Menu

19 Jan 2019, 12:25 WIB

Kisah Noni Belanda dan Jodoh di Curug Cukcrukan Waluran Sukabumi

Curug Cukcrukan. | Sumber Foto:Ragil Gilang.

SUKABUMIUPDATE.com - Wisata alam di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi Selatan nampaknya tidak pernah habis untuk dikunjungi. Terutama potensi wisata alam air terjun atau curug.

Satu lagi curug yang menarik untuk dikunjungi ada di Kampung Cipondoh, Desa Waluran, Kecamatan Waluran yang masih termasuk zona Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Letaknya sekitar tiga kilometer dari Kantor Desa Waluran.  Warga sekitar menamakannya Curug Cukcrukan.

"Air curug ini berasal dari aliran Sungai Cikarang. Selain Curug Cukcrukan, juga ada dua curug lain yang dari aliran sungai tersebut yakni Curug Cinta, dan Cukcrukan dua. Juga ada Lawang Cukcrukan yang terasering dengan hamparan pesawahan tersusun rapi,"kata Cahya Suken penggiat wisata Kecamatan Waluran, kepada sukabumiupdate.com belum lama ini.

Selain curug, lanjut Cahya, terdapat taman bebatuan purba yang diperkirakan berusia 25 - 30 jutaan tahun. Tumpukan batu raksasa tersebut membentuk lorong-lorong yang unik, dari cerita orangtua dahulu, lorong tersebut dijadikan tempat persembunyian seorang Noni Belanda dengan nama Centring Manik. Konon, Centring Manik bersembunyi karena menolak dijodohkan.

Cahya menambahkan, Cukcrukan memiliki arti menelusuri jalan dan bermuara di sebuah curug di Kampung Cipondoh yang kental dan masih melestarikan budaya tempo dulu. Tradisi musik buhun (Gondang), masih bisa dinikmati di kampung ini.

BACA JUGA: Berburu Spot Sunset Nan Eksotis di Pantai Pasirputih Ciracap Sukabumi

"Ini sangat baik untuk edukasi bagi generasi muda, "tambahnya.

Akses jalan menuju Curug Cukcrukan bisa dilewati mobil dan sepeda motor. Sebagian masih bebatuan dan jalan tanah setapak sekitar 1,3 kilometer, sehingga yang menggunakan mobil harus jalan kaki atau naik motor sekitar 200 meter.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Di tengah pandemi virus corona baru alias COVID-19, beraktivitas fisik tetap harus dilakukan demi menjaga daya tahan tubuh. Dilansir dari tempo.co, bolehkah olahraga sampai ke luar rumah...

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai upaya dalam mengantisipasi dan memutus penyebaran virus corona atau covid-19 terus dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Sukabumi. Salah satunya, melalui program unggulan Udunan Online, program yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebaran wabah Corona saat ini kian memprihatinkan. Keadaan ini membuat semua pihak bergerak untuk mencegah meluasnya Covid-19 ini. Seperti DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi yang melaksanakan penyemprotan disinfektan di...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Sylvie Gustiana Derin, kembali memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan minuman kesehatan untuk tenaga medis di rumah sakit. Kali ini...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya