Menu

Panorama Tiga Curug Alami di Desa Ciemas Kabupaten Sukabumi

Curug Cigulusur, Curug Dengdeng, dan Curug Ologong. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Bicara Wisata Alam Curug di Selatan Sukabumi, memang ‘gudangnya‘, terutama di wilayah Kecamatan Ciemas. Potensi wisata alamnya beragaman, dari aliran Sungai Cimarinjung, juga objek wisata Curug yang masih alami.

Desa Ciemas juga memiliki tempat wisata yang unik, tepat nya di Kampung Cigulusur. Di tempat ini, terdapat tiga curug yang penuh pesona, berada di satu tempat.

Ketiga curug tersebut yakni, Curug Ologong, Curug Cigulusur, dan Curug Dengdeng. Akses untuk menjangkau lokasi tersebut memang dituntut ke hati - hatian. Jalannya masih berupa bebatuan meski sudah bisa dilalui mobil atau sepeda motor. 

"Kalau dari Kantor Desa Ciemas diperkirakan jaraknya enam kilometer arah ke Paltilu Simpenan. Untuk sampai ke Curugnya bisa jalan kaki sekitar 500 meter," kata Kepala Desa Ciemas Dede Rukmana. 

Akses menuju tiga curug tersebut bisa ditempuh melalui jalur lintas SMPN 3 Ciemas, kemudian mengarah ke perkebunan teh. Dari jalan utama, jaraknya kurang lebih empat kilometer. 

Dede menyebut, selama ini memang belum begitu  banyak pengunjung ke tiga curug tersebut. Paling hanya dikunjungi warga sekitar. 

"Kedepannya kami sudah merencanakan bersama penggerak wisata di desa, kami untuk pengembangan curug tersebut," tutur Dede. 

"Kami  berupaya menggali potensi wisata sekecil apapun, apalagi dengan adanya geopark ciletuh," tambahnya. 

Sementara itu, salah satu penggerak wisata Desa Ciemas, Suhe Suhendar (33 tahun) menambahkan, tiga curug tersebut berada di aliran Sungai Cimarinjung. Dengan suasana yang sejuk serta panorama yang betul - betul masih alami, di sana terdapat tiga curug, jadi pengunjung tidak akan merasa bosan untuk menikmati tiga curug tersebut.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi: : redaksi@sukabumiupdate.com
E-mail Marketing : marketing@sukabumiupdate.com
Komentar Anda
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved