Hari Kesaktian Pancasila: Anggota DPRD Sukabumi Ingatkan Pentingnya Persatuan di Momen Pilkada

Selasa 01 Oktober 2024, 20:24 WIB
Sendi A. Maulana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PDI Perjuangan | Foto : Sukabumiupdate

Sendi A. Maulana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PDI Perjuangan | Foto : Sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam momentum Hari Kesaktian Pancasila yang senantiasa di peringati pada tanggal 1 Oktober, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Sendi A. Maulana, menyampaikan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara salah satunya adalah menjauhi perpecahan dan selalu menjaga persatuan. 

"Di hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, mudah-mudahan dalam implementasinya kita bisa menjaga persatuan dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini," ujar Sendi kepada sukabumiupdate.com, Selasa (1/10/2024).

Apalagi, kata Sendi, peringatan Hari Kesatian Pancasila kali ini bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada serentak se-Indonesia. Maka, menurutnya menjaga persatuan merupakan hal utama agar tidak terjadi perpecahan karena berbeda pilihan dalam politik. 

Terlebih, sambung Sendi, di Pilkada Kabupaten Sukabumi saat ini hanya diikuti oleh dua pasangan calon yang praktis berhadap-hadapan langsung (head to head) yang memungkinkan berpotensi berbenturan.

Baca Juga: Ketua DPRD Sukabumi Bacakan Ikrar saat Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

"Di musim pilkada ini, mudah-mudahan bisa lebih mengeratkan rasa persatuan dan kesatuan, dimana hari ini pilkada di kabupaten sukabumi ada dua calon yang memang langsung berbenturan (berhadap-hadapan) karena (hanya) dua calon," tuturnya.

"Perbedaan pilihan adalah hal biasa, tapi tetap utamakan persatuan dan kesatuan," imbuhnya.

Sendi juga mengungkapkan harapannya agar siapapun yang terpilih di Pilkada Kabupaten Sukabumi pada 27 November 2024 mendatang dapat membawa Kabupaten Sukabumi menuju kemajuan, khususnya dalam hal ekonomi.

"Banyak visi misi para calon yang pro rakyat, dan semoga visi misi mereka bisa terwujud, siapapun yang nanti terpilih," tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Oktober 2024, 21:28 WIB

Remaja Tertabrak Kereta di Cibadak Sukabumi Meninggal Dunia, Diduga Disebabkan Luka Dalam

Remaja M. Ramdan (13 tahun) yang menjadi korban kecelakaan tertabrak kereta api tanpa palang pintu (dekat SMK Pertanian), Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, pada Senin (1/10/2024), meninggal dunia
A. Ramdan, remaja tertabrak kereta api di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Nasional01 Oktober 2024, 21:06 WIB

Puan Maharani Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR RI

Berikut daftar lengkap pimpinan DPR RI Periode 2024-2029. Puan Maharani kembali terpilih sebagai pimpinan parlemen.
Puan Maharani Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR RI, Pimpin Parlemen untuk Periode 2024-2029. (Sumber Foto: Instagram @puanmaharaniri)
DPRD Kab. Sukabumi01 Oktober 2024, 20:24 WIB

Hari Kesaktian Pancasila: Anggota DPRD Sukabumi Ingatkan Pentingnya Persatuan di Momen Pilkada

Dalam momentum Hari Kesaktian Pancasila yang senantiasa di peringati pada tanggal 1 Oktober, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Sendi A. Maulana, menyampaikan pentingnya menjaga persatuan di momen Pilkada
Sendi A. Maulana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PDI Perjuangan | Foto : Sukabumiupdate
Sukabumi01 Oktober 2024, 19:40 WIB

Saksi Cerita Detik-detik Pemotor 13 Tahun Tertabrak Kereta Api Pangrango di Cibadak Sukabumi

Berikut kesaksian warga di lokasi kejadian pemotor 13 tahun tertabrak kereta api Pangrango di perlintasan sebidang tanpa palang pintu Cibadak Sukabumi.
Kondisi perlintasan sebidang tanpa palang pintu TKP pemotor 13 tahun tertabrak Kereta Api Pangrango di Cibadak Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Food & Travel01 Oktober 2024, 19:00 WIB

Wisata Banten Pantai Batu Saung: Menikmati Keindahan Alam di Ujung Barat Pulau Jawa

Pantai Batu Saung adalah destinasi wisata Banten yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan pesona yang memukau.
Pantai Batu Saung adalah destinasi wisata Banten yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan pesona yang memukau. (Sumber : Desa Cinangka.).
Sukabumi01 Oktober 2024, 18:56 WIB

Pemotor 13 Tahun Tertabrak KA Pangrango di Cibadak Sukabumi, Diduga Tak Dengar Klakson

Seorang pemotor di bawah umur tertabrak Kereta Api Pangrango di perlintasan liar Cibadak Sukabumi. Korban dilarikan ke RSUD Sekarwangi.
Kondisi motor yang tertemper KA Pangrango di Cibadak Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi01 Oktober 2024, 18:07 WIB

Distan Lakukan Monev Pembangunan Jalan Usaha Tani Di Cidolog Sukabumi

UPTD Pertanian Wilayah Sagaranten, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) proyek pembangunan jalan sektor perkebunan di Kecamatan Cidolog.
UPTD Pertanian Sagaranten saat melakukan monev pengerasan jalan sektor perkebunan di Desa Mekarjaya Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Life01 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Langsung Oleh Rasulullah SAW, Yuk Amalkan

Doa pelunas utang merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan untuk memohon bantuan Allah SWT dalam memudahkan perkara ini.
Ilustrasi - Doa pelunas utang merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan untuk memohon bantuan Allah SWT dalam memudahkan perkara ini. (Sumber : Pexels.com/@Pavel Danilyuk)
DPRD Kab. Sukabumi01 Oktober 2024, 17:30 WIB

Ketua DPRD Sukabumi Bacakan Ikrar saat Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Berikut isi naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali.
Momen Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar saat membacakan ikrar dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Alun-alun Palabuhanratu. (Sumber : Dok. DPRD)
Jawa Barat01 Oktober 2024, 17:24 WIB

Ada Komeng 'Uhuy', Empat Anggota DPD RI Asal Jawa Barat Resmi Dilantik

Hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024, sebanyak 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik. Upacara pelantikan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.
4 anggota DPD RI asal Jawa Barat resmi dilantik (Alfiansyah Komeng, Aanya Rina Casmayanti, Jihan Fahira, dan Agita Nurfianti) | Foto : Colase Sukabumi Update