Menu

14 Jan 2018, 08:28 WIB

Curug Indra, Potensi Wisata Tersembunyi di Cikakak Kabupaten Sukabumi

Curug Indra. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Aliran Sungai Sukawayana di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi punya potensi wisata air terjun (curug) yang indah. Yakni air terjun yang akrab disebut Curug Indra.

Curug Indra terletak di Kampung Cidadap, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak. Pemerintah desa dibantu masyarakat setempat mulai membenahi akses jalan menuju curug ini.

BACA JUGA: Panorama Tiga Curug Alami di Desa Ciemas Kabupaten Sukabumi

Kepala Desa Sukamaju, Empang Sopandi menceritakan, Curug Indra merupakan salah satu potensi wisata di desanya yang harus dimanfaatkan secara maksimal. Curug ini berada di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

"Aliran Curug Indra bermuara di laut Palabuhanratu. Meski tingginya kurang lebih hanya 10 meter namun, tapi Curug Indra punya cekungan yang lebar dan debit air besar. Wisatawan dijamin berdecak kagum melihat keindahannya," ujar Empang ditemui di kantornya belum lama ini.

BACA JUGA: Curug Luhur Sukabumi yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Nggak Nyesel

Tidak sekadar wisata, Curug Indra juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga air yang menantang andrenalin pengunjung. Misalnya melalui seperti free jump atau lompat bebas dari atas curug, river tubbing, atau sekadar berenang. Curang Indra punya cekungan yang dalam dan besar.

"Hanya saja kami perlu menyiapkan sumberdaya manusia dan peralatan untuk mendukung itu semua," beber Empang.

BACA JUGA: Simpan Banyak Misteri, Begini Penampakan Curug Puncak Manik Sekarang di Ciemas

Untuk memaksimalkan fungsi wisata Curug Indra, pemerintah desa bersama masyarakat setempat mulai membenahi akses jalan menuju curug tersebut. Selain itu, Pemerintah Desa Sukamaju juga berencana membekali masyarakat dengan pemahaman tentang wisata yang berwawasan lingkungan.

"Jadi kita siapkan dulu semuanya, baik akses maupun sumberdaya manusianya. Jangan sampai, setelah akses terbuka tempat yang dulunya bersih dan alami malah berubah menjadi kotor dan banyak sampah. Perlahan tapi pasti kami bangun pariwisata di desa ini," pungkas Empang.

Reporter : NANDI
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Nandi
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada 12 kabupaten kota yang memiliki kasus aktif Covid-19 lebih dari 1.000 kasus. "Sebanyak 12 kabupaten kota ini sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah mobil pick up bermuatan tabung gas elpiji meledak dan terbakar di SPBU Warungkondang, Jalan Raya Sukabumi, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/10/2020) petang. Kebakaran diduga...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama diminta oleh petani untuk segera menangani kelangkaan pupuk bersubsidi. Hal itu disampaikan oleh petani pada saat Reses yang dilakukan di...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kolaborasi yang solid antara berbagai elemen masyarakat santri dan pesantren penting untuk mewujudkan akselerasi perekonomian rakyat di tengah pandemi yang beri dampak...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya