Menu

12 Sep 2020, 15:04 WIB

Gak Mau Dibilang Monyet? Poster Nyinyir bagi Pembuang Sampah di RTH Citepus Sukabumi

Poster di Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Balai Desa Citepus, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:NANDI

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi wisatawan yang sering berkunjung ke kawasan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pasti tidak asing dengan Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Balai Desa Citepus. Hampir setiap waktu lokasi tersebut ramai pengunjung.

Ramainya hilir mudik para pengunjung, tentu sulit untuk taman yang dibangun Dinas Perumahan dan Permukiman itu terbebas dari sampah.

Pengelola RTH Balai Desa Citepus, Tardi mengatakan, sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya sampah berserakan yang dilakukan oknum pengunjung dengan membuang sampah sembarangan, para pedagang sepakat memasang sejumlah poster peringatan. Poster itu menjadi unik, karena memuat narasi yang membuat siapapun malu ketika akan membuang sampah sembarangan di lokasi tersebut.

"Ada empat poster kecil yang kita pasang, dengan gambar dan tulisan yang menyeleneh. Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat atau pengunjung yang datang ke sini," kata Tardi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (12/9/2020).

BACA JUGA: Wisatawan di Pantai Citepus Sukabumi Mesti Hati-hati, 3 Orang Terseret Ombak

Poster di Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Balai Desa Citepus, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Tardi menuturkan, dua poster dibuat dengan berisi kalimat "Kalo Gak Mau di Bilang Monyet, Jangan Buang Sampah Seenaknya!!!". Sementara satu poster lainnya memuat kalimat "Cantik Wajahnya, Belum Tentu Cantik Hatinya ???", dan satu poster lagi memiliki kalimat "Jangan Merasa Ganteng, Kalo Masih buang sampah sembarangan !!".

"Posisinya sengaja dipasang tepat di beberapa pintu masuk pantai, ya diantaranya di area jogging track dan deretan bangku yang disediakan para pedagang di sekitar lokasi Taman RTH Balai Desa Citepus, agar terlihat oleh pengunjung," jelas Tardi.

Poster di Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Balai Desa Citepus, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Dengan dipasangnya beberapa poster tersebut, Tardi berharap pengunjung saat datang ke tempat wisata di manapun, khususnya di Taman RTH Balai Desa Citepus, sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

"Mari kita jaga tempatnya, kita jaga kebersihannya, upayakan membuang sampah pada tempatnya. Intinya kan kalau tempatnya bersih kita juga pengunjung nyaman dan betah," tandasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri alias hubungan inses yang terjadi di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan tes usap massal diprioritaskan untuk daerah-daerah dengan risiko penularan yang tinggi. Hal ini disampaikan Doni menjawab desakan agar pemerintah melakukan 3T,...

SUKABUMIUPDATE.com - Penetapan dan pengambilan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi melahirkan euforia. Nomor urut pasangan calon dikapitalisasi dalam berbagai sudut pandang, bahkan sampai pada pendekatan mistik. Pasangan...

SUKABUMIUPDATE.com - Demi menjaga keamanan dan ketertiban pada Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi akan menerjunkan ribuan Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya