Kota Sukabumi Cocok Dijadikan Kota Kreatif

Senin 24 Juli 2017, 05:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Melihat karakter wilayah Kota Sukabumi yang relatif kecil dan tidak memiliki banyak sumber daya alam (SDA), Kota Sukabumi sangat cocok dijadikan sebagai Kota Kreatif (creative city). Ide itu disampaikan Iskandar, pendiri dan pemilik Gedung Widaria Kencana (GWK).

Iskandar menjelaskan saat ini, Kota Kreatif sedang menjadi isu global terkait arah pembangunan sebuah kota. Ia menjelaskan Kota Kreatif digulirkan sejak tahun 2004 oleh UNESCO, dengan nama UNESCO Creative City Network (UCCN), dan hingga kini terus meningkatkan cakupan jejaringnya ke seluruh dunia.

BACA JUGA: Ingin Tahu Sejarah Sukabumi, Datang Saja ke Museum Kipahare Kota Sukabumi

“Saat ini kurangn lebih ada 69 kota kreatif dari 32 negara dengan 7 bidang kreatif, di Indonesia  baru kota Pekalongan dan Bandung yang masuk  UCCN dalam bidang desain,” ujar Iskandar Senin (24/7/2017).

Menjadikan Kota Sukabumi sebagai salah satu kota kreatif  tentu bukan hal mudah, tetapi juga bukan hal  mungkin, dengan kerja keras kolektif semua komunitas yang ada serta kreatifitas tanpa batas yang tersalurkan secara tepat.

BACA JUGA: Perupa Kota Sukabumi Gelar Halal Bihalal

“Paling lama lima tahun kita bisa mewujudkan Sukabumi Creative City yang memiliki identitas sendiri sebagai kota seni dan budaya,” imbuhnya.

Untuk menuju ke arah kota kreatif, pandang dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi harus membuka lebar pintu kesempatan bagi komunitas untuk bisa lebih mengeksplorasi kreatifitas-kreatifitas yang dimiliki.

“Disinilah peran serta dan totalitas komunitas-komunitas seni dan budaya. Sebab kekutan utama untuk menjadi kota dengan predikat Kota Kreatif ada di tangan komunitas, bukan lagi di pemerintah,” ungkap Iskandar.

BACA JUGA: Santri Larang Main Musik, Pentas Amal Korban Kebakaran di Komplek GWK Kota Sukabumi Dihentikan

Mantan Direktur Utama PT Biofarma yang baru saja pensiun ini mengatakan salah satu jalan agar Kota Sukabumi dapat dilirik oleh dunia, adalah dengan menjadikannya sebagai Kota Kreatif yang mengusung seni dan budaya sebagai komoditas utama.

"Kita harus bersama-sama memberi warna kota ini, membranding Kota Sukabumi sebagai kota seni yang berbudaya dan ramah pada para pendatang, kota yang menjadi idaman masyarakat dunia untuk menikmati sajian seni budaya, serta menjadi kota impian bagi mereka  yang akan menghabiskan masa senja," sebutnya.

BACA JUGA: Kolaborasi Karasukan dan Sketsa di GWK Lahirkan Karya Musik Unik Sukabumi

lebih lanjut Iskandar menuturkan kreatifitas komunitas dalam kota kreatif tidak boleh stagnan, dan harus selalu ada inovasi baru. “Kita harus berlari untuk bisa meraih impian. Jadikan sebagai laboratorium besar dan juga panggung bersama, dan semua komunitas harus berkontribusi," katanya.

Tak sekedar menggagas dan mengajak. Iskandar bahkan menawarkan fasilitas yang ia miliki untuk dipergunaka semaksimal mungkin."Silahkan komunitas manfaatkan fasilitas yang ada di GWK, jadikan tempat ini sebagai ruang ekspresi kalian dan jangan batasi kreatifitas yang dimiliki" ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita