Menu

Sabtu, 17 Pebruari 2018, 08:37 WIB

Liburan Akhir Pekan ? Dua Pulau di Ciemas Kabupaten Sukabumi Ini Bisa Jadi Pilihan

Pulau Kunti dan Pulau Mandra di Pantai Cikadal, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan Pantai Cikadal di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi tidak lepas dari keberadaan dua pulau yaitu Pulau Mandra, dan Pulau Kunti. Dua pulau ini menyajikan pemandangan.

BACA JUGA: Leuwi Asam Cibitung Sukabumi Kini Punya River Tubing, Mau Coba?

Pulau Mandra terletak tidak jauh dari bibir Pantai Cikadal, hanya sekitar 300 meter. Untuk mencapai ke pulau tersebut, bisa ditempuh menggunakan perahu sekitar 10 menit, bahkan bisa juga dengan berjalan kaki bila air laut dalam kondisi surut. Jarak tempuhnya sekitar 20 menit.

BACA JUGA: Jelajah Perut Bumi Lewat Gua Gunungsungging Sukabumi

Sedangkan Pulau Kunti berada tak jauh di sekitar pantai. Pulau ini merupakan bagian dari daratan Bukit Gunungbadak yang menjorok ke laut. Pulau tersebut bisa ditempuh dengan perjalanan darat melewati pesisir pantai dan jalan setapak lewat Bukit Gunungbadak dengan jarak sekitar 2 kilometer. Bila pula ditempuh menggunakan perahu waktu tempuh yang lebih singkat, sekitar 30 menit.

BACA JUGA: Curug Gerong Waluran Sukabumi, Ada Sejarah Dibalik Keindahannya

"Potensi wisata Pulau Mandra dan Pulau Kunti yang berada di sekitar Pantai Cikadal tidak kalah menarik dengan pantai lainnya di Sukabumi," ujar Agustina Abdul Hasanudin, Kades Mandrajaya kepada sukabumiupdate.com belum lama ini.

Keunikan batu karang yang beraneka ragam, serta kondisi laut yang masih alami menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata di dua pulau itu. Namun, akses jalan menuju Pantai Cikadal diakui belum memadai.

BACA JUGA: Wisata ke Curug Sodong Ciemas Sukabumi Yuk, Gratis Tiket Masuk Lho

"Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi pembangunan akses jalannya. Kami pihak pemerintah desa akan melakukan penataan dan pembenahan tentunya melakukan koordinasi dengan rekan pemuda dalam pengelolaan wisata," ujar Agustina.

BACA JUGA: Wisata ke Leuwi Kenit Ciracap Sukabumi Yuk, Ada Batu Berukir yang Bakal Bikin Penasaran

Saman (56 tahun), warga Kampung Cikadal RT 1 RW 2, Desa Mandrajaya menjelaskan, keberaadaan dua pulau ini menjadkan wisata di Pulau Cikadal istimewa. Banyak potensi kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan mengatakan, terdapat tiga Kawasan Strategis Destinasi Pariwisata (KSDP). Tiga kawasan tersebut masuk dalam Rencana...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved