Menu

Minggu, 23 Juli 2017, 17:08 WIB

Ingin Tahu Sejarah Sukabumi, Datang Saja ke Museum Kipahare Kota Sukabumi

Museum Kipahare. | Sumber Foto:Dimas DR

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi masyarakat yang ingin mengetahui sejarah Sukabumi, kini dimudahkan mencari refrensi dengan hadirnya museum Kipahare yang terletak tak jauh dari Kantor Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Di museum yang juga merangkap perpusatakaan umum itu, menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan Sukabumi pada masa lampau. Koleksinya pun cukup beragam, serta mewakili rentang waktu perjalanan sukabumi yang sangat panjang.

BACA JUGA: Kota Sukabumi Segera Miliki Museum Ketiga

Kepala Museum Kipahare Sandi S Wijaya kepada sukabumiupdate.com, Minggu (23/7/2017) menjelaskan ia membagi museum kedalam tiga periode sejarah yang terjadi di sukabumi, yaitu purbakala, era klasik atau kerajaan dan masa kolonial.

Adapun benda-benda koleksi museum, kata dia, meliputi kepala arca, Lingga, pusaka, senjata tradisional, mata uang kuno, foto-foto reproduksi masa kolonial, barang barang rumah tangga tempo dulu, sudut rumah sunda tradisional hingga dokumen penetapan hari jadi Kota Sukabumi versi pemerintah kolonial belanda.

Sandi menambahkan untuk mendapatkan benda-benda tersebut tidak mudah. Ia mengatakan beberapa koleksi museum merupakan hasil pencarian dan eksvakasi tim relawan pelestari budaya, sebuah komunitas yang fokus dalam bidang pelestarian cagar budaya di Sukabumi.

BACA JUGA: Kabupaten Sukabumi Miliki Museum, Syarat Gamelan Sari Oneng Parakansalak Bisa Kembali

"Sukabumi sangat banyak peninggalan budaya dan sejarah, baik dari masa awal peradaban hingga masa kolonial. Namun banyak yang belum terdata hingga rawan hilang atau rusak. Untuk situs-situs yang cenderung aman baik dari kerusakan ataupun tangan nakal kita cukup data dan dokumentasikan. Sedangkan untuk peninggalan yang rawan, kami selamatkan dan kami amankan di museum hingga tetap bisa dinikmati dan dikagumi," terangnya.

Sandi juga menjelaskan museum menerima titipan barang-barang yang memiliki nilai sejarah dari masyarakat. "Pasti kami akan merawat barang yang diserahkan itu,” katanya. 

Reporter : DIMAS DR/Kontribuor
Redaktur : RONY M SAMOSIR
Sumber : Dimas DR
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya