Menu

19 Sep 2020, 06:11 WIB

Situ Cikalapa, Danau Eksotis yang Tak Jauh dari Bibir Pantai Ratu Cimandala Surade Sukabumi

Situ Cikalapa, yang berlokasi di Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda penikmat alam bebas, nampaknya Anda harus datang ke lokasi yang satu ini. Namanya Situ Cikalapa.

Berada di jalur wisata Pantai Ratu Cimandala Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Situ Cikalapa menawarkan pemandangan menarik berupa hamparan danau yang memiliki luas puluhan hektare.

Tak hanya itu, pengunjung pun disusuguhkan suasana sejuk dan alami karena lokasi situ yang dikelilingi pepohonan.

Kedalaman Situ Cikalapa juga cukup bervariasi, mulai dari 30 sentimeter di area tepi, hingga 3 sampai 4 meter di area tengah situ tersebut.

Salah satu pengunjung, Igoy menuturkan, jarak antara Situ Cikalapa dengan bibir Pantai Ratu Cimandala berkisar 300 meter. Jalan menuju Situ Cikalapa sendiri terbilang mudah diakses karena lokasi situ yang berada di pinggir jalan.

Situ Cikalapa, yang berlokasi di Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Pantai Ratumandala, Keindahan Tersembunyi di Selatan Kabupaten Sukabumi

"Jadi sambil menuju ke Pantai Ratu Cimandala, bisa mampir dulu ke situ tersebut," kata Igoy kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/9/2020).

Igoy mengatakan, bagi pengunjung lain yang masih bingung ketika hendak mengunjungi Situ Cikalapa, para pengunjung dapat menemukan Kantor Desa Cipeundey.

"Dari kantor Desa Cipeundey ke lokasi sekitar 6 kilometer. Kendaraan roda dua dan empat bisa masuk ke lokasi," katanya.

Situ Cikalapa, yang berlokasi di Desa Cipeundey, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Igoy menyebut, di Situ Cikalapa tersedia spot untuk berenang yang relatif aman. Selain itu, ada pula spot camping yang dapat digunakan oleh pengunjung. Hingga saat ini, Situ Cikalapa belum dipasangi tarif masuk alias gratis.

"Tinggal menghubungi Karang Taruna Desa Cipeundey, karena lokasi tersebut belum ada fasilitas dan belum dibuka secara umum," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

SUKABUMIUPDATE.com - Memanaskan makanan sudah jadi kebiasaan bagi masyarakat perkotaan. Entah karena kesadaran untuk tidak membuang-buang makanan atau tidak memiliki waktu untuk memasak makanan segar.  Banyak yang mengatakan bahwa makanan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya