Jejak Bayu Permana, Dari Aktivis Menjadi Legislator Muda Di Parlemen Sukabumi

Sabtu 07 September 2024, 08:55 WIB
Bayu Permana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029 dari F-PKB | Foto : Sukabumi Update

Bayu Permana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029 dari F-PKB | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Bayu Permana, namanya kini mulai dikenal di panggung politik Kabupaten Sukabumi. Sebagai pendatang baru, pria berusia 35 tahun ini  berhasil menorehkan sejarah dengan menjadi caleg muda dari Daerah Pemilihan 2 dengan dukungan suara fantastis.

Pada Pemilu 2024, Bayu memperoleh sebanyak 23.199 suara. Dengan jumlah sebesar itu menempatkan mantan aktivis PMII ini dalam daftar 6 Raja Caleg di Kabupaten Sukabumi.

Perjalanan Bayu menuju kursi legislatif tidak lepas dari latar belakangnya dalam dunia aktivisme dan keterlibatannya dalam isu-isu lingkungan serta pesantren. 

Sebelum terjun ke politik, Bayu aktif dalam berbagai organisasi sosial dan kemasyarakatan. Ia pernah menjabat sebagai pendamping desa  dibawah naungan Kementerian Desa dan juga sebagai direktur di Saba Desa Institute. 

Bayu juga aktif  dalam komunitas Pangauban Cicatih Cimandiri Gunung Salak, yang menegaskan dedikasinya terhadap pelestarian lingkungan.

“Meskipun saya kini telah mengundurkan diri dari jabatan-jabatan tersebut akibat aturan larangan merangkap jabatan, saya tetap aktif di komunitas Pangauban,” kata ayah dua anak itu.

Penggemar aktivitas luar ruangan itu menyebut mendaki gunung menjadi salah satu hobinya,  Gunung Salak dan Gunung Merbabu diantaranya yang pernah ia daki. “Saya tidak sering mendaki gunung, tapi Gunung Salak adalah yang paling sering saya kunjungi, sedangkan Gunung Merbabu adalah yang paling jauh,” ungkap Bayu.

Pendidikan awal Bayu dimulai di SDN Leuwi Orok Parungkuda, kemudian dilanjutkan ke SMP Islam Cipasung Tasikmalaya dan Madrasah Aliyah Unggulan Syamsul 'Ulum. Ia melanjutkan studinya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada jurusan manajemen fakultas dakwah dan komunikasi pada tahun 2011. 

Tidak berhenti di situ, Bayu saat ini sedang menempuh studi S2 di Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor dengan jurusan manajemen pendidikan.

Motivasi Bayu untuk terjun ke dunia politik berakar dari pengalamannya sebagai aktivis mahasiswa dan keinginannya untuk menyelesaikan masalah lingkungan hidup serta tata ruang secara lebih komprehensif. “Kalau kita tidak masuk ke dalam sistem kebijakan, penyelesaian masalah seringkali hanya bersifat parsial,” jelasnya.

Baca Juga: DPRD Dukung Penghentian Sementara Proyek Kandang Ayam di Cimerang Sukabumi

Sebagai anggota DPRD, Bayu berkomitmen untuk fokus pada dua isu utama: komunitas pesantren dan keadilan ekologis. Keadilan ekologis mencakup isu lingkungan hidup, eksploitasi sumber daya alam, dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan. 

“Saya menyesuaikan dengan pemetaan komisi, tetapi minat pribadi saya tetap pada isu pesantren dan lingkungan, karena itulah yang menjadi passion saya serta pengalaman saya sebelumnya,” ungkapnya.

''Dua isu ini akan menjadi fokus saya selama lima tahun ke depan, sementara dewan lainnya akan menangani bidang lain seperti pendidikan, kelautan, ekonomi, dan kesehatan,” tambahnya.

Lahir pada 15 Mei 1989 di Sukabumi, Bayu Permana tidak hanya merupakan wajah baru di DPRD Kabupaten Sukabumi, tetapi juga seorang yang berkomitmen untuk membawa perubahan signifikan bagi masyarakat dan lingkungan di daerahnya. Dedikasinya untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan keberpihakan pada isu-isu krusial membuatnya menjadi sosok yang patut diperhatikan dalam arena politik lokal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).
Sukabumi16 September 2024, 17:03 WIB

Jembatan dan Jalan di Cidadap Sukabumi ini Memprihatinkan, Warga Minta Perbaikan

Warga dambakan perbaikan permanen jembatan gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi yang kondisinya puluhan tahun rusak.
Kondisi jembatan gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi yang memprihatinkan. (Sumber : Istimewa)
Musik16 September 2024, 17:00 WIB

Trending Lagi! Ini Lirik dan Terjemahan Lagu All Of Me John Legend

Hingga Senin (16/9/2024), Video Klip Lagu All Of Me John Legend sudah ditonton lebih dari 2,4 Billions Views sejak dirilis 2 Oktober 2013 lalu.
Hingga Senin (16/9/2024), Video Klip Lagu All Of Me John Legend sudah ditonton lebih dari 2,4 Billions Views sejak dirilis 2 Oktober 2013 lalu. Foto: YouTube/JohnLegend
Life16 September 2024, 16:00 WIB

10 Prinsip Hidup Ramah Orang Sunda, Paling Penting "Ngajaga Tata Krama"

Tata krama dalam budaya Sunda sangat penting. Orang Sunda diajarkan untuk berbicara dengan bahasa yang halus, menghormati yang lebih tua, serta menunjukkan sikap rendah hati.
Ilustrasi. Orang Sunda mengajarkan anaknya tata krama dan sikap ramah. (Sumber : Pixabay/SasinTipchai)
Sukabumi16 September 2024, 15:47 WIB

Jasad Pelajar Sukabumi Sempat Muncul Namun Kembali Hilang Tergulung Ombak Pantai Cipatuguran

Warga sempat dibuat heboh dengan penampakan diduga jasad Pelajar Sukabumi yang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Momen warga setempat melihat jasad pelajar Sukabumi yang tenggelM terseret ombak di Pantai Cipatuguran. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi16 September 2024, 15:08 WIB

Polairud: Korban Pelajar Sukabumi, Kronologi dan Ciri Wisatawan Tenggelam di Pantai Cipatuguran

Kasatpolairud Polres Sukabumi, AKP Tenda Sutenda menjelaskan bahwa satu dari dua wisatawan yang sempet terseret arus laut Cipatuguran ini dinyatakan hilang dan masih dicari.
Petugas di lokasi wisatawan tenggelam dihantam ombak Pantai Cipatuguran Palabuhanratu Sukabumi, Senin (16/9/2024) (Sumber: Istimewa)