Menu

03 Peb 2018, 09:32 WIB

Jelajah Perut Bumi Lewat Gua Gunungsungging Sukabumi

Pengunjung berada di dalam Gua Gunungsungging. | Sumber Foto:Demi Pratama, AP

SUKABUMIUPDATE.com - Gua Gunungsungging merupakan tempat wisata yang sudah terkenal dari jaman dulu. Gua ini berada di Desa Gunungsungging Kecamatan Surade, letaknya tak begitu jauh dari Pusat pemerintahan Kecamatan Surade.

Untuk masuk ke gua ini, pengunjung harus menjaga keselamatan dan membawa perlengkapan penerangan. Ada baiknya pengunjung membawa lampu baterai atau head lamp.

Untuk akses, pengunjung bisa memilih dua pintu masuk. Pertama dari bawah goa dan satu lagi dari atas goa.

BACA JUGA: Gua Buniayu di Nyalindung Sukabumi, Menikmati Keajaiban Perut Bumi

Di dalam gua akan ditemui banyak formasi stalaktit, stalakmit dan batuan yang berbentuk unik. Ditambah aliran sungai bawah tanah menambah eksotisnya tempat yang satu ini.

Keberagaman bentuk batuan di dalam gua, membuat banyak persepsi beredar dikalangan masyarakat sekitar.

Salah satu contoh stalaktit yang bentuknya hampir menyerupai Kepala ular. Ujung dari stalaktit yang menggantung itu diberi nama sebagai batu ular putih. Ada juga formasi batuan di lantai gua yang terbentuk sedemikian rupa sehingga nampak seperti badak bercula. Batu ini disebut badak putih. Dan ada juga nama batuan lainnya yang dinamai batu puter, batu garuda dan yang lainnya.

BACA JUGA: Gua Gunung Sungging, Tempat Persembunyian Pejuang Kemerdekaan di Surade Kabupaten Sukabumi

Bahkan aliran sungai di dalam goa pun memiliki nama sebagia Ci Kahuripan atau dalam bahasa Indonesia sebagai air kehidupan.

sukabumiupdate.com mencoba menemui salah seorang sesepuh desa sekaligus pemilik lahan gua tersebut.

R. H. Aji Gunawan. Lelaki berusia 62 tahun ini menjelaskan dari cerita leluhurnya bahwa goa ini di buat oleh Raden Kian Santang sewaktu mengembara ke tatar Jampang. Menurut dia gua ini adalah Puseur atau pusat dari gua-gua yang ada di tatar jampang sehingga dapat tembus ke daerah di Pajampangan.

BACA JUGA: Goa Tutul Ciracap Kabupaten Sukabumi, Masih Perawan dan Penuh Tantangan

"Bila melihat pintu masuk nya memang gua ini seperti kecil namun bila kita masuk goa ini amatlah luas bahkan bisa di  masuki ratusan orang. Selain luas, Gua Gunung Sungging ini juga memiliki beberapa lorong di dalam nya yang bisa di lalui dengan berjalan kaki," sambung ujar Abah Aji, sapaan akrab Aji Gunawan.

Dalam hal ini, akses jalan menuju Gua Sungging masih belum terlalu mulus karena menanjak dan masih rusak.

Abah Aji juga berharap semoga akses jalan menuju Gua Gunung Sungging segera di perbaiki agar para wisatawan tidak terlalu kesulitan mengunjungi gua ini.

Reporter : DEMI PRATAMA, AP/Kontributor
Redaktur : ANDRI. S
Sumber : Demi Pratama, AP
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada 12 kabupaten kota yang memiliki kasus aktif Covid-19 lebih dari 1.000 kasus. "Sebanyak 12 kabupaten kota ini sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah mobil pick up bermuatan tabung gas elpiji meledak dan terbakar di SPBU Warungkondang, Jalan Raya Sukabumi, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/10/2020) petang. Kebakaran diduga...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama diminta oleh petani untuk segera menangani kelangkaan pupuk bersubsidi. Hal itu disampaikan oleh petani pada saat Reses yang dilakukan di...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kolaborasi yang solid antara berbagai elemen masyarakat santri dan pesantren penting untuk mewujudkan akselerasi perekonomian rakyat di tengah pandemi yang beri dampak...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya