Menu

12 Apr 2020, 17:10 WIB

Curhat Penjaga Pantai di Palabuhanratu Ditengah Pandemi Covid-19

Petugas Satgas PKWT saat melakukam pengawasan di Objek wisata Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecataman Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah wabah Corona atau Covid-19, satuan tugas Pemandu Keselamatan Wisata Tirta (Satgas PKWT) atau Balawista di akhir pekan ini, Minggu (12/4/2020) tetap melakukan pengawasan di sepanjang objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Masih Ada Pengunjung dari Luar Daerah, Pantai Ujung Genteng Sukabumi Dipasang Plang

Koordinator Satgas PKWT Yanyan Nuryanto mengatakan, meskip sudah ada imbauan dari pemerintah daerah bahwa kawasan wisata ditutup sementara, tetap saja tak demikian dengan kondisi di lapangan.

"Kondisi di lapangan berbeda, karena tetap saja selalu ada wisatawan yang datang ke objek wisata pantai meskipun tidak banyak seperti saat libur panjang ataupun sebelum wabah virus Corona merebak," kata Yanyan kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Objek Wisata di Ciracap Sukabumi Ditutup Sementara

Yanyan dan rekan-rekannya tetap melakukan tugas pengawasan dan penjagaan objek wisata pantai. Mekanismenya dilakukan dengan menempatkan anggota secara selektif dan bergiliran di masing-masing pos pelayanan dan pengawasan, mulai dari Cisolok sampai Minajaya.

"Kami hadir di lapangan untuk memastikan bahwa di kawasan wisata pantai, baik masyarakat maupun wisatawan, mentaati edaran atau imbauan dari pemerintah tentang social distancing. Serta mencegah, meminimalisir adanya kriminalitas sekaligus melakukan identifikasi usaha masyarakat dalam pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

BACA JUGA: KLHK Tutup Jembatan Situgunung Sukabumi Hingga Waktu Belum Ditentukan

Namun begitu, sambung Yanyan, pihaknya juga menyadari risiko yang dihadapi mengingat APD anggotanya di lapangan sangat terbatas. "Langkah yang diambil oleh Satgas PKWT tidak lepas dari koordinasi dengan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi dan Dinas Pariwisata," terangnya.

Sementara itu, Kepala Operasional dan SDM Satgas PKWT Kabupaten Sukabumi, Asep Edom mengatakan, sosialisasi di objek wisata pantai sudah sering dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi, khususnya untuk kawasan wisata pantai Palabuhanratu.

"Objek wisata sebagian besar sepi, tidak ada wisatawan, hanya ada di beberapa titik dan Satgas PKWT hanya memberi imbauan aman berwisata. Pengawasan dilakukan di pukul 07.00 - 17.00 WIB," tandasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Mahalnya biaya rapid test dikeluhkan masyarakat yang ingin bepergian, alhasil masyarakat pun lebih memilih menunda bepergian menggunakan pesawat ketimbang harus membayar rapid test. Dilansir dari suara.com, wakil Ketua...

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi kesehatan para korban predator anak di Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi membaik. Kendati demikian, para korban ini sempat menjadi gampang marah dan kerap mengurung diri di kamar.  Hal...

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons keluhan salah seorang warganet yang melaporkan soal adanya kasus corona di sebuah pabrik di Cikarang, Jawa Barat. Dilansir dari suara.com, Kang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas dialami kendaraan wisatawan di Jalan Raya Palabuhanratu KM 29, Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/7/2020). Sebuah sedan Honda City dengan polisi B 1295...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya