Menu

Sabtu, 13 Oktober 2018, 11:37 WIB

Kasepuhan Adat Sinarresmi Ditetapkan sebagai Global Geopark

Sesepuh Kasepuhan Adat Sinarresmi Abah Asep Nugraha. | Sumber Foto:Dok. sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan Kasepuhan Adat Sinarresmi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sebagai Global Geopark atau Geopark Dunia.

"Alhamdulillah perjuangan semua pihak akhirnya Kasepuhan Adat Sinarresmi yang berada di Kecamatan Cisolok ini diakui UNESCO dan masuk kedalam kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu," kata Sesepuh Kasepuhan Adat Sinarresmi Abah Asep Nugraha di Sukabumi, Jumat, 12/10.

Menurutnya, kurang dari satu tahun sejak diajukannya Kasepuhan Adat Sinarresmi ini menjadi Global Geopark ternyata sudah mendapatkan perhatian dari UNESCO, sehingga bisa ditetapkan sebagai kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang merupakan geopark dunia.

Dengan diakuinya bagian geopark dunia, akan banyak keuntungan yang diperoleh. Salah satunya akan dikenal di mancanegara, sehingga bisa menyedot wisatawan mancanegara untuk datang. Tentu saja ini akan menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Abah Asep berharap pengakuan UNESCO ini  bisa membuat warga tetap menjaga kearifan local, walaupun nantinya akan banyak kedatangan wisatawan dari berbagai negara dan daerah. "Kami langsung mengadakan acara tasyakur, diawali dengan ngahuripan dilanjutkan dengan acara syukuran atau hamin doa (dalam bahasa Adat Kasepuhan Sinaresmi)." Acara tasyakuran ini berbarengan dengan diselenggarakannya Ciletuh Geopark  Festival (CGF) sehingga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman mengatakan Kasepuhan Adat Sinarresmi ini merupakan salah warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu tren modifikasi sepeda motor adalah penggunaan ban berukuran kecil dengan pelek besar atau juga disebut sebagai Hellaflush. Sebelumnya, Hellaflush merupakan aliran modifikasi pada mobil. Namun modifikasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Cidadap (FKMC) Kecamatan Simpenan mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/11/2019). Mereka yang datang merupakan tim sukses...

SUKABUMIUPDATE.com - UPT Pengendalian Penduduk (Dalduk) Jampang Kulon, sosialisasi dan memberikan pembinaan tentang kesehatan, lingkungan dan peran penting keluarga kepada masyarakat, di Kampung KB Cibenda Desa Cikarang, Kecamatan Jampang...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan, pelakasanaan pilkada langsung di Indonesia turut menyebabkan 826 pasangan suami istri atau pasutri bercerai, terutama di daerah Jawa. "Data terakhir itu...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya