Menu

10 Mar 2019, 06:30 WIB

Batu Punggung Naga, Spot Favorit di GCP Ciemas Sukabumi

Batu Punggung Naga, hamparan bebatuan berusia jutaan tahun di Geopark Ciletuh Palabuhanratu atau GCP, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com- Batu Punggung Naga, tak lain merupakan hamparan bebatuan berusia jutaan tahun yang menghadap langsung ke laut Sukabumi selatan. Lokasi tersebut berada di Suaka Margasatwa Cikepuh, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Nikmati Laut Lepas Di Atas Batu Pantai Karang Merak Simpenan Sukabumi

Batu Punggung Naga merupakan kawasan zona inti Geopark Ciletuh Palabuhanratu atau GCP, Kabupaten Sukabumi. Salah satu tempat yang memberi suguhan alam nan indah, selain curug (air terjun), pantai dan panorama bukit.

"Untuk mencapai lokasi tersebut, dibutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan perahu dari Pantai Palangpang maupun Pantai Cikadal," kata Ketua Pokmasi Desa Mandrajaya, Opick Ariosantos kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (9/3/2019).

Melihat dari dekat hamparan bebatuan berusia jutaan tahun di Batu Punggung Naga di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa.

Untuk wisatawan, masih kata Opick, sudah disediakan perahu dengan tujuan Batu Punggung Naga dan spot lain di sekitarnya. Tarifnya Rp 850.000 per perahu dengan kapasitas penumpang 10 hingga 15 orang.

"Bisa langsung menginjakan kaki di hamparan batu tersebut, berfoto, melihat laut lepas dan suguhan alam lainnya," lanjut Opick.

Selain usianya yang sudah jutaan tahun, masih kata Opick, Batu Punggung Naga memiliki keunikan tersendiri dari warna dan aneka ragam motif batu. Seperti motif batik dan sisik naga dengan warna merah kecoklatan, sehingga lokasi tersebut memiliki magnet tersendiri untuk wisatawan yang tertarik untuk meneliti.

"Selain melihat keunikan batu punggung naga, jangan lewatkan juga berburu ikan dengan cara mancing. Bisa mencoba menikmati sekitar pantai sambil menyelam atau diving, sambil dipandu sama yang berpengalaman," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya berolahraga dengan berlebihan. Dilansir dari tempo.co, padahal semua yang berlebihan itu tentu tidak baik, termasuk olahraga. Bila mengolah tubuh dengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Penis bengkak biasanya disertai oleh berbagai gejala lain, seperti bau tak sedap atau benjolan yang muncul di kulit penis. Dilansir dari tempo.co, gejala menyebalkan ini bisa menyebabkan...

SUKABUMIUPDATE.com - James Scott, pria 57 tahun ini menderita kondisi yang menyakitkan akibat kecelakaan di tempat kerjanya 4 tahun lalu. Dilansir dari suara.com, saat itu James kejatuhan 1,5 ton...

SUKABUMIUPDATE.com - Pencarian hari terakhir Barji (35 tahun) korban tenggelam di Sungai Cimandiri pada Kamis (20/2/2020) belum membuahkan hasil. Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran dari tempat kejadian hingga Muara...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya