Menu

17 Jan 2020, 19:40 WIB

Peta Wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu dan Kisah Dibalik Pembuatannya

Peta jalur wisata geopark ciletuh palabuhanratu karya pegiat wisata | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com – Akhirnya Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP) punya peta jalur wisata. Walaupun belum sempurna, karya salah seorang pegiat wisata di Sukabumi Hidayat Asep Mustofa ini cukup lengkap sebagai alat bantu wisatawan mengekplore spot spot wisata alam eksotis yang tersebar di berbagai penjuru kawasan GCP.

Sebenarnya penyusunan peta wisata ini dimulai Hidayat Asep dan kawan-kawannya sejak tahun 2018. Tanpa keahlian mumpuni dibidang desain grafis mereka tetap mencoba membuat peta berbasis google earth yang akan mencantumkan semua hal terkait kawasan GCP. 

“Alhamdulilah jadi juga, walaupun belum sempurna. Peta mulai kami publis melalui media sosial sudah berisi update jalur-jalur terbaru menuju kawasan Geopark Ciletuh Palabuhnaratu. Peta ini dirancang untuk panduan karena kita ingin semakin banyak orang datang ke Sukabumi,” jelas pria yang kekinian dikenal sebagai salah seorag pelopor desa wisata hanjeli di Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi ini, Jumat (17/1/2020).

BACA JUGA: Bersama Empat Kabupaten, Sukabumi Terdepan di Jawa Barat untuk Pariwisata Geopark

Kepada sukabumiupdate.com, Hidayat Asep menjelaskan lebih dari 50 lokasi wisata sudah termuat dalam peta tersebut, ditandai dengan gambar bintang warna emas. Selain itu, peta wisata ini juga akan dilengkapi lokasi SPBU, gerai ATM, tempat menginap, tempat makan dan informasi terkait fasilitas pendukung wisata lainnya.

Karena bukan proyek pemerintah, peta wisata disusun bertahap dan terus menerus. Hidayat Asep berharap banyak masukan dari warga untuk menyempurnakan peta GCP ini.

Dari laman blog wisata alam sukabumi yang digawangi Hidayat Asep, peta ini dirilis ke seluruh dunia. “Jauh dari sempurna tapi kami yakin peta ini sudah bisa membantu wisatawan yang ingin berkunjung ke Geopark Ciletuh Palabuhanratu,” pungkasnya.

BACA JUGA: Menatap Masa Depan Wisata Sukabumi dari Kacamata Pegiat Wisata

Beikut enam jalur wisata menuju Pantai Palangpang, ikon GCP yang dirilis Hidayat Asep sebagai narasi peta wisata tersebut.

1. Akses yg paling mudah dari Jakarta bisa Via Ciawi / Tol Cigombong lanjut Via Cikidang masuk ke Palabuhanratu lanjut perjalanan lewat jembatan kuning Bagbagan.

Dari Bagbagan sekitar 3 Km ambil arah kanan masuk ke Loji- Desa Sangrawayang – Puncak darma – Pantai Palangpang. Bagbagan – Pantai Palangpang sekitar 45 menitan.

2. Akses ke Dua dari Jakarta bisa Via Ciawi / Tol Cigombong lanjut Via pertigaan Cibadak masuk ke Cikembang – Warung Kiara – Bantargadung – lanjut perjalanan lewat jembatan kuning Bagbagan.

Dari Bagbagan sekitar 3 Km ambil arah kanan masuk ke Loji- Desa sangrawayang – Puncak darma – Pantai Palangpang. Bagbagan – Pantai Palangpang sekitar 45 menitan.

3. Akses ke Tiga dari Jakarta bisa Via Ciawi / Tol Cigombong lanjut Via pertigaan Cibadak masuk ke Cikembang – Warung Kiara -. Bantargadung – lanjut perjalanan lewat jembatan kuning Bagbagan.

Dari Bagbagan ambil arah kiri Lurus – Cigaru- masuk ke Kiara dua – Waluran – Cimulk – Tamanjaya – Panenjouan – Pantai Palangpang – Pantai Palangpang. Perjalanan sekitar 2,5 Jam.

4. . Akses ke Empat dari Jakarta bisa Via Ciawi / Tol Cigombong lanjut Via pertigaan Cibadak masuk ke Cikembang – Warung Kiara -. Bantargadung – lanjut perjalanan lewat jembatan kuning Bagbagan.

Dari Bagbagan ambil arah kiri Lurus ke arah cigaru Perkebunan teh ambil kanan ke arah Ciemas Panenjouan Tamanjaya – Pantai Palangpang. Perjalanan sekitar 2 Jam.

5. Akses ke Lima dari Jakarta bisa Via Ciawi / Tol Cigombong lanjut Via pertigaan Cibadak masuk ke Cikembang – masuk Yonif 310 cikembar -Cibatu – Padabeunghar – Jampang Tengah – Lengkong – waluran – Cimulk – Tamanjaya – Panenjouan – Pantai Palangpang.

6. Akses ke Enam dari Jakarta bisa Via Ciawi / Tol Cigombong lanjut Via pertigaan Cibadak masuk ke Cikembang – masuk ke Pertigan Pangleseran arah padabeunghar – Jampang Tengah – Lengkong – waluran – Cimulk – Tamanjaya – Panenjouan – Pantai Palangpang.

Untuk Rute 1 dan 2 kendaran harus sehat dan Prima. Bus Sedang / Besar dilarang Lewat Loji silahkan ambil jalur Waluran.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kiper legendaris Spanyol, Real Madrid dan Porto Iker Casillas akan segera pensiun setelah mengumumkan bahwa dirinya mencalonkan diri sebagai presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Dilansir dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Status Facebook sebagai raja media sosial harus berakhir dan berpindah tangan pada 'anak angkatnya' sendiri, yaitu Instagram. Dikutip dari suara.com, Facebook cukup pintar meramal masa depan Instagram dengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika banyak orang di penjuru dunia tinggal di kota dengan berdesak-desakan, sebuah kota kecil di Italia, ini justru kekurangan penduduk. Dilansir dari tempo.co, namanya Teora, sebuah kota...

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah lembaga swadaya masyarakat bidang konstitusi dan demokrasi mengusulkan pemerintah dan DPR merevisi UU Parpol, UU Pilkada, dan UU Pemilu dan membahasnya secara bersamaan. "Karena satu rangkaian penting...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya