Tempo.co, pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Sonny berharap istrinya, Fairuz A. Rafiq yang selalu mendampinginya tidak merasakan rasa sakit itu, "Aku terima sakitku ya Allah, tetapi jangan orang-orang yang kusayangi merasakan sakit karenaku," ungkapnya. Ia menuliskan, rasa sakit yang dirasakannya kerap kali datang di malam hari, saat orang-orang di sekitarnya tertidur lelap.

Sonny bercerita, catatan tersebut ia tulis sekitar pukul 02.00 WIB, saat rasa sakit datang menyerang, ia kala itu terbangun dan melihat Fairuz tertidur di sisinya. Meski merasa kesakitan, ia tidak ingin membangunkan Fairuz yang telah seharian penuh menjaga dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. “Biarkan dia tertidur nyenyak di sampingku malam ini,” tulis Sonny.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Ikhlas Terlihat Dari Sikapnya, Apa Kamu Termasuk?

Sonny menuliskan, catatan tersebut bukanlah sebuah aduan, melainkan sebagai pengingat akan pengorbanan istrinya selama ia jatuh sakit. Sonny menyadari betapa beruntungnya ia memiliki Fairuz sebagai istri. Dalam ungkapan itu, Sonny memohon kesehatan dan kebahagiaan untuk Fairuz.

Aktor kelahiran 1983 itu melanjutkan, “Sehatkanlah seperti dia yang berharap aku selalu sehat. Bahagiakan lah seperti dia yang ingin selalu membahagiakanku.” Tak hanya untuk Fairuz, Sonny juga mengucapkan doa tulus untuk ibunya agar selalu diberi kesehatan. "Panjangkanlah umurnya karena aku masih ingin berbakti kepadanya," tulis adik aktris Elma Theana itu.

Melihat unggahan tersebut, Fairuz juga ikut menyampaikan doa untuk suaminya. Melalui kolom komentar, ia menuliskan "Sebentar lagi sembuh ya sayang. Semangat ya, aku bahagia ada di samping kamu, imam terbaik dan ayah terbaik untuk kami. InsyaAllah aku pun bisa menjaga mama-mama kita yang sedang sakit.”

Penyakit yang diderita Sonny itu memaksanya berhadapan dengan meja operasi pada Jumat, 26 Juli 2024. Dokter kemudian memintanya untuk beristirahat total selama tiga hingga enam bulan pascaoperasi. “Dokter ngasih tahu bahwa pascaoperasi dia cuma boleh aktivitas ringan tiga hingga enam bulan,” ujar Fairuz di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, pada Jumat, 2 Agustus 2024, dikutip melalui siniar di YouTube Insertlive.

Baca Juga: 10 Sikap yang Membuat Orang Lain Tidak Menghormati Kita, Suka Berbohong!

Fairuz mengungkapkan, dokter menyarankan suaminya untuk beristirahat total selama tiga hingga enam bulan pascaoperasi. Rupanya, saran itu membuat Sonny sempat terpuruk. Menurut Fairuz, suaminya yang biasanya aktif dan penuh semangat, kini tak boleh melakukan aktivitas berat dalam waktu dekat. Sebagai kepala keluarga, ia merasa beban berat untuk tidak bisa bekerja dan mencari nafkah sementara waktu. Fairuz menyadari betul betapa berat cobaan ini bagi suaminya.

"Itu kan berat juga buat dia. Pas dia dengar itu, aku tahu banget, mental dia sampai sekarang masih down banget," kata aktris berusia 38 tahun itu.

Sebagai seorang istri, Fairuz terus berusaha menguatkan sang suami. Ia juga meyakinkan bahwa rezeki akan datang dari mana saja. “Aku bilang ‘Nggak apa-apa, yang penting kamu sekarang sehat, panjang umur, ada buat aku sama anak-anak. Itu lebih penting dari apa pun’ aku bilang gitu,” tutur putri mendiang penyanyi dangdut legendaris, A. Rafiq ini melanjutkan.

Baca Juga: 7 Sikap Karismatik yang Harus Dimiliki Agar Tidak Pandang Rendah Orang Lain

Fairuz mengisahkan awal mula Sonny merasakan gejala-gejala yang aneh. Awalnya, Sonny sering mengeluh pusing, tetapi ia selalu menganggap itu hanya sakit kepala biasa. “Dia itu memang apa-apa kan tipe yang nggak dirasain, apa-apa kayak nggak mau nyusahin,” kata Fairuz.

Kemudian, Fairuz menuturkan, ketika Sonny merasa kondisinya semakin lemas dan disertai diare, Sonny bersedia memeriksakan diri ke rumah sakit pada Jumat, 19 Juli 2024. “Allah selamatin dengan cara dia ada diare,” ujar pemeran serial Si Mamat Anak Pasar Jangkrik itu.

Kemudian, dari hasil pemeriksaan terungkap kondisi kesehatan Sonny sebenarnya. Fairuz menuturkan, “Setelah proses dan observasi itu ada penyempitan pembuluh darah di otak dan di lehernya.” Ia mengaku terkejut karena proses pemeriksaan dan vonis penyakit tersebut sangat cepat.

Fairuz lalu berharap agar suaminya diperbolehkan untuk segera pulang dan menjalani pemulihan di rumah “Harapannya, mudah-mudahan bisa cepat pulang,” kata Fairuz.

Baca Juga: 10 Cara Hidup Sederhana yang Banyak Dilakukan Orang Sukses

Sebelumnya, Fairuz, melalui Instagram pribadinya @fairuzarafiq juga sempat mengunggah momen yang memperlihatkan putra mereka, King Faaz, yang dengan penuh kasih sayang menemani sang ayah di ruang ICU. Adapun Faaz merupakan putra dari mantan suami Fairuz, yaitu Galih Ginanjar.

Dalam video tersebut, terlihat Faaz melantunkan selawat dengan khidmat sambil memegang dahi dan tangan ayah sambungnya yang tengah tidak sadarkan diri. Suara lembut Faaz yang melantunkan doa, memohon kesembuhan untuk sang ayah.

Fairuz mengungkapkan bahwa saat itu Faaz menangis melihat kondisi ayahnya. "Video Jumat kemarin abang Faaz pulang sekolah ke rumah sakit, abang tahunya daddy cuma sakit pencernaan aja...," tulis Fairuz pada Selasa, 30 Juli 2024. Faaz, yang awalnya hanya diberitahu bahwa ayahnya mengalami masalah pencernaan, terkejut dan sedih ketika mengetahui bahwa Sonny harus menjalani operasi.

“Maafin mommy ya nak @kingfaazarafiqasli mommy umpetin ini dari abang karena abang dan kakak eijaz biar fokus sekolahnya..,” tulis Fairuz melanjutkan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Hidup Sehat Usia 40 Tahun, Bahagia dan Tetap Fit Menjalani Aktivitas

Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit.
Ilustrasi - Memasuki usia 40 tahun, gaya hidup sehat menjadi sangat penting untuk menjaga vitalitas dan mencegah berbagai penyakit. (Sumber : Freepik.com/@diana.grytsku)
Sukabumi19 September 2024, 08:50 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kepala daerah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 dari KLHK. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin