Konsultasi Raperda Produk Hukum Daerah, DPRD Sukabumi Kunjungi Kemenkumham Jabar

Kamis 10 Oktober 2024, 14:53 WIB
Suasana rapat mediasi dan konsultasi DPRD Kabupaten Sukabumi ke Kanwil Kemenkumham Jabar soal pembentukan Raperda tentang Produk Hukum Daerah. (Sumber : Kemenkumham Jabar)

Suasana rapat mediasi dan konsultasi DPRD Kabupaten Sukabumi ke Kanwil Kemenkumham Jabar soal pembentukan Raperda tentang Produk Hukum Daerah. (Sumber : Kemenkumham Jabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Pansus I DPRD Kabupaten Sukabumi mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kemenkumham Jabar) di Kota Bandung, Rabu 9 Oktober 2024.

Kunjungan yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali tersebut dalam rangka Rapat Mediasi dan Konsultasi bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Produk Hukum Daerah.

"Kedatangan tim Pansus kali ini bertujuan untuk mengkonsultasikan Raperda tentang Produk Hukum Daerah yang sebetulnya telah rampung disusun pada tahun 2023 kemarin, akan tetapi Biro Hukum Pemprov Jabar menganjurkan agar Raperda tersebut diharmonisasikan terlebih dahulu dengan Kemenkumham Jabar agar bisa disahkan lebih lanjut," kata Budi seperti dikutip dari laman resmi Kanwil Kemenkumham Jabar, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga: DPRD Sebut Banyak Perkebunan di Sukabumi Nganggur, Mayoritas HGU Belum Sisihkan Lahan

Sementara itu Kepala Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Jabar, Lina Kurniasari mengatakan, Raperda tentang Produk Hukum Daerah ini merupakan Raperda yang dibuat berdasarkan kewenangan daerah.

Selain menjelaskan definisi Produk Hukum Daerah, Lina juga menyampaikan beberapa peraturan dan perundang-undangan mana saja yang bisa dijadikan acuan dalam penyusunan Raperda tersebut.

"Diharapkan melalui konsultasi bersama terhadap Raperda ini dapat menjadi bentuk pembinaan dalam bidang program pembentukan regulasi guna mempererat kerja sama dan koordinasi dalam fasilitasi pembentukan Produk Hukum Daerah," ujarnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life10 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Usaha dan Dagangan Laris Banyak yang Beli, Yuk Amalkan

Doa agar usaha lancar dan laris adalah sebuah anjuran untuk di amalkan bagi bereka bekerja sebagai pedagang.
Doa agar usaha lancar dan laris adalah sebuah anjuran untuk di amalkan bagi bereka bekerja sebagai pedagang. | Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi10 Oktober 2024, 17:33 WIB

Dinkes Gelar Pembinaan Kepegawaian dan Persiapan HKN 2024 Tingkat Sukabumi

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar rapat dinas untuk membahas sejumlah agenda, diantaranya evaluasi kinerja, pembinaan kepegawaian, hingga membahas persiapan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat kabupaten.
Rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi tahun 2024 di Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap | Foto : Istimewa
Keuangan10 Oktober 2024, 17:17 WIB

Terlilit Hutang Rp8,79 Triliun, Keuangan Induk Perusahaan Media TVONE dan ANTV Terancam

12 kreditor utama PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) mengatakan belum mendapat panggilan rapat lanjutan atas penetapan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.
Viva media induk perusahaan TVONE dan ANTV terlilit hutang dengan 12 kreditur luar negeri (Sumber: istimewa)
Jawa Barat10 Oktober 2024, 17:16 WIB

12 Oktober 2024, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Mulai Bertarif

PT Trans Jabar Tol (TJT) mengumumkan bahwa Tol Bocimi Seksi 2 resmi bertarif mulai pukul 00.00 WIB Sabtu 12 Oktober 2024.
Kondisi ruas Tol Bocimi Seksi 2 yang sempat dilanda longsor kini kembali mulus usai rampung diperbaiki. (Sumber : BPJT Kementerian PUPR)
Musik10 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan All My Love Coldplay, Bawa Pendengar Nostalgia Lagu Lama

Sejak terbentuk di niversity College London (UCL), Coldplay kini sukses menjadi artis terpopuler di dunia, menjual lebih dari 100 juta dari sembilan album mereka yang menduduki peringkat pertama.
Official Video Lagu All My Love Coldplay. Foto: YouTube/Coldplay
Food & Travel10 Oktober 2024, 16:00 WIB

Little Green Canyon Banten, Serunya Bermain Air di Curug Putri Pandeglang

Curug Putri Pandeglang adalah salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di Banten.
Curug Putri Pandeglang adalah salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di Banten. (Sumber : Instagram/@curugputricaritaa).
Sukabumi10 Oktober 2024, 15:56 WIB

29 Laptop di SDN 1 Cibodas Sukabumi Raib Dicuri, Siswa Terancam Gagal Ikut ANBK

Berikut kronologi pencurian puluhan laptop di SDN 1 Cibodas Palabuhanratu Sukabumi jelang pelaksanaan ANBK.
SDN 1 Cibodas Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Inspirasi10 Oktober 2024, 15:48 WIB

Jurus Perumda BPR Kalapanunggal Sukabumi Prioritaskan Layanan Prima untuk Nasabah

Contoh sederhana dari pelayanan prima adalah penerapan prinsip 3S.
Kepala Perumda BPR Sukabumi Cabang Kalapanunggal Dede Sopandi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih10 Oktober 2024, 15:24 WIB

Netralitas di Pilkada 2024, Sekda Sukabumi Ingatkan ASN dan Kades Soal Fasilitas Negara dan Uang APBD

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman kembali mengingatkan jajaran ASN dan Kepala Desa untuk netral dan tidak memihak dalam pilkada 2024.
Sekda Ade Suryaman saat memimpin rapat koordinasi penguatan netralitas ASN pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 secara Virtual, di Pendopo Sukabumi,  Kamis,(10/10/24). (Sumber: dokpim Kabupaten Sukabumi)
Inspirasi10 Oktober 2024, 15:18 WIB

Distan Jajaki Rencana Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura di Kabandungan Sukabumi

Pembangunan kawasan agribisnis holtikulutra ini akan membuka peluang terbangunnya akses ekonomi di Kadalbadung Sukabumi.
Suasana pertemuan antara Distan dan Bappelitbangda dengan Kelompok Tani Hortikultura di Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)