Keren, 5 Tempat Wisata di Sukabumi Ini Pernah Jadi Tempat Syuting Film

Sabtu 25 Mei 2024, 11:30 WIB
Artis Luna Maya unggah foto Situ Gunung di Instagram Stroy, Minggu (14/4/2024) | Foto : Ist

Artis Luna Maya unggah foto Situ Gunung di Instagram Stroy, Minggu (14/4/2024) | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi, Jawa Barat ini dikenal memiliki keindahan alam yang mempesona. Dengan bentang alam yang beragam, seringkali destinasi wisata di Sukabumi menjadi pilihan utama warga Jabodetabek untuk berlibur dan bersantai.

Bahkan beberapa destinasi wisata, menarik para artis dan aktor untuk menggunakannya sebagai tempat pengambilan gambar untuk film atau syuting, yang terbaru, Luna Maya syuting film di Situ Gunung.

Berikut ini beberapa tempat yang pernah dijadikan tempat syuting film:

Situ Gunung

Situ Gunung merupakan sebuah nama dari sebuah danau yang lokasinya berada di dataran tinggi Sukabumi. Kawasan ini masih ada di lingkup Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Situ Gunung lokasinya ada di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Tempat wisata ini menjadi daya tarik pelancong untuk tujuan liburan atau sekedar melepas penat.

Terbaru, model dan artis papan atas Luna Maya diketahui melakukan syuting film di Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (14/4/2024). Hal itu terlihat dari foto yang diunggah di instagram story pribadinya @lunamaya.

Keberadaan Luna Maya diduga berkunjung ke Situ Gunung juga diketahui dari video yang diunggah instagram @sukabumicitycom. Dalam videonya terlihat sejumlah orang sedang berkumpul di tepi Situ Gunung.

"Wilujeng sumping teteh @lunamaya di Situgunung Sukabumi. "sedang syuting film horor". Ditunggu rilis filmnya," tulis ia di captionnya.

Baca Juga: Bakti Sosial Hari Nelayan, Kapolres Sukabumi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Pantai Tenda Biru

Artis papan atas Reza Rahadian tepergok sedang melakukan pengambilan gambar untuk pembuatan film di Pantai Tenda Biru di pesisir perairan laut Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi

"Ada shooting di Pantai Tenda Biru, artis terkenal Reza Rahadian," ucap Bah Dadang salah seorang anggota RAPI kepada sukabumiupdate.com, Senin (1/4/2024).

Kata Dadang, menurut pengamatannya kegiatan pengambilan gambar tersebut berlangsung selama 4 hari, mereka datang pada hari Kamis 28/3/2024, dan berakhir hari ini Senin 1 April 2024. "Ceritanya mengenai nelayan, yang terdampar disebuah pulau kosong," ungkapnya.

Kebun Karet Cikidang

Kebun Karet di Cikidang, konon pernah jadi latar belakang pada Film Tropic of Emerald. yaitu bercerita soal seorang Belanda asal Nijmegen yang pergi ke Soekamadjoe (Sukamaju daerah Cikidang Kabupaten Sukabumi). Disana Nijmegen mengelola kebun karet milik pamannya si Oom.

Wilayah Hindia Belanda (Sekarang Indonesia) khususnya Sukabumi adalah impian orang-orang belanda dan eropa, alam yang sejuk dan damai. Dalam kisah tersebut mereka setiap waktu weekend bersama pekerja dan centeng karet untuk berburu Harimau Jawa yang dianggap sebagai hama.

Curug Sodong

Curug Sodong Geopark Ciletuh Palabuhanratu jadi salah satu lokasi pengambilan gambar atau syuting film layar lebar. Hal itu terlihat dengan adanya foto properti pesawat yang 'mendarat' di objek wisata air terjun yang terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi tersebut.

Penanggung jawab atau koordinator objek wisata Curug Sodong Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Ajid Jaelani, membenarkan kabar ini. Menurutnya, film tersebut garapan sinematografer luar negeri.

"Kawasan Geopark Ciletuh, terutama Curug Sodong, mendapat penghargaan menjadi lokasi syuting film layar lebar, selama 5 hari, sesuai rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi," kata Ajid kepada sukabumiupdate.com, Jumat (30/10/2023).

Baca Juga: 141 Panwascam Sukabumi Dilantik, Bupati Tekankan Jaga Netralitas Demi Pilkada Jurdil

Ajid menuturkan, proses pengambilan gambar untuk film layar lebar di Curug Sodong ini dilaksanakan pada tanggal 11-15 Oktober 2023 lalu dan sudah mendapatkan izin satu bulan sebelumnya dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

Tak hanya di Curug Sodong, lanjut dia, pengambilan gambar untuk film ini dilaksanakan juga di objek wisata Kabupaten Sukabumi lainnya, yakni Situ Gunung.

Menurut Ajid, tema film yang digarap adalah petualangan. Kru film, dari aktor dan aktrisnya berasal dari luar negeri.

“Para aktor dan aktrisnya dari luar negeri, mungkin dari Amerika, ada juga dari Jepang, dan semua krunya juga. Tema filmnya mirip film Anaconda, atau Jurassic Park,” ujarnya.

Ajid menuturkan, judul film yang tengah diproduksi ini adalah 'Orang Ikan'.

"Di Curug Sodong ceritanya ada pesawat yang jatuh di hutan belantara, lalu muncul manusia ikan di Curug. Filmnya kalau beres akan diputar di Bioskop, layar lebar," tandasnya.

Geopark Ciletuh

KlikFilm Productions merilis sebuah film terbaru yang berjudul Satu Untuk Selamanya. Film tersebut dibintangi oleh oleh Adinda Thomas, Dimas Anggara, dan Megan Domani.

Film Satu Untuk Selamanya bercerita tentang tiga orang sahabat bernama Salma, Ziva, dan Xandra. Mereka memiliki hobi yang sama yakni riding. Namun, karena kesibukan masing-masing, secara tidak terasa, lima tahun sudah mereka berpisah. Hingga akhirnya Salma kembali mengajak dua temannya untuk riding ke tempat yang mereka cita-citakan lima tahun lalu.

Dalam persiapannya, terkuak rahasia Salma yang ingin kembali mengejar cinta Galang. Namun, saat ini Galang adalah tunangan dari Ziva.

Dikutip dari VIVA, sutradara film Satu Untuk Selamanya, Dyan Sunu bercerita mengenai beberapa hal tentang film garapannya tersebut. Menurut Dyan, Satu Untuk Selamanya adalah film tentang masa lalu yang belum selesai. Lokasi syuting film tersebut sebagian besar dilakukan di Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Lamanya syuting memakan waktu satu minggu. Karena melakukan syuting di alam terbuka, maka tak heran jika medan yang harus dilalui pun tidaklah mudah.

(Syutingnya) Di Geopark Ciletuh, Sukabumi. Memang kalau jalannya gitu ya, berat banget, lika-liku, jadinya jauh, jadinya lama. Cuma ketika proses produksi, yang jelas deg-degan aja sih. Harus bersahabat dengan alam,” kata Dyan Sunu, Senin, 12 Maret 2022.

Sumber : berbagai sumber

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)
Sehat02 Juli 2024, 17:30 WIB

5 Sarapan Berprotein Tinggi yang Tidak Bikin Lonjakan Gula Darah Menurut Ahli Gizi

Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. Huzaifa Bukhari
Ilustrasi - Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. (Sumber : pexels.com/@Huzaifa Bukhari).