Sempat Viralkan Loji Sukabumi, Pandawara Group Menang 3 Piala TikTok Awards 2023

Sabtu 14 Oktober 2023, 12:30 WIB
Sempat Viralkan Loji Sukabumi, Pandawara Group Menang 3 Piala TikTok Awards 2023 (Sumber : Instagram/@pandawaragroup)

Sempat Viralkan Loji Sukabumi, Pandawara Group Menang 3 Piala TikTok Awards 2023 (Sumber : Instagram/@pandawaragroup)

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Pandawara Group kembali viral setelah berhasil memenangkan tiga Kategori TikTok Awards Indonesia 2023 sekaligus. Lima pemuda asal Bandung itu menang untuk kategori Rising Star of The Year, Creator of The Year dan Change Makers of The Years.

Pandawara Group sendiri sempat membuat heboh masyarakat Sukabumi dengan rencana aksi bersih-bersih atau Coastal Clean Up terkait Tumpukan Sampah Pantai Loji di Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Aksi tersebut sempat menuai pro kontra dari berbagai pihak meskipun pada akhirnya rencana coastal clean up dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat Sukabumi.

Pandawara Group, sekelompok pemuda asal Bandung menyebut Pantai Loji Sukabumi yang berada di Desa Cibuntu itu adalah Pantai Terkotor No 4 di Indonesia.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Sementara terkait TikTok Awards Indonesia 2023 baru-baru ini, dilihat sukabumiupdate.com di Instagram @pandawaragroup pada Sabtu (14/10/2023), mereka menyebut penghargaan TikTok Awards Indonesia 2023 ini dipersembahkan untuk para pejuang lingkungan di seluruh Indonesia.

Sempat Viralkan Loji Sukabumi, Pandawara Group Menang 3 Piala TikTok Awards 2023Sempat Viralkan Loji Sukabumi, Pandawara Group Menang 3 Piala TikTok Awards 2023

"Kami dedikasikan seluruh penghargaan ini untuk pejuang lingkungan yang ada di Indonesia. Terima kasih masyarakat Indonesia"tulis @pandawaragroup, dikutip Sabtu (14/10/2023).

Diketahui, sebagaimana merujuk Tempo.co, TikTok Awards Indonesia 2023 adalah event entertainment untuk mengapresiasi konten kreator hingga selebritas dengan malam perhelatan yang bertabur bintang.

Ajang Penghargaan TikTok Indonesia 2023 mengangkat tema #BigOnTheSmallScreen. Melalui tema tersebut, TikTok ingin menunjukkan bagaimana langkah kecil dalam mengunggah konten video yang kreatif tak hanya mampu menghibur, tapi juga berdampak besar bagi komunitas hingga masyarakat luas.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

TikTok Awards Indonesia adalah wujud apreasi kepada para konten kreator tanah air yang mampu memanfaatkan platform, tools, dan berbagai fitur TikTok mereka di berbagai bidang. Mulai dari fashion, gaya hidup, pendidikan, bisnis, pelestarian lingkungan, teknologi, makanan dan minuman hingga masih banyak lagi.

Dari tahun ke tahun, TikTok konsisten memberikan wadah apresiasi penghargaan kepada para kreator insipiratif terpilih.

Acara Penghargaan TikTok Indonesia 2023 disiarkan secara langsung oleh RCTI dan TikTok Live pada Kamis malam, 12 Oktober 2023. Di acara tersebut Pandawara Group menjadi pemenang diantara sekian banyak kreator.

Pengumuman Kategori TikTok Awards Indonesia 2023 disiarkan langsung dengan menyebutkan dereta pemenang nominasi dari kategori-kategori yang tahun ini dihadirkan oleh TikTok.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Munafik, Hidupnya Penuh dengan Kepalsuan

Ada dua penilaian sebelum menentukan Pemenang TikTok Awards Indonesia 2023, yakni dari voting suara terbanyak dari publik (Public’s Vote) dan penjurian dari juri khusus TikTok Indonesia (Judges Vote). Berikut daftar pemenang TikTok Awards Indonesia 2023:

Pemenang TikTok Awards Indonesia 2023

Public’s Vote Pemenang TikTok Awards Indonesia 2023

  • Rising Star of The Year: Pandawara Group @pandawaragroup
  • Celebrity of The Year: Fujianti Utami Putri @fujiiian
  • Popular Creator of The Year: Erika Richardo @erikarichardo
  • Popular Song of The Year: Sial oleh Mahalini Raharja @mahaliniiraharja
  • Musician of The Year: Tiara Andini @initiaraandini
  • TikTok Live Creator of The Year: Fidhiyah Rahmawati @vidhia_r
  • Affiliate Creator of The Year: Lina Amelia @louissescarlettfamily
  • Popular Effect of The Year: Vito Dakocan @vitosinagaprank

Judges Vote Pemenang TikTok Awards Indonesia 2023

  • Creator of The Year: Pandawara Group @pandawaragroup
  • Best of Fashion & Beauty: Dhea Dillah Probokusumo @dillaprb
  • Best of Lifestyle: Irene Suwandi @ireneswnd
  • Best of Gaming: Joel Eliezer Siwalette @wiwelgeng
  • Best of Sports: Timotius Mulyadi @timotiusmul
  • Best of Health & Wellness: dr. Kevin Mak @drkevinmark
  • Best of Foodie: Nana Koot @nanakoot
  • Best of Learning & Education: Raymond Surya Chin @raymondchins

Mengenal Pandawara Group

Lima anak muda anggota Pandawara Group | Foto : @pandawaragroupLima anak muda anggota Pandawara Group | Foto : @pandawaragroup

Lima sekawan yang terdiri dari Gilang, Ikhsan, Rifqi, Rafly, dan Agung berteman sejak duduk di bangku SMA. Nama Pandawara Group diambil dari nama pewayangan yaitu Pandawa Lima karena mereka beranggotakan lima orang. Sementara “wara” artinya merupakan pembawa kabar baik.

Melansir dari lemonilo.com, Latar belakang 5 anak muda asal Bandung itu membentuk Pandawara Group karena dampak dari permasalahan sampah di Indonesia yang mereka rasakan secara langsung, yakni banjir.

Berawal dari menjadi korban banjir, timbul keresahan sekaligus empati melihat kondisi sungai yang dipenuhi sampah. Akhirnya mereka pun turun langsung untuk membersihkan sampah di selokan dan sungai sekitar tempat tinggal mereka yang kotor dan kurang enak dipandang.

Pandawara Group hanya menyiapkan peralatan kebersihan sederhana; seperti trash bag, jaring, dan sebagainya dengan modal sendiri. Saluran air yang mereka bersihkan dimulai dari sekitar rumah. Setelah kondisi saluran air di sekitar tempat tinggal mereka dirasa membaik, barulah Pandawara Group fokus untuk menjamah daerah, termasuk kali ini Sukabumi.

Pandawara Group juga membagikan kegiatan mereka ketika membersihkan sampah ke media sosial. Hal itu mereka lakukan agar bisa menjadi reminder bagi masyarakat Indonesia. Unggahan di media sosial juga dilakukan sebagai awareness agar orang-orang, terutama anak muda, bisa tergerak untuk melakukan hal serupa di wilayah tempat tinggalnya masing-masing.

Baca Juga: 4 Pantai Terkotor di Indonesia Versi Pandawara Group, Ada Loji Cibutun Sukabumi

Kepopuleran Pandawara Group saat ini berawal dari konten bersih-bersih sampah yang diunggah pada akun TikTok dan Instragram mereka @pandawaragroup.

Dilansir dari wawancara Pandawara Group bersama salah satu stasiun televisi seperti dikutip lemonilo.com, tantangan utama yang mereka alami adalah cuaca. Hujan deras kerap menyebabkan debit air sungai tinggi sehingga bisa terjadi kemungkinan ada banjir bandang. Kalau sudah mulai terjadi hal tersebut, mereka akan menunda proses memungut sampah sampai kondisi air sungai kembali normal.

"Dari sekian banyak jenis sampah, sampah rumah tangga lah yang paling sering ditemui oleh Pandawara Group selama mereka turun ke sungai atau selokan. Itu karena fokus utama mereka adalah aliran-aliran sungai dan selokan yang berasal dari permukiman warga. Sampah rumah tangga yang ditemukan cukup banyak, hal itu menandakan bahwa masih ada masyarakat yang belum aware dengan cara membuang sampah yang baik dan benar," tulisnya.

Pada akhir tahun 2022, TikTok menobatkan Pandawara Group (@pandawaragroup) sebagai salah satu TikTok Local Heroes dalam "Year on TikTok 2022”. Pandawara Group dipilih menjadi salah satu TikTok Local Heroes karena memberi pengaruh positif, menginspirasi, serta mengedukasi masyarakat lewat konten mereka. Selain itu, aksi lima sekawan tersebut juga berhasil mematahkan stigma “mager” yang kerap disematkan untuk anak muda.

Demikian Profil Pandawara Group, sekelompok pemuda asal Bandung yang viral di Sukabumi karena mau bersih-bersih pantai terkotor, pantai Loji Sukabumi. Dari pantauan sukabumiupdate.com, akun media sosial resmi @pandawaragroup di instagram sudah memiliki pengikut hingga 2,1 juta orang. Sedangkan di tiktok dengan 3,4 juta pengikut.

Sumber : Berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)