Menu

Sabtu, 24 Agustus 2019, 13:38 WIB

Yang Ngaku Mancing Mania Wajib Datang ke Bugel Cimarinjung Ciemas

Selain menyimpan panorama alam yang indah, kawasan Geopark Ciletuh memiliki tempat-tempat yang rekomended untuk penghobi mancing salah satunya Bugel Cimarinjung yang letaknya berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Selain menyimpan panorama alam yang indah, ternyata kawasan Geopark Ciletuh memiliki tempat-tempat yang rekomended untuk penghobi mancing salah satunya Bugel Cimarinjung. Penasaran? tempatnya di Kampung Cimarinjung Desa Ciwaru berbatasan dengan Kampung Ciporeang, Desa Ciemas di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. 

Bugel Cimarinjung ini disebut juga dengan nama Situ Balekambang, karena keberadaanya dekat dengan Pantai Balekambang yang menjadi bagian dari Pantai Palangpang. Air di Bugel Cimarinjung ini begitu bersih karena berasal dari aliran Sungai Cimarinjung. 

BACA JUGA: Mancing di Ujunggenteng Strike Ikan Gelang Jeruk, Simak Cara Memasaknya!

Dari lokasi ini, sangat jelas terlihat perbukitan dan pemandangan birunya laut di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

"Panjang Bugel Cimarinjung diperkirakan dua kilometer, dengan lebar bervariasi dari hulu sampai hilir antara 7 - 10 meter, air tersebut dari aliran Curug Cimarinjung yang tertutup pasir pantai sehingga tidak bisa ke laut," ujar Sanud (55 tahun) warga Kampung Palangpang RT 03/01 Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.

BACA JUGA: Berwisata Sambil Salurkan Hobi, Ini Dia Spot Mancing Asyik di Sukabumi

Menurut dia, pada musim kemarau debit airnya kecil sebaliknya ketika musim hujan saat debit air besar maka air dari Bugel Cimarinjung ini pasti mengalir ke laut.

Ikan hasil mancing di Bugel Cimarinjung.

"Kedalaman musim hujan mencapai 1 hingga 2 meter, kalau lagi surut diperkirakan 30 - 50 centimeter namun ada juga yang lebih," jelasnya.

BACA JUGA: Ingin Hasil Tangkapan Banyak, Ini Waktu yang Tepat Mancing di Pantai Cilegok

Warga yang datang ke tempat ini bisa memancing sepuasnya. Sehingga tak hanya dari daerah Ciemas saja, banyak pemancing yang datang dari luar daerah. Ejeng (63 tahun), diantaranya. Dia datang bersama teman-temannya dari Kampung Cimulek, Desa Waluran, Kecamatan Waluran, untuk mendapatkan kepuasan sebagai pemancing.

"Dilokasi ini hampir setiap hari selalu ada yang mancing, mulai dari pukul 10.00 WIB sampai sore hari," ujar Ejeng.

Menurut Ejeng, berbagai jenis ikan tumbuh subur ditempat ini seperti bagad, mili, jaer laut dan kapuran. "Kalau lagi mujur bisa mendapatkan 2 sampai 3 kilogram, mancing disini itu sambil refreshing," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI, M O Royani, menuturkan, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Cianjur relatif cukup banyak. Sehingga,...

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan yang melibatkan bus Damri jurusan Sukabumi-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dengan dengan truk molen di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kampung Babakan Peundeuy, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi,...

SUKABUMIUPDATE.com -  Hati-hati mengisi baterai di tempat pengisian daya yang disediakan di tempat umum seperti bandara atau stasiun kereta api. Penjahat siber bisa dengan mudah memasukkan malware atau menyedot...

SUKABUMIUPDATE.com - Kompak, Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2018 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bahkan penghargaan itu diterima selama lima kali berturut-turut. Penghargaan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya