Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Sabtu 05 Oktober 2024, 18:02 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.

Andri menyatakan bahwa penolakan itu sesuatu yang wajar dilakukan oleh warga, terutama para pegiat wisata. Apalagi pembangunannya berlokasi di dekat Pantai Minajaya di wilayah Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, yang merupakan zona Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Pantai Minajaya itu merupakan ikon di Kecamatan Surade, sebagai nilai jual bidang pariwisata, tentunya harus betul-betul bersih, resik, dan penataan yang bisa membuat pengunjung betah. Namun ketika ada perusahaan tambak udang, dengan segala resikonya, nilai dari wisatanya akan pudar," jelas kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (5/10/2024).

Politisi PPP itu juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan informasi adanya rencana tersebut. Ia juga mengaku informasi pertemuan antara pihak perusahaan dengan Pemdes Buniwangi, Forkopimcam, serta warga setempat. "Ini juga jadi catatan kami. Bahkan permasalahan lahannya memang sudah jadi pembahasan," ujarnya.

Baca Juga: Warga Tolak Pembangunan Tambak Udang di Dekat Pantai Minajaya Sukabumi, Ini Alasannya

"Kalau warga menolak, yah jangan dipaksakan. Tentu penolakan itu sangat berdasar. Kawasan itu menyangkut hidup orang banyak yang menggantungkan hidupnya disekitar Pantai Minajaya," pungkas Andri.

Sebleumnya diberitakan, warga Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, menolak rencana pembangunan tambak udang di wilayah mereka. Apalagi tambak udang tersebut rencananya didirikan dekat areal pesisir Pantai Minajaya.

Penolakan ini disampaikan perwakilan warga dari berbagai elemen dalam kegiatan audiensi terkait rencana pembangunan tambak udang oleh PT. Berkah Semesta Maritim (BSM) di Aula kantor Desa Buniwangi, Selasa (1/10/2024).

Audiensi tersebut dihadiri Forkopimcam Surade, Kepala Desa Buniwangi, pihak perusahaan PT BSM, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Minajaya dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Minajaya, hingga Karang Taruna serta tokoh agama setempat.


Ketua Pokdarwis Pantai Minajaya, Yusuf Sadam mengatakan, pihaknya secara tegas menolak rencana pembangunan tambak udang ini berdasarkan hasil kajian. Ia menyebut adanya tambak udang dekat dengan daerah wisata berpotensi menimbulkan permasalahan besar.

Senada, Pokmaswas Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Baban menegaskan bahwa dengan kehadiran tambak udang di dekat Pantai Minajaya akan sangat bertolak belakang dengan adanya zona Geopark Ciletuh di Kecamatan Surade.

Tak hanya itu, menurutnya lahan HGB PT. Mactri Inti seluas 90 hektare yang akan digunakan untuk tambak udang tersebut juga berpotensi kedepannya menjadi permasalahan.

"Lahan yang akan dipakai merupakan HGB PT. Mactri Inti, yang sebentar lagi akan habis HGB-nya pada tahun 2028. Persoalan lahan juga jangan sampai menjadi permasalahan," ungkapnya.

Menurut Baban, pada awalnya warga menjual lahan tersebut karena adanya program agrowisata, akan tetapi sekarang dengan adanya rencana pembuatan tambak udang tentunya sangat jauh menyimpang dari bidang pariwisata.

"Ini perlu pertimbangan Pemda Kabupaten Sukabumi, apalagi sebentar lagi akan ada kunjungan dari beberapa negara dalam validasi Geopark Ciletuh Palabuhanratu," tuturnya.

Terpisah, Camat Surade, Unang Suryana mengatakan, bahwa masukan dan usulan dari semua elemen yang hadir dalam audiensi ini akan pihaknya sampaikan kepada Bupati dan juga dinas terkait.

"Tentunya kami akan berpihak kepada masyarakat," ujarnya singkat.

Sementara itu pihak PT BSM menanggapi wajar adanya penolakan warga terkait rencana pembangunan tambak udang ini.

"Kami datang tentunya dengan tujuan baik, dan membawa kemaslahatan. Kami kan hanya berencana," kata Agus dari PT. BSM.

Informasi yang dihimpun, hasil audiensi tersebut belum mengeluarkan keputusan apakah rencana pembangunan tambak udang ini dilanjutkan atau dibatalkan.

"Belum ada keputusan, mungkin akan ada pertemuan kembali," kata Kades Buniwangi, Dadan Hermawan.

"Banyak kemungkinan, terutama pencemaran. Jadi kami tidak setuju dengan kehadiran tambak udang di Minajaya," kata Sadam kepada sukabumiupdate.com usai audiensi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK