Niat Liburan ke Selatan Sukabumi, Ini Rute menuju Palabuhanratu, Geopark Ciletuh dan Ujunggenteng

Rabu 05 Juni 2019, 08:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Kabupaten Sukabumi punya banyak sekali tempat menarik yang wajib untuk dikunjungi. Dari mulai wisata laut dan pantai, pegunungan, danau, hutan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari semua objek wisata itu, pantai masih menjadi lokasi favorit. Tempat-tempat itu dengan mudahnya ditemukan, asal tahu jalur yang akan dilalui. Berikut adalah panduan menuju objek wisata Geopark Ciletuh, Palabuhanratu dan Ujunggenteng.

Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu bukan nama yang asing lagi bagi masyarakat. Tak hanya saat hari libur saja, setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di Palabuhanratu ini terdapat pantai-pantai yang menawarkan keindahan yang luar biasa diantaranya Karanghawu dan Citepus. Tak hanya pantai saja ternyata, ada juga objek wisata lain seperti Pemandian air panas Cisolok dan Goa Lalay.

Untuk menuju ke Palabuhanratu ada dua jalur pertama lewat Cikidang. Rutenya dari arah Jakarta masuk ke jalan raya Sukabumi-Bogor. Kemudian sebelum memasuki daerah Cibadak ada simpang Cikidang. Patokannya itu Pos TMC Elang Cikidang. Dari sana masuk ke jalan Cikidang, ikuti jalan tersebut karena ujungnya di Palabuhanratu. Melalui jalan Cikidang memang banyak memangkas waktu, namun kendaraan yang bisa melalui jalan ini hanya mobil kecil dan motor saja. Sedangkan bus dilarang masuk jalur Cikidang karena banyak tikungan tajam, tebing dan jurang. 

Selain jalur Cikidang, ada pilihan jalur lain untuk ke Palabuhanratu yaitu jalur Cikembar. Adapun rutenya dari arah Jakarta masuk jalan raya Sukabumi-Bogor kemudian ketika di daerah Cibadak setelah pasar Cibadak masuk ke simpang ratu. Persimpangan ini yang mengarah ke Palabuhanratu. Dari simpang ratu lanjutkan perjalanan ke arah Cikembar, kemudian ke arah Warungkiara, lalu Bantargadung dan perjalanan pun sampai di Palabuhanratu. Untuk jalur Cikembar ini memang waktu tempuh cukup lama dan jauh. Tapi jalur ini aman untuk kendaraan apapun. 

Geopark Ciletuh

Siapa yang tak tahu keindahan Geopark Ciletuh. Objek wisata ini menyajikan panorama alam yang bikin decak kagum, ada pantainya dan sejumlah air terjun yang menyejukan. 

Berniat ke Geopark Ciletuh, ini adalah rute yang bisa dilalui. Bisa masuk melalui jalur Cikidang menuju Palabuhanratu. Jalur ini hanya bisa dilalui kendaraan kecil dan sepeda motor tidak dengan bus atau mobil besar. Jalur lainnya untuk menuju Palabuhanratu adalah lewat Cikembar. Jalur ini lebih aman dari jalur Cikidang karena lebih landai.

Apabila sudah berada di Palabuhanratu, arahkan kendaraan menuju simpang Bagbagan kemudian lanjutkan perjalanan masuk ke Jalan Simpenan. Sampai di simpang Loji terdapat pertigaan. Dari sana Anda akan bisa memilih untuk melalui jalur kanan menuju Geopark Ciletuh.

Dari sana teruskan perjalanan mengikuti jalan. Melalui jalur tersebut, sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan pemandangan sisi pantai yang indah. Tanda bahwa anda sampai di kawasan Geopark Ciletuh adalah Puncak Darma, Kecamatan Ciemas. Setelah tiba di Geopark Ciletuh silahkan Anda menjelajahi kawasan wisata ini sepuasnya.

Pantai Ujunggenteng

Ujunggenteng adalah salah objek wisata di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi. Pantai Ujung Genteng ini tepatnya berada di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Tak sabar ingin berwisata kesana? ini jalur yang bisa dilalui.

Apabila memulai dari Bogor maka jalan pertama yang dilintasi adalah jalur Sukabumi-Bogor. Saat masuk di daerah Cibadak, arahkan kendaraan menuju Simpang Ratu. Kemudian saat berada di daerah Cikembar belok kiri ke arah Yonif 310 lalu cari jalan masuk ke arah Jampangtengah. Dari Jampangtengah perjalanan dilanjutkan ke arah Lengkong, masuk Kiaradua kemudian ke Jampang Kulon dan Surade. Dari Surade lanjutkan perjalanan menuju Ujunggenteng.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)