14 Tahun Bersama, Arda Umumkan Keluar dari Naff: Terima Kasih Untuk Semua Kenangannya

Jumat 02 Agustus 2024, 15:45 WIB
14 Tahun Bersama, Arda Umumkan Keluar dari Naff: Terima Kasih Untuk Semua Kenangannya (Sumber : Instagram/@naffmusik)

14 Tahun Bersama, Arda Umumkan Keluar dari Naff: Terima Kasih Untuk Semua Kenangannya (Sumber : Instagram/@naffmusik)

SUKABUMIUPDATE.com - Arda atau Hatna Danarda mengumumkan mundur sebagai vokalis grup band Naff, setelah 14 tahun berkarir bersama. Kabar mengejutkan itu ia umumkan melalui akun instagram pribadinya.

Dalam unggahan yang diposting pada Jumat, 2 Agustus 2024, Arda menuliskan bahwa keputusannya untuk keluar keluar dari Naff sudah dipikirkan dari jauh-jauh hari. Walaupun ia tidak mengungkapkan alasannya secara detail.

Namun, Arda memastikan bahwa keputusan untuk keluar dari Naff setelah melakukan ibadah haji pada Juni 2024. Ia merasa yakin mengundurkan diri sebagai vokalis dari grup yang telah membesarkan namanya selama 14 tahun.

“Saya pamit dari vokalis @naffmusik untuk sodaraku @odeunaff_ @hilal_naff @sebagey_ade terima kasih untuk semua kenangannya,” tulis Arda di instagram yang dikutip oleh SukabumiUpdate.com pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Baca Juga: Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Mengutip dari Tempo.co, Suami Tantri Syalindri Ichlasari atau Tantri Kotak ini mengungkapkan alasannya di balik keputusan tersebut. Dia bercerita, niat untuk mengundurkan diri dari Naff muncul setelah manggung di Jeddah sekaligus melaksanakan ibadan umrah bersama rekan-rekan satu bandnya pada November 2023 lalu.

"PetunjukNya membuat saya ingin berpisah, hati saya semakin dikuatkan untuk berpisah ketika momen haji bulan Juni 2024," tulis Arda, yang dikutip SukabumiUpdate.com dari Tempo.co pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Sebelum memutuskan untuk hengkang dari Naff, Arda telah memikirkannya begitu lama. Ia akhirnya mengambil keputusan sulit ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ternyata karier hanyalah karier, ada saatnya sayapun harus memutuskan dengan lapang dada untuk bilang 'sudah' bukan karena benci tapi justru karena rasa menyayangi yang begitu besar agar berhenti untuk saling menyakiti jika terus dilanjutkan," tulisnya.

Baca Juga: 8 Kebiasaan yang Membuat Seseorang Sulit Sukses di Masa Depan

Arda menyadari perjalanan 14 tahun bersama Naff bukan waktu yang sebentar. Ia masih ingat jelas bagaimana awalnya bergabung sebagai vokalis Naff pada 2010, sebelum menikah sampai sekarang sudah punya dua anak. Momen bahagia hingga menyedihkan pernah mereka lalui bersama. Banyak pelajaran berharga yang didapatkan Arda dalam perjalanan ini.

"Tidak bisa lagi bekerja sama bukan berarti tidak bisa berteman," tulis Arda. "Saya menyayangi semua personilnya, para crew yang berjibaku."

Meski sudah tidak lagi menjadi vokalis Naff, Arda akan tetap melanjutkan kariernya di dunia musik. Ia juga akan membuat karya-karya baru di luar musik. "Saya akan tetap berkarya kok, bermusik lagi menghidupkan lirik-lirik yang saya buat, merilis buku lagi, berkonten youtube, sosial media, berkarya dengan kanal apapun yang saya jamin akan jauh lebih jujur dan bebas dari beban serta tekanan," tulisnya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Arda saat ini masih berusaha untuk mengganti nama akun Instagramnya @ardanaff yang kini diikuti lebih dari 536 ribu orang. Ia mengatakan butuh waktu untuk perubahan tersebut karena kebijakan dari Instagram. "Saya pamit, Arda Naff pamit, bantu saya ya dengan panggil saya Arda, Arda Hatna juga boleh. Sekali lagi tolong dibantu," tulisnya.

Musisi 36 tahun itu juga meminta maaf kepada seluruh pihak atas kesalahan yang pernah diperbuat. "Terima kasih untuk rasa kehilangan ini. Meskipun sakit tapi tetap indah," tulisnya. "Doakan saya ya untuk terus bisa berkarya. Doa saya teriring untuk band yang harus saya letakkan. Saya sayang kalian."

Arda meninggalkan tiga rekannya di Naff, yaitu Odeu (bass), Hilal (drum), dan Ade (gitar). Naff dibentuk pada 14 Februari 1998. Arda bergabung pada 2010, menggantikan vokalis Naff sebelumnya, Ady.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi19 September 2024, 08:30 WIB

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap? Cek Info Loker D3 Berikut!

Lulusan Baru Jadi Pegawai Tetap, Loker D3 Berikut dibuka hingga 17 November 2024 mendatang.
Ilustrasi Lowongan Kerja Indofood Lulusan SMA Sederajat (Sumber : Freepik)
Kecantikan19 September 2024, 08:00 WIB

Bagaimana Cara Membuat Bulu Mata Lentik Alami? Coba 8 Tips Ini!

Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan.
Ilustrasi. Dengan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami, bulu mata bisa menjadi lebih lentik, kuat, dan terlihat lebih panjang tanpa perlu alat atau produk kimia yang berlebihan. (Sumber : Freepik/freepik)
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)