Menu

30 Mar 2017, 19:42 WIB

Diguyur Hujan Deras, Ribuan Warga Kota Sukabumi Antusias Tonton Helaran Seni Budaya

Salah satu penampilan peserta helaran seni budaya Jawa Barat. | Sumber Foto:Garis Nurborullah

SUKABUMIUPDATE.com – Hujan deras yang mengguyur Kota Sukabumi, tidak menyurutkan semangat peserta Helaran Seni dan Budaya Jawa Barat dari 16 daerah (sebelumnya ditulis 17) untuk menampilkan kesenian tradisional, Kamis (30/3).

Helaran yang digelar menyambut HUT ke 103  Kota Sukabumi ini, berjalan meriah dan cukup menarik animo ribuan warga yang rela hujan-hujanan menonton pawai kesenian yang dipertunjukkan berbagai kota dan kabupaten tersebut.

Kontingen Kabupaten Ciamis berhasil menjadi yang terbaik dalam helaran seni dan budaya tahun 2017 tingkat Jawa Barat ini, sementara untuk tingkat kecamatan di Kota Sukabumi juara pertama diraih oleh Kecamatan Cikole.

Wali Kota Sukabumi Mohammad Muraz dalam sambutannya mengatakan, Helaran budaya ini merupakan bentuk upaya meningkatkan rasa persaudaraan. "Tidak hanya di Kota Sukabumi saja, tapi rasa persaudaraan itu harus dengan seluruh penduduk Jawa Barat khususnya dan dengan seluruh rakyat Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

BACA JUGA:

Sukabumi Light Run, Lima Pelari, Lintasi Enam Daerah, Tempuh 103 KM, Selama 17 Jam

Helaran Seni Budaya, Satlantas Polres Sukabumi Kota Lakukan Rekayasa Lalin

Siang Ini, Warga Kota Sukabumi Dihibur Pertunjukan Seni 17 Daerah di Jawa Barat

Menurutnya, budaya lokal harus selalu diprioritaskan di era globalisasi, selama ini warga asing datang ke Indonesia tidak mencari budaya mereka. Tapi, ingin mencari dan melihat budaya budaya lokal di Indonesia.

"Sekarang itu kita menghadapi era globalisasi, kita harus bisa menunjukkan budaya lokal. Ketika warga asing datang ke Kota Sukabumi, maka suguhilah budaya kita, ini akan lebih menarik dibandingkan budaya dari luar," tuturnya.

Berikut daftar juara Helaran Seni Budaya tingkat Jawa Barat, Juara 1 Kabupaten Ciamis, Juara II Kabupaten Cianjur, Juara III Kota Bandung. Sedangkan Juara Harapan I diraih Kabupaten Sukabumi, Harapan II Kabupaten Purwakarta dan Harapan III Kota Cimahi. 

Sedangkan tingkat Kota Sukabumi, Juara I diraih Kecamatan Cikole,  Juara II Citamiang dan Juara III Warudoyong.  Semntara Juara Harapan I diraih Kecamatan Gunungpuyuh, Harapan II Baros dan Harapan III Lembursitu.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : HERRY FEBRIANTO
Sumber : Garis Nurborullah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Video prakirawati cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang pekan ini viral karena menjadi korban pelecehan seksual secara verbal di Twitter kini hilang. Diduga BMKG telah menghapus...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya