//
Menu

06 Des 2016, 21:14 WIB

Objek Wisata Alam dan Buatan Kabupaten Sukabumi Terbaik versi Kementerian Pariwisata

Kabupaten Sukabumi menerima penghargaan kategori Objek Wisata Alam dan Buatan Terbaik tingkat nasional, diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Iyos Somantri. | Sumber Foto:Danang Hamid

SUKABUMIUPDATE.COM – Kementerian Pariwisata tengah giat melakukan promosi wisata di dalam dan luar negeri, agar kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kabupaten Sukabumi yang memiliki keindahan alam yang beragam, di mana potensi-potensi ini cukup banyak tersebar di berbagai daerah di Sukabumi, seperti Pantai Palabuanratu, Ujung Genteng, Pondok Halimun, hingga Geopark Ciletuh. Bahkan kawasan tradisional Kasepuhan Ciptagelar, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, layak "dijual".

Dengan ragam potensi wisata yang ada, Kabupaten Sukabumi berhak atas penghargaan untuk kategori Objek Wisata Alam dan Buatan Terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Bupati Sukabumi, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Iyos Somantri, saat menghadiri Rapat Koordinasi IV Kementerian Pariwisata, 2016 se-Indonesia, di Sultan Hotel, Jakarta, Selasa (6/1).

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi stimulan bagi kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi,” ungkap Iyos kepada sukabumiupdate.com, Selasa.

Menurutnya, sangat penting menumbuhkan sadar wisata di Kabupaten Sukabumi dengan melibatkan para pemangku kebijakan, pelaku usaha, dan masyarakat. “Jangan sampai wisatawan kapok datang berkunjung ke Sukabumi,” terang Iyos.

Ia menggambarkan perilaku jujur dalam berdagang, lebih baik mengambil keuntungan sedikit namun berkesinambungan dari pada menjual mahal namun frekuensi penjualan menurun. “Istilah, ulah neke wisatawan, kalau mereka kapok nggak bakal balik lagi ke Sukabumi,” imbuhnya.

Terkait kendala yang membuat kunjungan wisatawan ke Sukabumi menurun seperti kemacetan jalur Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi-red) yang tak kunjung bisa diurai, Iyos optimis bila target proyek Tol Bocimi bisa selesai pada 2019 mendatang, maka kunjungan wisatawan ke Sukabumi akan membaik.

Terlebih, menurutnya, jika didukung sektor wisata dan masyarakat Sukabumi yang berkarakter. Karakter bisa dibangun bersama-sama dengan pengelolaan yang baik dan penataan beragam aspek pendukungnya.

Optimisme mengenai perkembangan sektor wisata di Kabupaten Sukabumi, juga disampaikan Humas Sekda Pemkab Sukabumi Yudi Panca Yoga. "Harus bisa memanfaatkan Visa kunjungan wisata 156 negara yang diperjuangkan Kementerian Pariwisata, agar wisatawan mancanegara (wisman) banyak datang ke Indonesia."

Berdasarkan data Badan Pariwisata Dunia (UNWTO) 2015, sektor pariwisata dunia memberikan kontribusi 9,8% produk domestik bruto global, dengan kontribusi terhadap total ekspor dunia sebesar $7,58 triliun.

”Ini harus kita manfaatkan. Dulu kan cuma 12 negara, jadi perjuangan kementerian harus kita apresiasi sebaik-baiknya. Yang penting Sukabumi punya nilai, Wakatobi juga kan jauh, tapi orang tetap mau datang.” Tegasnya.

Reporter : DANANG HAMID
Redaktur : ANISA SITI RIZKIA
Sumber : Danang Hamid
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dua remaja asal hilang saat berenang di Bendungan Cikanteh aliran Sungai Cikanteh Kampung Cikanteh RT 02/01 Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/11/2020). Perangkat Desa Ciwaru, Jajang...

SUKABUMIUPDATE.com - Para nelayan di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi mengaku cukup khawatir setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo kena OTT KPK. Bukan tanpa alasan, para nelayan sebelumnya dilarang menangkap...

SUKABUMIUPDATE.com – Ucapan hari guru nasional 2020 memenuhi beranda media sosial. Akun-akun tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sukabumi di Pilkada Sukabumi ikut menampilkan flyer ucapan hari...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan kegiatan sarasehan dan gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri atau GP3M. Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Guru, Rabu (25/11/2020) ini dilaksanakan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya