Pengisi Suara Nobita Meninggal, Begini Rekam Jejak Noriko Ohara

Rabu 24 Juli 2024, 15:46 WIB
Noriko Ohara, pengisi suara Nobita, meninggal dunia. | Foto: Istimewa

Noriko Ohara, pengisi suara Nobita, meninggal dunia. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar duka datang dari industri animasi Jepang. Pengisi suara (seiy) dari karakter ikonik Nobi Nobita dalam serial anime legendaris Doraemon, Noriko Ohara, mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat, 12 Juli 2024 lalu. Berdasarkan keterangan, pemilik nama asli Noriko Tobe tersebut meninggal di usianya yang ke-88 tahun.

Mengutip dari NHK World Japan melalui tempo.co, kabar itu dikonfirmasi dan disiarkan oleh 81 Produce selaku agensi yang menaungi Noriko Ohara. Melalui situs resminya, mereka menyampaikan Noriko berpulang setelah menerima perawatan medis untuk penyakit yang dia derita. "Aktris kami Noriko Ohara (nama asli: Noriko Tobe) meninggal dengan tenang pada tanggal 12 Juli setelah berjuang melawan penyakitnya. Ia berusia 88 tahun," kata mereka. Meski begitu, agensi tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai penyakitnya ini.

Berdasarkan keterangan tersebut, diketahui pula bahwa Noriko dikebumikan dengan upacara yang diadakan secara pribadi dan hanya dihadiri oleh kerabat terdekat. Hal tersebut sesuai dengan permintaan keluarganya. “Kami mengucapkan terima kasih yang terdalam atas dukungan Anda selama hidupnya,” demikian bunyi penutup dari keterangan resmi 18 Produce.

Baca Juga: Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Tentang Noriko Ohara

Lahir di Tokyo, 2 Oktober 1935, Noriko Ohara memulai perjalanan kariernya sebagai seorang aktris dan pengisi suara di tahun 1955. Peran pertamanya adalah anime Umeboshi Denka yang tayang pada 1962.

Dia mengisi suara Nobita sejak 1979, seorang anak sekolah yang berteman dengan robot kucing ajaib dari masa depan bernama Doraemon. Dia bertahan selama 26 tahun sebelum kemudian digantikan oleh Megumi Ohara sebagai Nobita yang masih mengisi hingga film terbaru, Doraemon The Movie: Nobita’s Earth Symphony yang tayang di Indonesia 17 Juli kemarin. Noriko juga mengisi suara untuk ayah dari Nobita yang bernama Nobisuke, sebelum digantikan oleh Yoshiko Kamei.

Terkenal dengan kemampuannya mengisi suara untuk karakter laki-laki, Noriko tidak hanya mengisi suara untuk Nobi Nobita dan Nobisuke. Dalam perjalanan kariernya, Noriko juga diketahui menjadi pengisi karakter Conan yang merupakan tokoh utama dalam serial anime Future Boy Conan. Serial televisi yang dibuat oleh sutradara dan animator dari film-film dari Studio Ghibli ini pertama kali terbit tahun 1987. Kemudian Peter di dalam serial Heidi, Girl of the Alps.

Di samping itu, dia juga sukses dan dikenal untuk mengisi suara karakter perempuan. Bagi penggemar anime bergenre aksi-komedi, pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter Doronjo dalam serial Yatterman yang pertama kali tayang pada Januari 1977. Noriko menjadi pengisi suara untuk karakter Oyuki di Urusei Yatsura.

Selain anime, Noriko Ohara pun terkenal sebagai pengisi suara aktor Amerika Serikat dan Prancis, termasuk di dalamnya Shirley MacLaine dan Brigitte Bardot dalam film-film yang ditayangkan untuk pasar Jepang. Dia menerima penghargaan pencapaian seumur hidup di Seiyu Award yang diadakan perdana pada 2007. Penghargaan Jepang ini sebagai wujud apresiasi dan penghormatan bagi pengisi suara yang telah memberikan penampilan luar biasa.

Sumber: Tempo.co | NHK World Japan | Tokyo Hive

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)
Gadget07 September 2024, 19:00 WIB

Intip 10 Perbedaan Android dan iPhone, Kamu Pakai yang Mana?

Pilihan antara Android dan iPhone tergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan pengguna.
Ilustrasi. HP Iphone (Sumber : Pixabay/JanVasek)