Golkar Tetapkan Budi Azhar Mutawali Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi

Selasa 10 September 2024, 18:42 WIB
Budi Azhar Mutawali saat menerima SK penentapan dan pengesahan sebagai Pimpinan DPRD dari DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa/Sukabumi Update

Budi Azhar Mutawali saat menerima SK penentapan dan pengesahan sebagai Pimpinan DPRD dari DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa/Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akhirnya menetapkan nama untuk Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029. Penetapan tersebut sangat ditunggu mengingat hampir satu bulan lebih paska pelantikan, DPRD Kabupaten Sukabumi dijabat Ketua Sementara.

Melalui salinan surat yang beredar di awak media, nomor B-74/DPP/GOLKAR/IX/2024 Prihal Penetapan Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi, dengan berdasar salah satunya pada surat DPD Partai Golkar Jawa Barat Nomor B-73/GOLKAR/VIII/2024 tertanggal 27 Agustus 2024 tentang Usulan Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, DPP Golkar menetapkan dan mengesahkan Budi Azhar Mutawali, S.IP sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.

Surat yang ditantatangani langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Jendral Muhammad Sarmuji tertanggal 8 September 2024 itu sekaligus memerintahkan kepada DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat untuk segera menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Saat dikonfirmasi, Budi Azhar Mutawali membenarkan atas terbitnya surat tersebut. Ia mengaku surat tersebut telah diterima langsung oleh dirinya dari DPP yang diserahkan oleh Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily pada Senin 9 September 2024.

"Iya benar, mohon doanya agar saya diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengemban amanah ini dengan baik," kata Budi kepada sukabumiupdate.com, melalui sambungan telepon, Selasa (10/9/2024).

Terkait dengan prosedur penetapan dirinya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi definitif, Budi menyebut bahwa proses penetapannya akan dilalui melalui paripurna DPRD, kemudian diusulkan kepada Gubernur Jawa Barat. "Untuk prosedur lebih jelasnya, silakan konfirmasi ke Sekretaris DPRD," ujarnya.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia Resmi Jadi Ketum Partai Golkar, Berwenang Penuh Susun Kepengurusan

Baca Juga: Besok Dilantik, Golkar Belum Tetapkan Nama untuk Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi

Baca Juga: Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Sukabumi Sambut Baik Kunjungan Anggota Paskibraka

Sebagai informasi, pada Pemilu 2024, Partai Golkar berhasil lolos menjadi pemenang di Kabupaten Sukabumi dengan meraih suara tertinggi, yakni 252.887 suara dan mengantarkan 10 kadernya menduduki kursi DPRD Kabupaten Sukabumi. Sebagai pemenang Pemilu Legislatif di Kabupaten Sukabumi, Golkar juga berhak menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD

Dari 10 kader tersebut, diketahui Budi Azhar Mutawali sebagai Caleg yang memperoleh suara terbanyak dengan mengantongi sebanyak 29.233 suara.

Prosedur Pembentukan Pimpinan DPRD

Sekretaris DPRD Kabupaten Sukabumi, Lina Evelin Marlina, mengatakan bahwa prosedur pembentukan pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 12 tahun 2018 dibagi dalam dua tahap.

"Tahap pertama pengusulan calon pimpinan DPRD, berikutnya tahap peresmian pimpinan DPRD definitif," kata Evelin.

Evelin menjelaskan, pada tahap pertama, dimulai dari pengusulan nama oleh partai yang berhak (yaitu partai Golkar) kepada pimpinan sementara DPRD Kabupaten Sukabumi yang dilampiri dengan bukti perolehan suara terbanyak, dan SK Gubernur soal Peresmian dan Pengangkatan Anggota DPRD. Lalu pimpinan sementara DPRD membawa usulan tersebut ke paripurna DPRD Pengumuman Calon Pimpinan DPRD.

"Setelah paripurna, kemudian diusulkan kepada gubenur sebagai wakil pemerintah untuk mendapat pengesahan," jelas Evelin.

Selanjutnya, sambung Evelin, pada tahap kedua, setelah menerima SK dari Gubernur, pimpinan sementara DPRD mempersiapkan paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD definitif. "Setelah pengucapan sumpah janji, nanti ada prosesi penyerahan palu rapat dari pimpinan sementara DPRD kepada pimpinan DPRD deifinitif," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life19 September 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Minimalis yang Bisa Membuat Cepat Kaya, Hindari Hutang!

Gaya hidup minimalis mendorong seseorang untuk hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan berguna, bukan yang sekadar diinginkan.
Ilustrasi. Menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi memungkinkan uang tumbuh dan berlipat ganda dalam jangka panjang, yang merupakan kunci untuk membangun kekayaan. (Sumber : GhasoubAlaeddin)
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel18 September 2024, 20:00 WIB

Situ Bagendit, Wisata Eksotis di Garut yang Berselimut Kisah Legenda

Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba.
Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba. (Sumber : disparbud.garutkab.go.id).