Menu

18 Peb 2018, 09:23 WIB

Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pulau Mandra dan Kunti di Ciemas Kabupaten Sukabumi

Pulau Kunti dan Pulau Mandra di Pantai Cikadal, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi punya Pulau Mandra dan Kunti sebagai salah satu destinasi wisatanya. Ada hal yang perlu kamu ketahui dibalik penamaan dua pulau yang berada di sekitar Pantai Cikadal ini.

Juru kunci Pulau Mandra, Saman (56 tahun) mengatakan, penamaan Pulau Mandra berasal dari kata mantra, yang berarti kalimat sakti. Sebelum masuk ke wilayah Desa Mandrajaya, wilayah ini merupakan bagian administrasi Desa Cibenda.

BACA JUGA: Liburan Akhir Pekan ? Dua Pulau di Ciemas Kabupaten Sukabumi Ini Bisa Jadi Pilihan

"Menurut sesepuh kami, dua desa ini Desa Cibenda dan Desa Mandrajaya punya sejarah yang saling berkaitan," ujar Saman kepada sukabumiupdate.com, belum lama ini.

Kata Cibenda, diambil sebagai nama desa karena latar belakang wilayahnya. Penamaannya tidak terlepas dari kata barang atau benda pusaka.

"Dan itu semua tersimpan di Pulau Mandra, mungkin saat ini belum waktunya untuk membuka kunci rahasia pusaka atau kalimat sakit di Pulau Mandra," kata warga Kampung Cikadal Rt 1 RW 2, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas ini.

BACA JUGA: Menikmati Bentangan Laut Selatan Kabupaten Sukabumi dari Vihara Nam Hai Kwan Im

Sementara penamaan Pulau Kunti, kata Salman berkaitan dengan cerita orangtua zaman dulu yang sering melihat penampakan mahluk gaib perempuan di pulau tersebut. Adapula yang menyebut penamaan didasari dari kondisi pulau yang memiliki goa.

"Pada intinya, inilah sebuah anugerah dari yang Maha Kuasa. Kita dianugerahi alam yang sangat indah untuk dijaga, dipelihara, dan dimanfaatkan untuk kehidupan," ujar Saman.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial tengah ramai dengan isu kalung yang diklaim sebagai antivirus, termasuk virus corona. Sebelumnya, Kementerian Pertanian menyatakan bakal menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Valtteri Bottas secara sempurna mentransformasikan pole position di GP Austria yang penuh drama menjadi kemenangan pertamanya di F1 musim ini. Mengutip Suara.com, Bottas mendominasi balapan sepanjang 71 lap...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa negara telah menerapkan new normal atau pembebasan aturan pembatasan sosial, mekipun pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Melansir Suara.com, semua orang pun tetap disarankan menjalani protokol kesehatan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Berita bola pada Ahad, 5 Juli 2020, menampilkan rumor terbaru soal perburuan pemain di bursa transfer sepak bola Eropa. Mengutip Tempo.co, ada kabar soal Real Madrid, Bayern Munchen,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya