Menu

20 Sep 2020, 06:10 WIB

Air Terjun Undak Dua, Pesona Alam dari Ketinggian Cidahu Sukabumi

Air terjun Undak Dua, yang berlokasi di Kampung Cangkuang, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Cidahu merupakan salah wilayah di Kabupaten Sukabumi yang memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah indah dengan tempat lain. 

Hal itu dipicu karena letak geografis kecamatan tersebut yang berada di kaki Gunung Halimun Salak, khususnya Kampung Cangkuang, Desa Cidahu. Di sana terdapat salah satu air terjun atau curug yang gagah tinggi menjulang, air terjun ini bernama Undak Dua.

Untuk mencapai ke lokasi air terjun, pengunjung harus merogoh kocek Rp 10 ribu untuk membayar tiket masuk dan Rp 5 ribu untuk parkir kendaraan. Hal itu mesti dipenuhi karena tempat wisata tersebut dikelola oleh Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). 

Dalam mengakses ari terjun Undak Dua ini, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang sekitar 2,5 kilometer. Kondisi jalannya pun cukup menantang dan terjal, tentu bisa membuat masa liburan semakin asyik.

Di sepanjang jalan menuju air terjun, pengunjung akan melintasi dua bukit yang cukup tinggi sebelum tiba di lokasi air terjun. Cukup melelahkan memang, namun lelah itu akan terobati ketika melintasi bukit terakhir. Sebab, di sana pengunjung akan merasakan suasana tropis dan udara sejuk yang berasal dari pepohonan damar yang rimbun.

BACA JUGA: Melihat Keunikan Curug Cikarang, Air Terjun Bertingkat di Cidadap Sukabumi

Terlebih lagi, semuanya akan terbayar ketika pengunjung tiba di air terjun Undak Dua. Pengunjung dapat menikmati air terjun yang memiliki tinggi sekitar 15 meter ini dengan berenang.

Tak sulit untuk pengunjung dari luar kota ketika hendak berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Dari jalan nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kecamatan Cicurug, pengunjung cukup mencari SPBU yang berada di Kampung Caringin, Desa Nyangkowek. Setibanya di sana, pengunjung akan menemukan pertigaan jalan yang biasa disebut Gang Cidahu. 

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa langsung mengarahkan kendaraannya ke gang tersebut dengan menempuh jalur itu sepanjang 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. 

Sementara bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, dapat menaiki angkutan umum warna putih jurusan Cidahu-Cicurug, dengan ongkos sebesar Rp 5 ribu per orang. Biasanya angkutan umum ini sering menunggu penumpang di sekitar SPBU Caringin. 

Angkutan umum ini hanya bisa membawa penumpangnya hingga Terminal Cidahu,di Desa Cidahu. Untuk mencapai gerbang TNGHS, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek dengan ongkos Rp 10 ribu.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan akan melakukan pemeriksaan kelengkapan data dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS. Pada Minggu 1 November 2020, peserta...

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya