Menu

Jumat, 17 Maret 2017, 18:23 WIB

Puncak Tugu, Nikmati Sunset dan Makan Nasi Liwet Khas Mekarjaya Kabupaten Sukabumi

Puncak Tugu. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, salah satu desa yang kaya akan potensi wisata alam. Bahkan, tidak kalah menariknya obyek-obyek wisata lainnya di Kabupaten Sukabumi.

Salah satu destinasi wisata yang kini sedang digarap dan dipromosikan sekelompok pemuda pegiat wisata mandiri, Kompepar atau Kelompok Pemuda Pariwisata Desa Mekarjaya, adalah Puncak Tugu.

Puncak Tugu memiliki view panorama alam yang indah, serta beberapa venue pendukung lainnya. Keberadaannya kini mulai dibenahi demi mengejar ketinggalan dari destinasi wisata lainnya.

Puncak Tugu berada di wilayah perkebunan sawit dengan luas 280 hektare. Untuk kawasan Puncak Tugu sendiri seluas 40 hektare, sedangkan kawasan yang dibenahi untuk wisata seluas lima hektare.

Duden Wahyu Heryanto (40), Ketua Kompepar Mekarjaya mengatakan, pengelolaan Puncak Tugu sudah mendapat persetujuan dari pemilik perkebunan sawit. "Mereka merespon dan mengizinkan untuk dibenahi dan dijadikan tempat wisata, serta mempersilakan untuk program pertanian tumpang sari."

BACA JUGA:

Spot Foto untuk yang Lagi Kasmaran

Goa Tutul Ciracap Kabupaten Sukabumi, Masih Perawan dan Penuh Tantangan

Ditambahkan Duden, ke depan, tempat tersebut bisa dijadikan wisata edukasi. "Saya bersama rekan-rekan pada 15 Januari 2017 lalu, berinisiatif membuka lahan Puncak Tugu. Bersama swadaya warga yang peduli wisata, merapikan akses jalan menuju ke sana. Kami juga membuat spot selfie dan pagar pembatas tebing. Pengerjaannya baru sekitar 25 persen."

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa menyeruput kopi, atau makan nasi liwet dan ikan bakar di warung yang terdapat di area Puncak Tugu.

Lokasi wisata yang merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati matahari terbenam ini, terletak di Kampung Cicukang RT 08/02, Desa Mekarjaya.

Menuju tempat ini Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2.5 kilometer dari Jalan Cagak Cicukang, dengan kondisi jalan sepanjang satu kilometer beraspal, dan 1.5 sisanya, masih berbatu. Jika Anda dari arah Bogor atau Sukabumi, bisa masuk melalui Bagbagan, Kecamatan Palabuhanratu.

Reporter : RAGIL GILANG/Kontributor
Redaktur : ANISA SITI RIZKIA
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya