Menu

10 Okt 2020, 10:23 WIB

Tak Ada Lagi Bathtup Alami di Curug Citaman Sukabumi, Ambrol Diterjang Banjir Bandang

Wisatawan bermain di air terjun (curug) Citaman dan kolam dibawahnya nan jernih. | Sumber Foto: Istimewa/Dok Sukabumiupdate.com

SUKABUMUPDATE.com - Curug Citaman adalah salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Dulu di tempat tersebut pengunjung dapat menikmati air terjun dilengkapi embung yang berbentuk seperti bathtup atau bathtub alami.

Dengan keunikannya ini, banyak wisatawan lokal maupun internasional yang tertarik berkunjung ke Curug yang berada di perbukitan Murbey ini. 

Akses jalan menuju lokasi, dapat melalui jalan Cimelati yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lurus terus mengikuti jalan sepanjang tiga kilometer hingga akhirnya sampai Kampung Citaman, dari sana jalan kaki sedikit hingga sampai ke curug.

BACA JUGA: Bathup Alami Nan Jernih, Segernya Berenang di Curug Citaman Sukabumi

Namun bathtup alami itu akhirnya ambrol bersamaan dengan peristiwa banjir bandang yang terjadi pada 21 September 2020 lalu. Kini kondisi Curug tersebut tidak lagi indah seperti sediakala. Di bibir curug hanya tersisa bebatuan yang merupakan material embung. 

Anggota SAR Khatulistiwa, Rendi Abdul Rohman mengatakan, saat ini para petugas yang berasal dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Tim Rescue Gunung Salak, Khatulistiwa, Ekskul Spider, dan Siswa SMK Kehutanan Kadipaten Tengah membersihkan material banjir bandang berupa lumpur, dan pohon di sekitar air terjun tersebut.

Kondisi terkini Curug Citaman setelah embung alaminya jebol.

"Rencananya sih mau dibersihkan dlu kubangannya, soalnya masih banyak pasir di kubangan curug sehingga kubangan tersebut menjadi dangkal. Mudah mudahan setelah dibersihkan pasirnya, kubangan itu bisa di nikmati lagi meskipun tak seperti semula," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (9/10/2020).

Pria yang sering disapa Oken ini menjelaskan, selain membersihkan kubangan air terjun itu. Para petugas juga membersihkan sisa-sisa material banjir bandang di aliran sungai Citaman. "Ini agar tidak terjadi lagi sumbatan air dan mencegah terjadinya lagi luapan air," tandasnya.

catatan redaksi: Naskah dan judul mengalami perubahan pukul 13.53 WIB

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Raksasa media sosial Facebook meluncurkan layanan pencari pasangan Facebook Dating di 32 negara Eropa, Rabu, 21 Oktober 2020. Peluncuran tersebut merupakan peluncuran lanjutan. Sebelumnya Facebook sudah meluncurkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran pelatih tim Persib Bandung menyesuaikan program para pemainnya dengan menggelar latihan bersama hanya tiga kali dalam sepekan untuk merespons kompetisi Liga 1 Indonesia yang hingga saat...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat untuk beraktivitas lingkungan selama periode libur panjang, 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. "Contoh musim hujan bisa mencari bibit...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengajak para netizen bijak memanfaatkan media internet demi kebaikan bersama. Jangan sampai internet dijadikan ajang menebar benih kebencian, fitnah, hingga permusuhan,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya