Menu

Minggu, 18 Pebruari 2018, 09:23 WIB

Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pulau Mandra dan Kunti di Ciemas Kabupaten Sukabumi

Pulau Kunti dan Pulau Mandra di Pantai Cikadal, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi punya Pulau Mandra dan Kunti sebagai salah satu destinasi wisatanya. Ada hal yang perlu kamu ketahui dibalik penamaan dua pulau yang berada di sekitar Pantai Cikadal ini.

Juru kunci Pulau Mandra, Saman (56 tahun) mengatakan, penamaan Pulau Mandra berasal dari kata mantra, yang berarti kalimat sakti. Sebelum masuk ke wilayah Desa Mandrajaya, wilayah ini merupakan bagian administrasi Desa Cibenda.

BACA JUGA: Liburan Akhir Pekan ? Dua Pulau di Ciemas Kabupaten Sukabumi Ini Bisa Jadi Pilihan

"Menurut sesepuh kami, dua desa ini Desa Cibenda dan Desa Mandrajaya punya sejarah yang saling berkaitan," ujar Saman kepada sukabumiupdate.com, belum lama ini.

Kata Cibenda, diambil sebagai nama desa karena latar belakang wilayahnya. Penamaannya tidak terlepas dari kata barang atau benda pusaka.

"Dan itu semua tersimpan di Pulau Mandra, mungkin saat ini belum waktunya untuk membuka kunci rahasia pusaka atau kalimat sakit di Pulau Mandra," kata warga Kampung Cikadal Rt 1 RW 2, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas ini.

BACA JUGA: Menikmati Bentangan Laut Selatan Kabupaten Sukabumi dari Vihara Nam Hai Kwan Im

Sementara penamaan Pulau Kunti, kata Salman berkaitan dengan cerita orangtua zaman dulu yang sering melihat penampakan mahluk gaib perempuan di pulau tersebut. Adapula yang menyebut penamaan didasari dari kondisi pulau yang memiliki goa.

"Pada intinya, inilah sebuah anugerah dari yang Maha Kuasa. Kita dianugerahi alam yang sangat indah untuk dijaga, dipelihara, dan dimanfaatkan untuk kehidupan," ujar Saman.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Satu lagi destinasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. Goa Gunung Sungging. Sebuah Goa yang berada di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, ini...

SUKABUMIUPDATE.com - Sidang penyebaran ujaran kebencian berbau suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dengan terdakwa Abraham Ben Moses alias Saifuddin Ibrahim, 52 tahun, berlangsung di Pengadilan Negeri Tangerang, Tangerang, Senin, 26...

SUKABUMIUPDATE.com -  Dua kelompok massa anti-Ahok maupun pendukung Ahok berkumpul di depan gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk mengikuti proses sidang PK Ahok. Kedua kelompok pro dan kontra Ahok itu berorasi di depan...

SUKABUMIUPDATE.com - Jose Mourinho tampil sebagai pemenang dalam laga besar Liga Inggris antara Manchester United dan Chelsea, di Old Trafford, Ahad malam. Timnya mampu mengalahkan lawan dengan skor 2-1. Pelatih MU...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved